Macam-Macam Jenis Tanaman Ficus Elastica

Buat para pecinta tanaman hias,sepertinya wajib punya Ficus elastica. Tanaman  yang  juga disebut karet merah atau karet kebo ini, bisa memberikan nuansa eksotis pada ruangan di rumah dan menyegarkan udara. Ditambah pula macam-macam jenis tanaman Ficus elastica sudah sangat mudah didapatkan.

Dari beragam jenis tanaman dari famili moraceae ini, ada lima yang paling diburu oleh pecinta tanaman. Buat kamu yang penasaran, berikut ini daftarnya.

5 Jenis Tanaman Ficus Elastica Terpopuler

Untuk memaksimalkan desain interior ruangan rumahmu, agar terlihat natural dan alami. Bisa menambahkan salah satu atau beberapa jenis tanaman karet kebo ini. Masing-masing memiliki karakteristik yang menjadikannya unggul ketimbang jenis lain.

Ficus Elastica Tineke

Sepintas daun pada karet kebo jenis ini seperti lukisan, karena terdapat beberapa perpaduan warna yang menawan. Ada yang memadukan warna merah muda pada bagian pinggir daun secara abstrak dan warna hijau tua di bagian lainnya.

Ada juga yang bagian  pinggirnya berwarna putih, sedangkan warna tengahnya adalah hijau lumut sehingga terlihat proporsional dan indah. Jika kamu ingin memilikinya dalam waktu lama, pastikan untuk mendapatkannya di ruangan dengan suhu normal yang tidak terlalu panas apalagi terlalu dingin. Kemudian secara berkala bersihkan permukaan daunnya menggunakan spons basah, agar kilaunya tetap terlihat.

Ficus Elastica Robusta

Lain lagi dengan jenis robusta yang memiliki daun dengan warna hijau lebih cerah. Tulang daunnya berwarna gradasi hijau yang lebih muda. Permukaan daun tanaman ini juga masih berkilau tapi memang tak seindah kilau Burgundy.

Tapi, kalau kamu ingin tanaman ini memberikan keindahan terbaiknya maka sebaiknya ditempatkan pada bagian ruangan yang tidak terkena matahari langsung.

Artikel Terkait:  Pecinta Syngonium Sudah Familiar Dengan Jenis ini Belum?

Selain itu, letakkan di tempat agak tinggi jika di rumah kamu terdapat hewan peliharaan seperti kucing maupun anjing. Sebab terdapat racun pada tanaman ini yang bisa mengganggu kesehatan hewan.

Ficus Elastica Burgundy

Jenis ini asalnya adalah dari Sri langka dan Barat India, spesifikasinya yaitu punya daun dengan warna cenderung hijau gelap. Dengan bagian tulang daun berwarna kemerahan. 

Jenis karet kebo Burgundy disebut paling populer karena permukaan daunnya sangat mengkilap, sehingga mampu menghasilkan kesan segar dan dinamis saat berada di dalam sebuah ruangan. Cara merawatnya juga mudah dan mampu membersihkan udara dengan lebih baik.

Ficus Elastica Microcarpa

Adalah jenis dari Ficus elastica yang masuk kelompok bonsai berdaun hijau kecil. Biasanya akan tumbuh indah di dalam pot khusus dengan bagian akar yang meliuk menciptakan bentuk aesthetic.

Cocok untuk hias di meja ruang tamu atau ruang keluarga, asalkan lokasi tersebut memiliki suhu yang lembab. Agar pertumbuhan dari daun Microcarpa bisa lebih maksimal.

Ficus Elastica Ruby

Jenis ini memiliki daun dengan perpaduan tiga warna yang eksotis. Ada warna hijau pada bagian tengah daun, kemudian warna merah muda di bagian pinggirnya dan merah cerah pada tulang daunnya.

Jika kamu mau melihat warnanya yang lebih cerah, tinggal tempatkan saja di ruangan yang sejuk dan tidak langsung terpapar sinar matahari langsung. Hasilnya, kilau permukaan daun akan lebih sempurna.


Itulah penjelasan tentang macam-macam jenis tanaman Ficus elastica yang perlu diketahui, jika kamu mau menjadikannya tanaman hias di dalam ruangan. Banyak pilihan populer dan cara merawat yang tidak sulit. Kamu mau membelinya sekarang?

Share this:

Tinggalkan komentar