Cara Merawat Tanaman Calathea

Untuk anda yang memiliki calathea mungkin sering menemukan permasalah daun calathea yang menguning bahkan kering. Apa saja sih penyebab dan bagaimana cara perawatan clathea? Yuk simak!

Perawatan Calathea

Kelembaban

Instagram/@plant.architect

Calathea memerlukan kelembaban yang tinggi karena masuk kedalam tanaman tropis, pada habitat aslinya memerlukan kelembaban sampai dengan 90% tetapi Calathea mentolerir 50% samapi 70%. Beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kelembaban Calathea, pertama dengan cara yang cukup murah yaitu dengan menaruh mangkok disebelah tanaman sehingga kelembabannya dapat terjaga tetapi cara ini dinilai kurang efektif. Cara selanjutnya yaitu dengan humidifier, memang agak mahal dari cara sebelumnya tetapi cara ini lumayan efektif.

Air

Karena butuh kelembaban yang tinggi, tanaman ini butuh air yang mencukupi agar tanah selalu lembab. Tetapi jangan terlalu banyak apalagi sampai tergenang di permukaan dan pot tidak memiliki drainase yang baik. Tanah yang selalu basah akan mengundang jamur dan parasit, sehingga tidak baik untuk akar.

Tanah

jenis tanah yang cocok untuk tanaman ini adalahh tanah yang memiliki kelembaban yang tinggi dan berdifat porous seperti sekam bakar, cocopit, dan humus.

Sinar Matahari

Instagram/@cuki.ams

Habitat asli tanaman ini hidup di bawah pohon-pohon tinggi sehingga sinar mataharinya tertutup dahan daun yang lebat. Bagus untuk nya tumbuh jka tidak terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari langsung terus menerus akan membakar daunnya, karena kebutuhan sinar matahari yang rendah cocok di taruh di dalam ruangan

Suhu

Calathea menyukai suhu yang hangat, tanaman ini hidup di suhu 10-20 derajat celcius. Tetapi 23 derajat dinilai menjadi suhu yang optimal untuk tanaman ini, sehingga bisa tumbuh dengan baik di suhu tersebut. Oleh karena itu tanaman ini cocok di letakan di dalam rumah.

Artikel Terkait:  9 Tanaman Hias Daun Unik dan Cantik

Penyebab Daun Calathea Menguning

Terlalu banyak di siram

Tanda umum tanaman ini menguning daunnya dalah karena tanah yang sangat lembab berhari hari, bisa dikarenakan drainase yang kurang baik maupun pencahayaan yang sangat minim. Segeralah kamu cek akar nya apakah ada pembusukan atau tidak dan segera taruh Calathea mu di dekat jendela ataupun di luar rumah sebentar ya. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah cek tanah secara rutin sebelum disiram. Caranya cukup masukan jari kamu kedalam tanah, jika di rasa kering 3-4 cm di permukaan tanah tandanya tanaman kamu perlu disiram.

Tanah Kering

Sebaliknya nih, kalau calathea terasa menguning kemudian layu tandanya tanahnya terlalu kering, sebaiknya kamu rutin melakukan pengecekan pada tanah tanaman mu ya! Terutama jika tanaman yang di letakan pada pot terracota langsung, biasanya akan lebih cepat kering tanah nya dibandingkan tanaman yang diletakan pada pot plastik.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with