Jenis Keladi Hias yang Mudah Dibudidayakan

Artikel ini membahas jenis keladi hias yang mudah dibudidayakan. Mulai dari Keladi Tikus, keladi, polka, hingga keladi merah muda.

Selain Monstera, keladi hias adalah salah satu tanaman hias yang populer saat ini. Sebelum merawatnya di rumah, sebaiknya kenali jenis keladi hias berikut ini. Semuanya punya ciri khas dan kelebihan masing-masing, tinggal kamu pilih sesuai kebutuhan.

Ciri Khas Keladi

Tanaman yang termasuk keluarga talas-talasan ini mempunyai batang berupa pelepah serupa tangkai. Bunganya menonjol serta agak lonjong dan tumpul di tepinya. Lalu, bagaimana bentuk daun keladi? Beragam. Ada yang bulat, sedikit oval, memanjang, hingga segitiga.

Tanaman keladi hias sangat baik ditanam di tanah gembur dengan kelembaban yang tinggi seperti di lingkungan tropis. Kondisi seperti itu akan membuatnya tumbuh subur dan segar.

Jenis Tanaman Caladium Keladi

Apa sajakah variasi tanaman keladi? Simak 10 jenisnya yang paling terkenal berikut ini. 

Keladi Tikus

Ini adalah variasi jenis keladi hias yang paling sering ditemukan. Daunnya bulat dan berbentuk runcing pada ujungnya mirip wajah tikus. Karena itulah namanya disebut Keladi Tikus. Tingginya sekitar 25-30 cm dan biasanya suka tempat-tempat yang lembab.

Bahkan, Keladi Tikus dapat hidup di dalam botol berisi air tanpa adanya tanah. Kamu bisa memanfaatkan botol-botol berisi Keladi Tikus tersebut sebagai hiasan yang estetik. Apalagi, jenis-jenis Keladi Tikus ini lumayan bervariasi. Jadi kamu bisa memadukannya sesuai selera. 

Selain sebagai hiasan, banyak orang yang memanfaatkan Keladi Tikus sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kulit. Caranya penggunaannya yaitu dengan menumbuknya kasar, lalu letakkan ampasnya pada bagian kulit yang terluka. 

Artikel Terkait:  Keladi Hias Cantik Berwarna Pink

Keladi Polka

Berbeda dengan warna Keladi Tikus yang cenderung hanya satu warna, keladi polka ini memiliki beberapa warna pada daunnya. Perpaduan warnanya pun lumayan unik, karena tampak seperti bercak-bercak cat yang tumpah. Ada yang berwarna merah, hitam, dan putih.

Sekilas, Keladi Polka terlihat sangat ramai karena warnanya yang beragam. Namun, itulah yang membuatnya unik dari berbagai jenis bunga keladi lainnya. 

Apalagi, Keladi Polka termasuk tanaman liar yang mudah tumbuh tanpa perlakuan intens. Jadi perawatannya mudah, cukup menanamnya di tempat yang lembab.

Caladium Puppy Love

Sesuai namanya, bunga keladi yang satu ini mempunyai daun berbentuk love yang membuatnya tampak begitu menarik. Warna merah muda cerah dan adanya garis hijau tipis-tipis di pinggirnya juga semakin membuatnya tampak estetik. 

Untuk perawatannya termasuk mudah, karena keladi jenis ini mampu hidup di bawah cahaya matahari yang lumayan terik. Jadi, kamu tak perlu merotasi tempatnya berkali-kali.

Caladium Florida Cardinal

Kalau yang ini penampakannya tak berbeda jauh dengan Caladium Puppy Love. Sama-sama jenis bunga keladi merah yang warna daunnya dominan merah muda. Hanya saja, daun merah mudanya tidak berhiaskan garis-garis merah seperti pada Puppy Love

Selain itu, jika dibandingkan dengan Puppy Love, tepi daun keladi Florida Cardinal tampak lebih tebal. Sehingga membuatnya terlihat lebih kuat dan terlindungi.

Caladium Creamsicle

Masih ada merah-merahnya, akan tetapi warna keseluruhan dominan hijau gelap. Sedangkan warna merahnya hanya berupa hiasan berbentuk coret-coretan yang berpadu dengan garis-garis putih seperti urat.

Caladium White Christmas

Kamu pasti sudah bisa menebak dari nama bunganya. Jenis keladi yang satu ini mempunyai paduan warna putih pada bagian daunnya. Menariknya lagi, warna putihnya terletak di bagian seperti mata panah yang ada pada daunnya yang lebar.

Tampilan daunnya semakin menarik dengan adanya garis berurat warna hijau matang. Ketebalannya yang sangat tipis menyerupai kertas juga menambah daya tarik tersendiri. Meski terkesan rapuh, namun jenis keladi ini nampak memesona.

Artikel Terkait:  Tanaman Hias Popular, Keladi, Aglaonema dan Janda Bolong

Keladi Joker

Ini bukan tokoh fiksi yang awalnya baik lalu berubah jahat itu ya! Keladi joker adalah sebutan untuk tanaman caladium yang mempunyai warna merah tua pada bagian tulang daunnya. Ukurannya yang mungil dengan tinggi sekitar 60 cm juga semakin membuatnya tampak indah.

Caladium Miss Muffet

Ini dia jenis keladi hias yang lebih pendek daripada Keladi Joker. Tingginya bahkan hanya sepertiga Keladi Joker, yaitu sekitar 20 cm. Tak heran, jika keladi Miss Muffet disebut-sebut sebagai keladi kerdil. 

Warna kelasi Miss Muffet juga tak kalah mempesona dari jenis keladi lainnya yang berukuran besar. Meski bentuknya kecil, namun warna daunnya nampak sangat kompleks dan menarik. Terdapat warna hijau limau berhiaskan garis berurat putih dan bercak merah di dalamnya.

Caladium Pink Beauty

Caladium pink beauty
Instagram.com/@kellogggarden

Ini termasuk jenis keladi hias paling populer dan merupakan jenis bunga keladi mahal saat ini. Tidak mengherankan kenapa bisa demikian, karena tampilan bunga in sangatlah indah. Bentuknya mirip kupu-kupu dan daunnya berwarna merah muda dengan paduan hijau tua yang menarik.

Caladium Humboldtii 

Jenis keladi yang ini juga memiliki ukuran kecil dan biasanya mendapat sebutan keladi mutiara. Bentuk daunnya kecil-kecil dengan paduan warna hijau dan putih yang tampak segar dan menenangkan.


Demikian pembahasan tentang jenis keladi hias yang perlu kamu ketahui. Bagaimana menurutmu? Manakah jenis keladi hias yang paling menarik untukmu? Yang pasti, semuanya bagus asal perawatannya juga bagus. Selamat berburu keladi!

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with