Mengenal Hoya Pubicalyx Splash dan Hoya Burtoniae

Share this Article
Hoya Pubicalyx Splash

Hoya adalah sejenis tumbuhan hias yang berasal dari Asia Tenggara. Ada banyak varietas hoya yang memiliki keunikan masing-masing, termasuk Hoya pubicalyx ‘Splash’ dan Hoya burtoniae. Kedua jenis hoya ini memiliki ciri khas yang menarik perhatian para penggemar tanaman hias. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang kedua jenis hoya tersebut:

Hoya pubicalyx Splash

Hoya pubicalyx adalah salah satu varietas hoya yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tumbuhan ini memiliki daun hijau gelap yang berbentuk oval dan bunga-bunga berwarna merah jambu yang sangat indah. Hoya pubicalyx ‘Splash’ adalah varietas hoya pubicalyx yang memiliki ciri khas bercak-bercak putih pada daunnya, sehingga orang sering menyebutnya sebagai ‘Hoya pubicalyx White Splash’.

Hoya pubicalyx ‘Splash’ dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter dan cocok kamu tanam di dalam pot atau digantung sebagai tanaman hias gantung. Tumbuhan ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan kamu siram secara teratur, tetapi tidak terlalu sering agar tidak membusuk.

Hoya burtoniae

Hoya burtoniae adalah varietas hoya yang berasal dari Papua Nugini. Tumbuhan ini memiliki daun hijau kebiruan yang berbentuk hati dan bunga berwarna putih kekuningan yang sangat harum. Salah satu ciri khas Hoya burtoniae adalah ukuran daunnya yang lebih besar jika kamu bandingkan dengan varietas hoya lainnya.

Hoya burtoniae dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter dan cocok kamu tanam di dalam pot atau digantung sebagai tanaman hias gantung. Tumbuhan ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan kamu siram secara teratur, tetapi tidak terlalu sering agar tidak membusuk.

Kesimpulannya, Hoya pubicalyx ‘Splash’ dan Hoya burtoniae adalah dua jenis hoya yang memiliki keunikan masing-masing. Kedua tumbuhan ini cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah atau di taman. Dengan perawatan yang tepat, kedua jenis hoya ini dapat tumbuh subur dan memberikan keindahan bagi lingkungan sekitarnya.

Artikel Terkait:  Tips Memulai Bisnis Tanaman, Peluangnya Besar

Hoya adalah tanaman hias yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Ada banyak varietas hoya yang memiliki keunikan masing-masing, termasuk Hoya pubicalyx ‘Splash’ dan Hoya burtoniae. Merawat hoya tidak sulit, tetapi perlu perhatian khusus agar tumbuhan ini dapat tumbuh dengan sehat dan indah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat Hoya pubicalyx ‘Splash’ dan Hoya burtoniae:

Tips Merawat Hoya pubicalyx ‘Splash’ dan Hoya burtoniae

Pencahayaan

Hoya membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Namun, hindari menempatkan hoya di bawah sinar matahari langsung, terutama di siang hari. Sinar matahari langsung dapat membakar daun hoya. Tempatkan hoya di tempat yang terkena sinar matahari pagi atau sore yang cukup terang.

Media tanam

Hoya membutuhkan media tanam yang gembur dan memiliki drainase yang baik. Gunakan campuran tanah, pasir, dan serat kelapa atau sekam sebagai media tanam. Jangan lupa tambahkan bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang ke dalam media tanam untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh hoya.

Penyiraman

Penyiraman hoya harus dilakukan secara teratur, tetapi tidak terlalu sering. Pastikan tanah di sekitar hoya selalu lembab, tetapi tidak basah tergenang. Hindari penyiraman yang terlalu banyak, karena dapat membuat akar hoya membusuk.

Pupuk

Pupuk hoya dapat diberikan setiap 2-3 minggu sekali selama musim pertumbuhan aktif. Gunakan pupuk cair yang dilarutkan dalam air, atau pupuk granular yang ditaburkan di sekitar tanaman. Hindari memberikan pupuk terlalu banyak, karena dapat merusak akar hoya.

Perawatan tambahan

Hoya dapat tumbuh dengan baik di dalam pot atau digantung sebagai tanaman hias gantung. Namun, perlu diingat bahwa hoya adalah tumbuhan yang cepat melilit, sehingga perlu dipangkas secara teratur untuk menjaga ukurannya. Selain itu, pastikan hoya tidak terkena hama atau penyakit seperti kutu daun atau jamur yang dapat merusak tanaman.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Daun, Manfaat dan Cara Perawatannya

Merawat Hoya pubicalyx ‘Splash’ dan Hoya burtoniae tidak sulit. Pastikan hoya mendapatkan sinar matahari yang cukup, media tanam yang baik, penyiraman yang tepat, dan perawatan tambahan seperti pupuk dan pemangkasan yang teratur. Dengan perawatan yang tepat, hoya akan tumbuh dengan sehat dan indah, memberikan keindahan bagi lingkungan sekitarnya.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,