Bercocok

Jenis Keladi Langka

Keladi menjadi salah satu jenis tanaman hias yang menjadi incaran kolektor saat ini. Caladium merupakan salah satu jenis yang menjadi primadona karena punya corak dan warna bervariasi.

Alasan lain mengapa jenis tanaman hias ini memiliki banyak penggemar adalah perawatannya mudah sehingga bisa cocok untuk pemula. Namun, jangan salah meski mudah perawatannya harganya tidaklah murah, harus dihitung per daun dan harganya dapat mencapai belasan juta.

Kelangkaan dari caladium yang membuat harganya melejit hingga ke angka fantastis. Corak, motif, juga warna akan sangat memengaruhi tingginya harga jual maupun beli. Lalu varian mana yang punya harga tertinggi karena kelangkaannya? Silakan cek informasi berikut.

Mengenal Lebih Dekat 5 Jenis Keladi Langka

Saat ini, menjadi pembudidaya caladium bisa menghasilkan banyak uang, karena banyak orang yang mencari tanaman hias ini, bahkan rela membayar mahal untuk jenis langka. Berikut adalah beberapa jenis langka:

Keladi New Wave

Ini merupakan salah satu yang sulit dicari terutama di Indonesia karena memang bukan asli dari Nusantara. Para kolektor bisa mendapatkannya dari negeri tetangga, yaitu Thailand. Warnanya sangat unik yakni oranye kemerahan dengan urat-urat daun warna kuning cerah.

Selain itu, ada juga warna kuning dengan urat-urat kemerahan. Harga termurah dengan 2-3 daun kecil adalah IDR 450 ribu. Namun, apabila daunnya lebar dengan jumlah 5 lembar daun sehat bisa bernilai hingga mencapai IDR 1,2 juta.

Dwi Warna

Meskipun memiliki kelainan berupa corak berpola acak, tapi jenis variegata ini harganya bisa membuat ternganga. Warna merah dengan corak putih seperti albino justru sangat diburu.

Umbinya saja bisa berharga hingga IDR 500 ribu. Jika sudah menjadi remaja dengan daun 3 sudah bisa kamu jual seharga IDR 2,7 juta. Apabila telah dewasa dengan daun minimal 5 yang lebar dan sehat, kamu perlu mengeluarkan uang hingga IDR 18 juta.

Artikel Terkait:  Jenis-jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Lindenii

Iindenii Bentuk unik yang membuat Iindenii punya harga cukup mahal. Bentuk kepala kelinci dengan warna daun hijau tua dan urat-urat rapat berwarna putih membuatnya terlihat istimewa. Apalagi pangkal daunnya mencuat seperti kuping panjang.

Sekali lihat langsung bisa melihat keunikannya dan jadi langsung ingin membeli. Namun, tidak bisa sembarangan beli keladi jenis ini, sebab Iindenii harganya cukup membuat tercengang.

Untuk bibit saja harganya sudah IDR 170 ribu. Kalau kamu rawat hingga berdaun dua sampai tiga helai bisa naik ke IDR 240 ribu. Apabila daunnya sudah lebih lima helai, maka penjualan mencapai harga jutaan hingga termahal IDR 9 juta.

Keladi Red Devil

Jenis ini terbilang memiliki bentuk dan warna paling cantik. Dengan daun lebar berwarna terang serta permukaan mengilap membuatnya sangat langka juga mahal harganya.

Satu bibit umbi bernilai IDR 100 ribu, sementara anakan berdaun 2-3 seukuran ibu jari orang dewasa bernilai dua kali lipatnya. Jika kamu membeli atau menjual ukuran dewasa bisa tembus mulai dari IDR 600 ribu hingga IDR 2,3 juta per pot.

Tears of The Sun

Warna kuning cerah beraksen coretan merah di bagian tengah membuatnya terlihat sangat unik. Sangat pas kamu jadikan hiasan di meja atau taman kamu. Dibudidayakan juga sanga menghasilkan, karena dari umbi saja sudah menghasilkan IDR 50 ribu.

Para pembibit biasanya menjual umbinya kepada para penggemar baru maupun lama yang ingin memiliki jenis ini di rumah. Kalau yang tidak ingin repot menanam dari umbi bisa beli ukuran remaja seharga IDR 200 ribu per pot.

Kalau mau dijadikan hiasan langsung, maka pilih ukuran dewasa. Untuk harganya lebih mahal lagi, bisa mencapai IDR 2,3 juta per tanaman. Ukuran, umur, jumlah daun, dan kondisi kesehatan daun menjadi penentu harga per tanaman.

Artikel Terkait:  7 Jenis Bunga Keladi Serta Cara Merawatnya

Ada banyak jenis langka lainnya bisa kamu koleksi atau dijadikan sebagai ide usaha. Meskipun kecil dengan perawatan mudah, ternyata keladi ini punya harga fantastis dan bisa menghasilkan banyak cuan.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

pupuk organik

Cara Membuat Pupuk Organik

Pupuk organik sangat mudah untuk dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Bentuknya berupa cairan atau padat, bisa kamu buat sesuai keperluan. Kamu bisa membuatnya

© 2021 Bercocok.id • Built with