Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Ternyata keindahan tanaman variegata tidak sebatas hanya berwarna putih, lho. Bahkan sekarang variegata yellow atau kuning sedang banyak diburu oleh pecinta tanaman.

Pesona warnanya yang tidak kalah cantik dengan variegata putih. Tanaman ini memberikan kesan corak daun yang tidak biasa. Apakah kamu mempunyai wishlist tanaman variegata kuning?

Berikut bercocok akan memberikan beberapa rekomendasi tanaman hias variegata kuning yang mungkin bisa kamu rawat.

Syngonium Variegata Yellow / Aurea

Wah para pecinta syngonium pasti sudah tidak asing lagi dengan si cantik satu ini. Pasalnya sampai dengan sekarang syngonium aurea menjadi sangat popular dan harganya sedang tinggi.

Syngonium variegata
Syngonium Aurea

Hal itu karena permintaan pasar akan tanaman hias daun satu ini yang sedang meroket.

Ciri daun tanaman ini seperti syngonium albo, hanya saja bedanya corak varigasinya berwarna kuning. Pada setiap daun akan memiliki corak variegata yang berbeda, bisa jadi satu daun full berwarna kuning, atau bisa juga bercorak half moon.

Perawatan

Perawatan tanaman ini pun tergolong mudah, agar coraknya tidak cepat hilang dan berubah menjadi putih letakan pada tempat terang teduh. Jika kamu meletakannya pada tempat yang mendapat cahaya terlalu banyak akan membakar daunnya. Tetapi jika kamu meletakannya pada tempat yang sangat teduh membuat corak variegata kuningnya sedikit keluar.

Untuk media tanam kamu bisa menggunakan campuran cocopeat dan jenis bebatuan lain seperti perlite, pumice, pine bark, pasir malang, andam dll. Karena syngonium tidak menyukai media tanam yang terlalu basah sebab membuat akar rentan busuk.

Penyiraman pun kamu lakukan menyesuaikan lingkunganmu ya, sebaiknya hanya siram jika media tanam sudah benar-benar kering. Tips lainnya, kamu bisa menggunakan pot bening agar mudah mengkontrol akar dan media tanam

Artikel Terkait:  Mencegah dan Menghilangkan Semut Pada Tanaman Hias

Monstera Standleyana Variegata Yellow

Masuk kedalam kelas Monstera, tetapi tanaman ini tidak memiliki daun yang pecah ataupun bolong seperti kebanyakan monstera pada umumnya.

Ciri daunnya berwarna hijau tua dengan varigasi berwarna kuning, pada setiap daun varigasinya bisa berbeda beda. Bentuk daunnya memanjang dan sedikit kaku.

Tanaman variegata

Standleyana variegata memiliki 2 variasi yaitu variegata putih dan kuning. Untuk harga variegata putih lebih murah dibanding dengan yang kuning.

Agak sulit membedakannya, maka kamu perlu hati-hati agar tidak salah membeli. Standleyana Variegata putih corak varigasinya berwarna putih dari awal. Sedangkan variegata kuning memiliki varigasi warna kuning sejak awal daun baru, namun ketika dewasa varigasi daunnya akan berubah menjadi putih.

Perawatan

Untuk tanaman ini sebaiknya penyiraman dilakukan jika media benar-benar kering, karena daunnya sangat rentan busuk. Ciri-ciri daun mengalami overwatering pada tanaman ini ialah daun akan terlihat seperti terbakar dan berwarna coklat.

Jika kamu menaruhnya didalam rumah penyiraman bisa dilakukan 1-10 hari sekali. Namun hal tersebut di kondisikan lagi dengan lingkunganmu. Bisa juga media tanam sudah kering 4-5 hari.

Media tanam yang bisa kamu gunakan adalah media tanam yang poros tetapi tetap menyimpan air. Kamu bisa memakai campuran media tanam pine bark, perlite, pumice, cocopeat, sekam bakar, andam dll untuk membuat media tanam yang poros tetapi tetap menyimpan air. Gunakanlah media tanam andalanmu.

Tanaman ini dapat mentolerir cahaya yang rendah, tetapi semakin sedikit cahaya yang didapat coraknya akan sedikit keluar. Maka baiknya letakan pada tempat yang mendapat cahaya matahari tetapi tidak langsung.

Epipremnum Pinnatum Variegata Yellow

Tanaman satu ini merupakan tanaman merambat yang mirip dengan sirih gading atau pothos. Perbedaannya adalah bentuk daun epipremnum pinatum sedikit mamanjang, ketika dewasa bentuk daunnya akan pecah apalagi jika kamu biarkan merambat pada batang pohon atau tembok.

Ciri daunnya memiliki warna campuran hijau dengan varigasi warna kuning.

Artikel Terkait:  Tanaman Hias yang Bisa Ditanam di Air, Simple dan Mudah

Perawatan

Untuk penyiraman lakukan sekitar 4-5 hari sekali kurang lebih sampai media tanam setengah kering.

Tanaman ini tergolong bukan tanaman yang rewel, jadi untuk media tanam hampir semua jenis media tanam cocok. 

Letakan pada tempat yang terang teduh atau dibawah pepohonan agar epipremnummu dapat merambat dan daunnya cepat besar.


Itu dia rekomendasi tanaman hias varigata kuning yang harganya masih lumayan terjangkau untuk bisa kamu rawat. Jadi sudah tidak bingung lagi ya untuk menentukan pilihanmu?

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

tanaman hias daun

5 Tanaman Hias Daun yang Paling Populer

Maraknya penjual tanaman hias akhir-akhir ini tidak lain karena wabah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Kondisi ini membuat masyarakat mulai melirik untuk

Keladi

Keladi Hias Cantik Berwarna Pink

Tanaman hias satu ini memiliki banyak sekali corak dan warna yang beragam, variasi warnanya dari putih, merah, kuning hingga pink. Kali ini bercocok

© 2021 Bercocok.id • Built with