Perbedaan Monstera Borsigiana dan Deliciosa

Selama pandemi berlangsung banyak orang mulai memiliki hobi baru untuk menghilangkan rasa bosan di rumah.

Merawat tanaman hias menjadi salah satu kegiatan popular dimasa sekarang dan Monstera adalah satu yang sering jadi incaran. Apa perbedaan Borsigiana dan Deliciosa?

Mengenal Tanaman Monstera

Tanaman monstera sebenarnya menjadi salah satu jenis tanaman hias yang kecantikannya terletak pada bentuk dan warna daun.

Berbeda dengan daun lain, tanaman ini punya daun berlubang seakan tengah terkena serangan hama.

Nama Monstera sendiri mengacu pada daun yang tidak normal tersebut, atau dalam bahasa latin berarti monstrou. Penanaman Monstera bisa dilakukan di berbagai tempat mulai dari halaman hingga dalam ruangan.

Ada banyak sekali jenis dari tanaman satu ini karena memang diversitas di alam asli yang sangat tinggi. Dengan batangnya yang mirip seperti batang talas, tanaman ini biasa terletak di hutan hujan tropis dengan kelembaban tinggi.

Tanaman ini di pasaran tergolong cukup mahal karena bentuknya yang indah dan unik, tidak seperti tanaman hias lainnya. Perawatan tanaman tergolong mudah dan bisa diletakkan di dalam ruangan pun secara outdoor. 

Jenis dan Keunikan Monstera

Di Indonesia, tanaman Monstera sendiri ada beragam jenis dengan keunikannya masing-masing. Keanekaragaman hayati benar-benar memberi banyak keuntungan pada negeri ini. Jenis paling populer yaitu Deliciosa dan Borsigiana.

Monstera Borsigiana

Tanaman ini memiliki daun yang permukaannya berwarna hijau tua, sering ada juga corak putih.

Ciri utama dari tanaman ini terletak pada bagian daun yang memiliki lubang kecil di beberapa daunnya. Harga Monstera borsigianum berbeda mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Perbedaan lainnya terletak di bagian batang dimana batang tanaman tergolong lebih kecil karena ukuran tanaman yang juga kecil.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Alocasia Supaya Daunnya Kian Cantik

Cara merawat Monstera borsigianum cukup mudah, letakkan saja pada pot kecil di bagian ruangan rumah.

Selalu jaga kelembaban media tanam dan beri cahaya matahari berkala.Bagian yang tampak robek pada tanaman Monstera Borsigianum Variegata terlihat seperti zigzag pada bagian kanan dan kiri.

Robekan juga tergolong sangat jauh bahkan robekan hampir mengenai bagian tulang daun utama. Uniknya lagi, di bagian bawah daun ada tangkai daun yang bergerigi atau geniculum.

Monstera Deliciosa

Selanjutnya ada Monstera yang punya lubang-lubang daun secara acak di bagian tengah dan pinggir. Daun dari tanaman ini tampak seperti hati tetapi ada lubang-lubang yang mengisi di bagian pinggirannya. Lubang ini terjadi secara acak, jadi seharusnya untuk milik setiap orang akan berbeda.

Ketika Monstera  deliciosa vs borsigianum terletak pada ukuran tanaman yang lebih besar. Daun deliciosa bisa tumbuh jauh lebih besar merambat pada media rambatan tertentu. Karena daunnya yang besar, melakukan penanaman di dalam rumah seringkali menjadi hal buruk.

Di alam, daun tanaman bisa tumbuh hingga berukuran 1 meter tetapi di rumah seringkali terhambat. Pada bagian tulang daun ke bagian daun, geniculum tanaman deliciosa lebih halus tanpa adanya tekstur berarti. Bagian batangnya juga masih berwarna hijau berkilau seperti daun.


Perbedaan Monstera Borsigiana dan deliciosa bisa tampak dari daun. Ukuran kedua daun saja sudah berbeda tetapi jika ingin lebih jauh, perhatikan juga bagaimana robekan dan bagian batang.

Share this:

Satu pemikiran pada “Perbedaan Monstera Borsigiana dan Deliciosa”

Tinggalkan komentar