Tanaman yang Lagi Viral 2021 Untuk Hiasi Rumahmu

Bagi pecinta tanaman, tentu wajib tahu apa saja jenis tanaman yang lagi viral 2021. Sebab, merawat tanaman menjadi sebuah tren yang cukup meningkat akhir-akhir ini.

Apalagi di masa pandemi ketika semua orang harus mengurangi aktivitas di luar rumah.

Sehingga daripada terus berdiam diri di rumah, merawat tanaman pun menjadi solusi untuk mengisi waktu luang.

Tentu menjalankan sebuah hobi merawat tanaman akan lebih menyenangkan jika ditemani oleh tanaman yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan beberapa tanaman yang sedang viral berikut ini.

5 Tanaman Viral 2021 yang Cocok Hiasi Rumah

Tanpa berlama-lama, berikut ini daftar tanaman yang recommended untuk menghiasi rumah serta menemanimu menjalankan hobi bertanam.

Kaktus Tulang Ikan 

Kaktus tulang ikan atau fishbone cactus adalah salah satu tanaman hias yang lagi viral di tahun 2021. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat unik yakni menyerupai tulang punggung ikan serta zig-zag nya yang khas.

Selain bentuknya yang unik, Kaktus tulang ikan memiliki bunga yang sangat indah.

Pada dasarnya kaktus tulang ikan adalah jenis tanaman menyukai lingkungan dengan suhu yang panas dan memiliki kelembaban tinggi. 

Cocok untuk Anda yang tinggal di daerah dataran rendah atau perkotaan dengan suhu lingkungan yang relatif hangat. Kemudian cara merawatnya pun cukup praktis. 

Selama musim kemarau atau panas, Anda harus menyiramnya secara teratur agar campuran tanah tetap lembab. 

Kemudian supaya tanaman ini mampu tumbuh dengan baik, pastikan kamu menggunakan media tanah yang rendah, seperti substrat anggrek.

Blue Star Fern

Tanaman Blue Star Fern merupakan jenis tanaman hias yang cukup favoritkan. Tanaman ini merupakan salah jenis dari tumbuhan pakis.

Artikel Terkait:  5 Tanaman Hias Paling Laku Saat Ini

Karakteristik dari tanaman Blue Star Fern yakni memiliki daun yang tipis dan bertekstur. Kemudian memiliki bentuk layaknya jemari yang gemuk.

Ciri khas yang sangat identik dengan tanaman yang satu ini adalah warna hijau kebiruan. Perpaduan yang cantik tersebut juga memberikan kesan menyejukkan sekaligus menenangkan.

Blue Star Fern akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi. Suhu yang cukup toleran untuk tanaman ini berkisar 14 derajat hingga 27 derajat.

Kemudian pastikan tanaman selalu mendapatkan sinar matahari tidak langsung serta sirkulasi udara yang baik. Jangan lupa untuk memberikan pupuk setiap 2-3 bulan saat sedang tumbuh aktif.

String of Heart

Bentuk daunnya yang sangat unik yakni menyerupai hati (love) membuat tanaman string of heart cukup diminati oleh para pecinta tanaman. 

Selain itu, tanaman tropis yang satu ini merupakan jenis tanaman gantung yang daunnya merambat tipis ke bawah dan dihiasi oleh bunga-bunga kecil yang cantik.

Tidak hanya bentuknya yang sangat unik dan cantik, dalam segi perawatan pun cukup simple dan mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk merawat tanaman ini.

Pertama, pastikan tanaman selalu mendapatkan cahaya tidak langsung yang terang. Kemudian untuk penyiraman lakukan dalam frekuensi seminim mungkin. 

Usahakan media tanam dapat kering dengan baik. Jangan lupa untuk memberikan pupuk setiap dua minggu pada masa pertumbuhannya. 

Kamu perlu memperhatikan bahwasannya tanaman string of heart mampu bertahan pada suhu kurang lebih 21 sampai 29 derajat celcius.

Monstera Adansonii (Janda Bolong)

Salah satu tanaman hias yang lagi viral di tahun 2021 adalah Monstera Adansonii atau yang Janda Bolong.

Yang membuat tanaman ini menjadi spesial adalah corak pada daunnya yang sangat unik. Varietas ini memiliki karakteristik berupa kelainan pada klorofil dan membuat warna daun menjadi bercorak.

Disamping itu, Monstera merupakan salah satu jenis tanaman langka. Maka tak heran harganya pun sangat mahal.

Artikel Terkait:  Berkenalan Dengan 12 Jenis Syngonium

Lalu bagaimana dengan perawatannya? Pada dasarnya tanaman ini membutuhkan perawatan yang cukup simple. Seperti penyiraman secara berkala, sinar matahari tidak langsung, hingga pemangkasan daun jika diperlukan. 

Akan tetapi jika kamu tidak disiplin dalam melakukan perawatan, maka daun akan menguning serta terkulai.

Selain itu tanaman Janda Bolong merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang juga mudah untuk tumbuh.

Lidah Mertua

Bagi kamu yang baru akan mulai mencoba untuk bercocok tanam, maka Lidah Mertua bisa menjadi pilihan.

Tanaman yang viral tahun 2021 ini memiliki karakteristik berupa daun berbentuk lancip layaknya sebuah pedang.

Lidah mertua juga terkenal dengan tanaman dengan perawatan yang cukup mudah. 

Tempatkan tanaman di pot atau tanah dengan pengairan/drainase yang baik. Hal ini menghindari kondisi tanah yang jenuh yang dapat berpengaruh buruk pada tanaman. 

Usahakan tanaman terkena sinar matahari secara tidak langsung. Selain itu, daun bisa dipangkas secara berkala supaya terlihat rapi serta tumbuh dengan baik.


Itulah 5 tanaman viral 2021 yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di rumahmu. Dengan bentuk serta tampilan yang unik, tanaman-tanaman tersebut dapat mempercantik tampilan halaman maupun interior rumah.

Jadi diantara 5 tanaman yang tengah viral di tahun 2021 ini, manakah yang akan kamu pilih sebagai penghias rumahmu?

Share this:

Tinggalkan komentar