Cara Merawat Karet Kebo Agar Hidup Lebih Lama

Sebelumnya sudah dibahas beberapa jenis Ficus Elastica yang bisa kamu baca disini. Namun belum lengkap rasanya jika kamu sudah mengetahui jenis-jenis Karet Kebo tanpa perawatannya. Maka di artikel kali ini bercocok akan bahas cara merawat pohon Karet Kebo.

Ada beberapa cara merawat Ficus Elastica yang bisa kamu lakukan, jika memang ingin tanaman hias yang juga kaya manfaat ini bertahan lebih lama menghiasi ruang di rumahmu. 

Beri Pupuk Saat Bertumbuh

Anda perlu memberi pupuk yang intensif ketika tanaman ini masih dalam tahap tumbuh. Ketika usianya sudah beberapa bulan, maka pemupukan tinggal dilakukan berkala, minimal dua minggu sekali. Dengan menggunakan pupuk alami seperti kompos dan sejenisnya.

Suhu Terbaik

Pastikan ruangan tempat tanaman ini diletakkan memiliki suhu normal antara suhu 10 derajat celcius sampai 30 derajat celcius. Untuk beberapa jenis, memang masih bertahan untuk hidup di suhu minimal 4 derajat celcius. Tapi, tidak semua lho!

Pemberian Air

Siramlah pohon Karet Kebo secara berkala, terutama saat media tanamnya sudah mulai mengering. Karena, karet kebo tidak cocok pada tanah yang lembab. Paling tidak, lakukan penyiraman maksimal dua kali seminggu atau bisa lebih jika cuaca sedang panas.

Pencahayaan

Kamu bisa menempatkan tanaman ini di sudut ruangan, tidak di dekat jendela maupun pintu. Tapi, tetap mendapatkan cahaya yang cukup untuk pertumbuhannya. Jenis tanaman karet hias ini tak bisa tahan jika langsung kena cahaya matahari.

Selain di sudut ruang, Anda juga bisa menempatkannya pada pot gantung di ruang keluarga atau ruang makan.

Pangkas Berkala

Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan berkala pada daunnya yang sudah mulai rimbun. Usahakan untuk memotong bagian daun yang sudah mengering atau tua dan layu, untuk mempercepat proses tumbuhnya daun baru.


Itu dia beberapa cara merawat Karet Kebo, cocok sekali ya untuk diletakan dalam ruang. Kamu tidak perlu menyiramnya terlalu banyak, karena tanaman ini tidak terlalu menyukai air. Apalagi jika ditambah dengan pot teracotta, akan membuat sudut-sudut rumahmu makin cantik.

Artikel Terkait:  Janda Bolong Variegata, Jepang Vs Lokal

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tanaman hias janda bolong

5 Fakta Tanaman Hias Janda Bolong

Tanaman Janda Bolong. Ya, jenis tanaman ini sedang berada di puncak popularitas di antara banyaknya tanaman hias daun. Mengapa bisa sangat populer? Tanaman

© 2021 Bercocok.id • Built with