10 Variasi Tanaman Hias Caladium yang Terkenal

Share this Article
Tanaman hias caladium

Tanaman hias Caladium menjadi populer karena keindahan daunnya yang unik dan beragam warna serta pola yang menawan. Ada berbagai variasi Caladium yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 variasi tanaman hias Caladium yang terkenal dan menarik untuk dipelajari.

Caladium Aaron

Caladium Aaron adalah salah satu jenis Caladium yang paling terkenal dan paling umum ditemukan. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna putih dan hijau yang kontras. Tanaman Caladium Aaron juga dapat bertahan di kondisi cahaya yang minim, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan dalam rumah yang minim cahaya.

Cara Merawat Caladium Aaron

Untuk merawat Caladium Aaron, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup, namun tidak terkena sinar matahari langsung. Caladium Aaron juga membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

Caladium Red Belly

Red Belly memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena daunnya yang unik, dengan bagian tengah yang berwarna merah dan tepian hijau. Tanaman Caladium Red Belly lebih cocok untuk ditempatkan di luar ruangan, terutama pada musim semi dan musim panas.

Cara Merawat Caladium Red Belly

Caladium Red Belly membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini juga membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

Caladium Pink Beauty

Caladium Pink Beauty memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah muda dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Pink Beauty juga dapat bertahan di kondisi cahaya yang minim, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan dalam rumah yang minim cahaya.

Cara Merawat Caladium Pink Beauty

Caladium Pink Beauty membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung.

Caladium White Christmas

Caladium White Christmas memiliki daun berbentuk hati dengan warna putih dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium White Christmas juga dapat bertahan di kondisi cahaya yang minim, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan dalam rumah yang minim cahaya.

Artikel Terkait:  Jenis-jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Caladium White Christmas

Caladium White Christmas membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung.

Caladium Miss Muffet

Caladium Miss Muffet memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Miss Muffet lebih cocok untuk ditempatkan di luar ruangan, terutama pada musim semi dan musim panas.

Cara Merawat Caladium Miss Muffet

Caladium Miss Muffet membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini juga membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

Caladium Candidum

Caladium Candidum memiliki daun berbentuk hati dengan warna putih dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Candidum juga dapat bertahan di kondisi cahaya yang minim, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan dalam rumah yang minim cahaya.

Cara Merawat Caladium Candidum

Caladium Candidum membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung.

Caladium Gingerland

Caladium Gingerland memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah muda dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Gingerland lebih cocok untuk ditempatkan di luar ruangan, terutama pada musim semi dan musim panas.

Cara Merawat Caladium Gingerland

Caladium Gingerland membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini juga membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

Caladium Florida Cardinal

Caladium Florida Cardinal memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Florida Cardinal lebih cocok untuk ditempatkan di luar ruangan, terutama pada musim semi dan musim panas.

Artikel Terkait:  Jenis Keladi Hias yang Mudah Dibudidayakan

Cara Merawat Caladium Florida Cardinal

Caladium Florida Cardinal membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini juga membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

Caladium Moonlight

Caladium Moonlight memiliki daun berbentuk hati dengan warna putih kekuningan dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Moonlight juga dapat bertahan di kondisi cahaya yang minim, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan dalam rumah yang minim cahaya.

Cara Merawat Caladium Moonlight

Caladium Moonlight membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung.

Caladium Blaze of Glory

Caladium Blaze of Glory memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah dan hijau yang kontras. Tanaman ini terkenal karena keindahan warna daunnya yang cerah dan menarik. Caladium Blaze of Glory lebih cocok untuk ditempatkan di luar ruangan, terutama pada musim semi dan musim panas.

Cara Merawat Caladium Blaze of Glory

Caladium Blaze of Glory membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, namun pastikan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini juga membutuhkan tanah yang lembab, sehingga pastikan untuk menyiramnya secara teratur.


Caladium adalah tanaman hias yang indah dan populer. Terdapat banyak variasi caladium yang berbeda, masing-masing dengan keindahan warna daun yang unik. Untuk merawat caladium, pastikan untuk menyediakan tanah yang lembab dan sinar matahari yang cukup. Selain itu, pastikan untuk tidak menempatkan caladium di bawah sinar matahari langsung untuk menghindari terbakarnya daun. Dengan merawat caladium dengan baik, Anda dapat menikmati keindahan dan keunikan tanaman ini di rumah atau halaman Anda.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,