5 Tanaman Hias Indoor Untuk Dekorasi Ruangan

Menciptakan suasana yang nyaman dan tenang di dalam rumah bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memiliki konsep rumah yang tepat, furniture yang multifungsi hingga penambahan aksesoris dan tanaman hias indoor.

Seberapa perlukah tanaman hias? Adanya tanaman hias di dalam sebuah ruangan akan memberikan nuansa yang baru dan membuat pandangan menjadi lebih segar.

Warna hijau dari daun atau warna-warni bunga bisa meningkatkan semangat hingga memperbaiki mood. Apa saja pilihan tanaman hias yang cocok untuk ruangan indoor? 

Pilihan 5 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Hiasan Ruangan

Lidah Mertua

Siapa yang tidak mengenal lidah mertua? Tanaman hias daun yang satu ini sangat populer dari dulu karena memiliki memiliki manfaat untuk kesehatan.

Lidah mertua akan membuat udara di sekitar ruangan menjadi bersih kembali dan tentunya penghuni rumah akan lebih terjaga kesehatannya. Kelebihan dari jenis tanaman ini adalah mampu bertahan tanpa harus sering kamu siram. 

Lidah mertua sangat toleran dengan hawa yang kering, sehingga Anda cukup memberikan asupan air 1 hari sekali saja atau 2 hari sekali. Namun, Lidah mertua tetap membutuhkan asupan sinar matahari.

Pada jenis lidah mertua yang daunnya dominan warna hijau, maka perlu kamu jemur 3 hari sekali saja.

Sedangkan untuk lidah mertua yang dominan berwarna kuning, hanya perlu kamu jemur 1 minggu sekali. Agar tanaman ini terhindar dari pembusukan, gunakan tanah pot berpasir. 

Calathea

Calathea merupakan tanaman daun berwarna hijau cantik dan menjadi hiasan menarik untuk diletakkan di dalam rumah.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan mulai dibudidayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Ada beberapa jenis Calathea yang bisa kamu jadikan tanaman daun hias indoor, di antaranya:

Louisae

Jenis ini adalah Calathea yang berasal dari Brasil dengan ciri-ciri daun yang panjangnya bisa mencapai 22 cm dan lebar 10 cm. Tinggi tanaman maksimal 80 cm. 

Orbifolia

Jenis Calathea Orbifolia merupakan jenis dari Bolivia dengan bentuk daun yang lebar. Anda bisa meletakkannya di tempat yang teduh dan lembap. 

Ornata

Jenis Ornata berasal dari Amerika Selatan terkenal memiliki daun yang unik dan lebar. Jenis ini mulai dibudayakan di wilayah tropis seperti Thailand dan Indonesia. Tidak heran jika Anda akan menemui jenis Calathe Ornata di pasaran. 

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Variegata Populer Tahun 2021

Calathea Ornata bisa Anda letakkan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Namun, akan ada perbedaan cara bertumbuhnya yakni jika diletakkan di dalam ruangan, Calathea Ornata tidak akan menghasilkan bunga. Hal ini disebabkan kurangnya asupan cahaya matahari. 

Multicolor

Varietas Multicolor merupakan salah satu jenis Calathea yang paling banyak ditemui di Indonesia. Masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Calathea Merah Putih. Warna daunnya terdiri dari hijau dengan semburat krem dan merah keunguan. 

Calathea Multicolor memiliki tinggi tanaman antara 20 cm hingga 60 cm. Anda bisa meletakkannya untuk tanaman hiasan dalam ruangan atau di area teras. Namun, tetap pastikan tanaman ini mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.  

Black Lipstik

Sebutan black lipstik yang disematkan pada Calathea ini tidak lain karena keindahan dari bentuk daunnya. Jenis black lipstik sendiri merupakan varietas Calathea asli Indonesia, tepatnya dari Papua. Beberapa negara ada yang menyebut jenis ini sebagai Calathea Dottie. 

Keunikan dari Black lipstik tampak dari warna daunnya yakni hijau gelap keunguan dan memiliki garis warna merah muda. Perawatan Calathea jenis ini sama seperti jenis lainnya. Siram tanaman secara rutin dan pastikan terpapar sinar matahari yang cukup.

