Jenis Scindapsus Pictus, Tanaman Merambat Bercorak Silver

Merupakan jenis tanaman merambat yang cantik dengan variasi corak berwarna perak. Tanaman ini dari keluarga araceae, ini dia Scindapsus Pictus.

Berasal dari Asia Tenggara, pada habitat aslinya merambat di pohon, atau merambat di tanah.

Cuaca tropis sangat cocok untuk Sindapsus Pictus dengan cahaya tidak langsung yang terang. Untuk perawatannya bercocok sudah pernah bahas pada artikel sebelumnya yang bisa kamu baca disini.

Variasi tanaman ini sangat banyak, supaya kamu bisa membedakannya yuk simak artikel berikut.

Jenis-Jenis Scindapsus Pictus

Argyraeus

Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau tua bertexture satin dengan corak warna abu-abu memberi kesan kilau keperakan.

Jika kamu meletakannya di tempat yang mendapat cahaya matahari terang dan tidak langsung corak daunnya semakin cantik. Kamu bisa meletakan turus dan membiarkan tanamanmu merambat atau menggantungnnya.

Silvery Ann

Scindapsus Pictus Silvery Ann adalah kultivar yang relatif baru dengan warna daun hijau muda yang sangat beraneka ragam dengan bercak keperakan dan reflektif. 

Bahkan pada satu daun kemungkinan warna peraknya bisa mendominasi, berbeda dengan Argyraeus corak daunnya hanya sedikit di bagian tengah daun.

Silver Hero

Scindapsus Pictus Silver Hero adalah spesies Scindapsus yang langka dan cantik dengan daun beludru besar yang hampir seluruhnya tertutup oleh warna silver.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cahaya yang rendah. Scindapsus Pictus Silver Hero juga akan tumbuh dengan baik dengan menggantung, namun butuh pemangkasan teratur agar tetap lebat.

Jade Satin

Scindapsus Pictus Jade Satin adalah spesies Scindapsus langka dengan warna hijau dengan guratan-guratan pada daunnya yang bertekture beludru.

Namun untuk tanaman ini hindari menyentuh daun atau menyemprotnya dengan air sebanyak mungkin karena dapat mempengaruhi kesehatan daun.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Alocasia Supaya Daunnya Kian Cantik

Exotica

Scindapsus Pictus Exotica merupakan tanaman merambat dengan daun besar berwarna hijau tua berbentuk hati dan percikan putih keperakan. Ciri daunnya hampir mirip deperti Argyraeus.

Warna tanaman ini membawa kesan tropis untuk ruangan kamu, jika meletakannya didalam rumah sebagai dekorasi ruangan.

Silver Splash

Scindapsus Pictus Silver Splash memiliki daun yang beraneka ragam. Coraknya berbeda pada setiap daun. Ciri daunnya berwarna hijau kebiruan dengan corak silver dengan sapuan warna silver dan teksture daunnya yang berbulu.

Untuk ukuran daunnya sendiri sama seperti jenis scindapsus lainnya. Beberapa jenis juga hampir mirip-mirip. Namun tanaman ini lebih memiliki corak silver yang dominan dibanding dengan warna hijaunya.

Silver Lady

Daunnya yang besar serupa dengan Exotica dan Silver Satin tetapi variegasinya unik dan tidak seperti yang lain. Hampir merupakan kebalikan dari corak Argyraeus.

Tanaman ini memmiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan yang memiliki cahaya rendah. Jadi kamu dapat meletakannya di dapur atau kamar mandi.

Dan pada umumnya tanaman ini mudah dirawat serta bisa beradaptasi pada sebagian besar lingkungan.


Bagaimana tertarik untuk merawat Scindapsus Pictus? Atau kamu sudah punya salah satu jenisnya? Sebenarnya tanaman ini masih memiliki ragam variasi lainnya, jika ada kesempatan akan bercocok bahas pada artikel berikutnya ya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with