Langkah Jitu Mengatasi Hama pada Tanaman

Mengatasi hama pada tanaman memang gampang-gampang susah. Gampang karena
memang sudah banyak produk pestisida yang bisa membunuh hama dengan cepat.

Sedangkan susah karena beberapa jenis hama sudah resisten dengan pestisida. Sehingga, kamu perlu menggunakan pestisida jenis lain atau meningkatkan dosisnya.

Bagi petani, hama merupakan musuh utama yang harus dibasmi secepat mungkin. Sebab jika tidak, hasil panen akan menurun drastis bahkan bis menyebabkan kerugian.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab ada banyak langkah jitu untuk mengatasinya. Untuk mengetahui selengkapnya, simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal Jenis Hama Tanaman Paling Umum

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi hama, kamu harus tahu dulu apa saja jenis hama yang paling sering menyerang. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memahami penerapan cara mengatasinya.

Hama sendiri merupakan hewan yang menyerang dan mengganggu tanaman. Hal tersebut membuat tanaman tidak tumbuh dengan optimal. Bahkan, pada beberapa kasus menyebabkan tanaman mati.

Sehingga, sangat merugikan petani dan pemilik tanaman. Meski sebenarnya jenis hama sangat banyak, tapi berikut ini adalah jenis yang paling sering muncul:

  1. Tikus merupakan binatang pengerat yang kerap memakan biji-bijian padi. Hewan ini akan menyerang di malam hari.
  2. Ulat adalah hama yang akan memakan daun dan batang tanaman. Sehingga, daun tanaman bolong-bolong atau bahkan habis. Dibanding jenis lain, cara mengatasi hama ulat dianggap paling mudah.
  3. Walang sangit menjadi serangga yang dapat merusak tanaman secara luas. Serangga ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  4. Wereng adalah serangga yang menyerang daun dan batang tanaman. Sehingga tanaman kekurangan nutrisi hingga menyebabkan kematian.
    Semua hama di atas sangat menakutkan bagi petani, apalagi jika jumlahnya tidak terkendali. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasinya dengan dengan tepat.
Artikel Terkait:  Hama Tanaman yang Sering Kamu Jumpai, Waspadai!

4 Cara Mengatasi Hama pada Tanaman

Untuk mengatasi berbagai hama tanaman, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari dari tindak pemusnahan hama hingga pencegahan. Di antara banyaknya cara tersebut, berikut ini kami sudah merangkum 4 langkah yang dianggap paling jitu:

Mengatasinya Secara Manual

Jika skala pertanian masih kecil atau hanya sekedar koleksi pribadi, maka kamu bisa mengatasi secara manual. Selain itu, cara ini hanya bisa dilakukan jika tingkat serangan hama masih rendah.

Mengatasi hama secara manual dapat kamu lakukan dengan memotong bagian tanaman yang terkena gangguan hewan tersebut. Misalnya memotong daun, batang, atau bahkan akar.

Gunakan Perangkap sesuai Jenis Hama

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan perangkap sesuai dengan jenis hama. Sebagai informasi, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai tindak pencegahan.
Beberapa perangkap yang bisa digunakan misalnya adalah lem serangga, perangkat tikus, dan cairan antraktan.

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan cairan antraktan.
Jadi, cairan akan membuat serangga tertarik untuk masuk ke perangkap. Cairan antraktan tidak menyebabkan hama menempel seperti lem.

Gunakan Pestisida

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi hama adalah dengan menggunakan
pestisida. Ada dua jenis pestisida yang bisa kamu gunakan, yaitu pestisida alami dan kimia.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Yang jelas pestisida kimia jauh lebih berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan sekitar. Tapi, efektivitasnya untuk membunuh hama sangat tinggi.

Manfaatkan Tanaman Penangkal

Cara mengatasi hama pada tanaman berikutnya adalah dengan memanfaatkan tanaman penangkal. Cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai tindak pencegahan. Ada beberapa jenis tanaman yang bekerja sebagai penangkal alami hama.

Misalnya saja daun mint, bawang putih, dan marigold. Tanaman tersebut memiliki bau yang menyengat dan serangga tidak menyukainya.

Artikel Terkait:  Hama Tanaman yang Sering Kamu Jumpai, Waspadai!

Kehadiran hama dalam pertanian dan perkebunan memang sangat merugikan. Tapi tidak perlu terlalu cemas, sebab kamu bisa mengatasi hama dengan cara di atas.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

tanaman hias apartment

5 Jenis Tanaman Hias untuk Apartment

Mempercantik unit hunian dengan tanaman hias apartment akan memberikan suasana segar dan menenangkan. Tapi, kebanyakan dari kamu mungkin bingung jenis tanaman apa yang

daun janda bolong

Penyebab Daun Janda Bolong Menguning

Janda bolong sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias, karena bentuk daunnya yang unik dan dipercaya mampu menyerap udara yang kotor. Namun, kamu

Tanaman hias daun unik

9 Tanaman Hias Daun Unik dan Cantik

Banyak sekali tanaman hias daun unik dan cantik yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Karena selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman

© 2021 Bercocok.id • Built with