Monstera

Tanaman hias yang paling populer sejak tahun 2020 silam. Lebih dikenal dengan tanaman janda bolong ini dijual dengan harga selangit hingga mencapai puluhan juta rupiah per pot nya. 

Bentuk monstera yang unik menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak orang yang berminat untuk merawat hingga menjadikannya ladang bisnis menjanjikan.

Daun monstera tidak akan mudah layu meskipun Anda lupa menyiraminya beberapa waktu. Anda bisa melakukan penyiraman 1x seminggu secukupnya saja. Selain itu, pastikan letak monstera berada di jangkauan sinar matahari, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkannya untuk dijemur. 

Monstera bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias indoor yang akan mempercantik visualisasi ruangan di dalam rumah. Jika ingin tampilan bersinar dan mengkilap, Anda bisa mengelap daun setiap 2 hari sekali menggunakan kain lembut. Anda juga bisa memilih berbagai jenis monstera sesuai keinginan. 

Artikel Terkait:  Tips Merawat Philodendron Burle Marx Variegata

Beberapa rekomendasi jenis Monstera yang bisa Anda beli adalah Monstera Deliciosa, Borsigniana, Obligqua, Adansonii, Variegata, Pinnatipartita hingga Dubia. Semua jenis Monstera tersebut dibanderol dengan harga berbeda-beda. 

Dracaena Warnecki

Sudut ruangan di dalam rumah akan terasa segar jika Anda meletakkan tanaman hias daun seperti Dracaena Warnecki atau Dracarna Deremensis. Bentuk daunnya ramping dan panjang, tetapi batangnya akan bertumbuh tinggi. 

Dracaena Warnecki akan membuat ruangan Anda tampak rindang, teduh dan segar. Warna daunnya berupa hijau gelap dengan pinggiran berwarna kuning terang agak putih. Perawatan dari tanaman ini sangatlah mudah yakni lakukan penyiraman 1x sehari saja. 

Usahakan untuk menggunakan air yang bersih atau bening. Sebab jika menggunakan air sadah, maka pinggiran daun bisa berubah menjadi coklat. Dracaena perlu asupan sinar matahari, sehingga pastikan ruangan Anda memiliki celah. 

Jika ruangan Anda tertutup dan tetap ingin merawat tanaman Dracaena Warnecki, letakkan saja di bagian teras rumah. Namun, jangan sampai terpapar sinar matahari terlalu banyak agar tanaman tidak kering dan mati. 

Philodendron

Jenis philodendron Brasil termasuk tanaman hias yang cukup populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Philodendron memiliki daun dengan garis bentuk hati. Cara bertumbuhnya yakni merambat di sekitar media tanamnya, sehingga tampak elegan. 

Kecantikan dari tanaman Philodendron Brasil ini akan semakin terpancar jika ditelakkan pada pot gantung dekat jendela. Anda bisa menaruhnya di area ruang tamu semi outdoor atau area dapur. Kelebihan dari Philodendron yakni perawatannya sangat mudah. 

Tanaman ini tidak akan cepat layu, meskipun Anda lupa menyiraminya. Walaupun bisa bertahan tanpa air, tetapi Philodendron tidak bisa terkena cahaya matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Jika hal ini terjadi, maka tanaman akan terbakar dan mati. 

Fakta yang perlu diingat mengenai tanaman Philodendron adalah sekedar tanaman hias yang tidak boleh dikonsumsi karena sangat beracun jika masuk ke tubuh. Maka, letakkan tanaman ini di area yang tidak mudah dijangkau anak-anak atau hewan peliharaan. 


Rekomendasi 5 tanaman hias indoor di atas sangat cocok untuk diletakkan pada setiap sudut ruangan dalam rumah.

Meskipun bisa hidup di ruangan, tanaman-tanaman tersebut tetap harus memperoleh asupan sinar matahari, sehingga tanaman perlu dikeluarkan walaupun sebentar. 

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Philodendron

Philodendron Brasil vs Philodendron Gabby

Philodendron Brasil vs philodendron gabby, mirip tapi berbeda. Lengkapnya, berikut karakteristik pembedanya serta cara merawat philodendron. Karakteristik Philodendron Brasil dan Philodendron Gabby Philodendron

© 2021 Bercocok.id • Built with