Epipremnum Pinnatum, Tak Kalah Cantik Dari Monstera

Mungkin kamu pernah mendengar dan mengetahui beberapa jenis tanaman di bawah ini. Tapi tahukan kamu bahwa tanaman-tanaman yang akan berikut ini merupakan jenis Epipremnum Pinnatum?

Jika kamu mendengar Epipremnum Pinatum, tanaman apa yang terlintas dibayanganmu? Varigata dan Cebu Blue? Sebelum masuk ke jenis variasi tanaman tersebut. Kenalan dulu yuk dengan Epipremnum Pinatum.

Tanaman ini merupakan anggota famili Araceae yaitu mampu merambat atau memanjat sampai ketinggian 30-50 meter. Daunnya memiliki transformasi dari dari berlubang sampai terbelah ketika sudah dewasa.

Pada habitat aslinya tanaman ini merambat di pepohonan, maka ukurannya bisa sangat besar dan pertumbuhannya bisa sangat cepat. Namun kamu tetap bisa menanam nya di kebunmu atau di dalam rumah sebagai dekorasi ruangan.

7 Jenis Epipremnum Pinnatum

Epipremnum Pinnatum Cebu Blue

Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri di kelas pecinta tanaman, karena keunikannya yang meiliki daun berlubang.

Ciri tanaman ini memiliki warna daun hijau kebiruan, jika kamu meletakkannya di tempat yang lebih gelap maka warna kebiruan daun akan terlihat lebih jelas.

Ujung daun berbentuk runcing, permukaannya mengkilap. Daun mature akan terbelah sempurna namun ketika masih baby daunnya hanya berlubang.

Tanaman ini merupakan tanaman merambat, jika kamu memilikinya maka berikan turus penyangga agar semakin cantik.

Epipremnum Pinnatum Green form

Di Indonesia sendiri akrab disebut dengan ekor naga, bentuk tanaman ini mirip dengan cebu blue namun perbedaannya terdapat pada warna daun yang hijau.

Mungkin kamu yang sering berkelana di hutan sering melihat tanaman ini pada habitat aslinya, yaitu merambat pada pepohonan dan daunnya sudah sangat besar besar.

Artikel Terkait:  Memulai Hidroponik Sederhana Untuk Berkebun

Jika kamu penasaran dengan harga tanaman ini biasanya di jual lebih murah dari cebu blue mulai dari 20ribu rupiah.

Epipremnum Pinnatum Skelton key

Daun mudanya terlihat dangat mirip dengan Cebu Blue Green Form dan sulit dibedakan. Namun ketika dewasa bentuk daun ini sangat unik, bagian ujung daun mengecil dan menyempit.

untuk kamu yang tertarik membeli Skelton Key, bercocok sarankan cari toko yang terpercaya agar kamu tidak diberikan jenis tanaman yang lain. Atau jika kamu ragu hindari membeli daun mudanya.

Epipremnum Pinnatum Aurea

Variasi tanaman ini mirip dengan Sirih Gading, namun Epipremnum Aurea daunnya lebih sempit dan lebih panjang.

Ciri warna daunnya hijau dan memiliki varigasi warna kuning. Sebaiknya letakan tanaman ini pada tempat yang mendapatkan sinar matahari terang tetapi tidak langsung, agar warna varigasi daunnya semakin cantik.

Perubahan pada daunnya pun sama seperti tanaman yang sudah dibahas sebelumnya. Ketika mature form daun akan pecah sempurna.

Epipremnum Pinnatum Varigata

Selanjutnya adalah versi varigasi berwarna putih. Ciri daunnya sama seperti Epipremnum Pinnatum Aurea. Tanaman ini cukup menarik dibanding dengan Pinnatum lainnya, baik ketika bentuk daun masih remaja maupun sudah dewasa.

Supaya daun kamu tetep menor, pastikan tanaman mu mendapat sinar matahari yang cukup ya.

Epipremnum Pinnatum Marble

Diantara jenis Pinnatum lainnya, tanaman ini terbilang masih cukup langka dan harganya mahal.

Mungkin sepintas terlihat seperti Sirih Gading Marble, tp bukan ya. Ciri daunnya seperti Pinnatum lainnya. Daunnya memanjang dan bagian ujung daun yang runcing.

Ketika dewasa bentuk daunnya sangat cantik dengan motif campuran hijau tua, hijau muda dan putih. Serta daunnya yang pecah, mungkin bisa nih menjadi alternatif Monstera Variegata.

Artikel Terkait:  Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Epipremnum Pinnatum Mint

Wah, Epipremnum Pinnatum memang bisa menjadi alternatif ketika wishlist Monstera kamu belum terpenuhi. Karena bentuk dan motifnya yang hampir serupa, lho.

Tanaman satu ini memiliki ciri corak daun perpaduan warna hijau tua dan hijau muda kekuningan.

Jika dibandingkan dengan PInnatum Marble warna tanaman ini lebih gelap dan tak secerah Pinnatum Marble, namun daunnya tetap cantik dan segar.


Sekarang sudah bisa kan membedakan jenis-jenis Epipremnum Pinnatum. Bagaimana? Variannya sangat cantik cantik bukan. Jadi kamu berniat untuk memiliki yang mana nih? Temukan jenis tanaman lain di artikel bercocok selanjutnya ya.

Share this:

Tinggalkan komentar