Bercocok

Penyebab Akar Tanaman Busuk dan Cara Mengatasinya

Akar busuk merupakan salah satu permasalahan yang sering menyerang tanaman. Akibatnya, tanaman akan mati. Bagi sebagian orang tentu hal ini sangat merugikan, terutama bagi petani dan kolektor tanaman.

Apalagi penyakit tanaman ini bersifat menular. Artinya, jika ada satu tanaman yang mengalami pembusukan, maka tanaman lain di sekitarnya juga akan ikut terkena penyakit satu ini.

akar tanaman busuk

Mungkin kamu penasaran apa yang menyebabkan akan tanaman menjadi busuk. Kemudian, bagaimana cara mengatasinya. Oleh sebab itu pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk kamu.

Mengetahui Penyebab Akar Busuk pada Tanaman

Secara umum, busuknya akar tanaman disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah over watering, buruknya drainase, kurangnya oksigen, dan jamur.
Masing-masing faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain. Agar lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini:

Over Watering

Over watering atau penyiraman yang terlalu berlebih menyebabkan sel akar terisi penuh oleh air. Hal ini tentunya menjadi penyebab awal akar tanaman mengalami pembusukan.

Buruknya Drainase

Over watering akan diperparah ketika drainase pot atau wadah buruk. Hal ini bisa terjadi karena media tanam terlalu padat sehingga menyumbat lubang pada pot, atau penggunaan media tanam yang tidak sesuai.

Pemicu akar busuk ini dikarenakan air yang diberikan saat peroses penyiraman tidak bisa keluar. Sehingga, air akan tertahan di pot atau wadah tersebut. Air yang tertahan tersebut akan menggenang dan menyebabkan akar terendam oleh air dalam waktu lama.

Kurangnya Oksigen

Penyebab selanjutnya adalah kurangnya oksigen. Akar tanaman yang terendam air akan kekurangan oksigen pada sel di dalamnya karena sudah terisi air. Tidak hanya pada akar, oksigen pada media tanam juga rendah.

Padahal, tugas utama oksigen adalah untuk menunjang proses metabolisme, respirasi, dan penyerapan nutrisi. Tanpa adanya oksigen, semua proses tersebut berhenti dan akan merugikan tanaman.

Jamur Menyebabkan Akar Busuk

Kurangnya oksigen akan memicu pertumbuhan jamur di dalam tanah akan meningkat pesat. Jenis jamur tersebut di antaranya adalah Rhizoctonia, Botrytis, Fusarium, Pythium, dan masih banyak lainnya.

Koloni jamur yang tumbuh di tanah akan pindah ke akar karena kondisinya sudah mulai lemah. Sehingga akar terinfeksi oleh jamur dan mulai membusuk, kemudian mati.
Hal ini disebabkan karena akar tidak mampu lagi mengambil nutrisi dari tanah. Saat akar sudah mati, maka otomatis tanaman tersebut juga akan mati.

Cara Mengatasi Akar Tanaman Busuk dengan Mudah

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi akar tanaman busuk. Mulai dari tindakan pencegahan hingga penyelamatan pada tanaman yang sudah terserang. Untuk tindakan pencegahan, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Pastikan pot memiliki drainase yang baik.
  2. Jangan terlalu sering atau berlebihan saat menyiram tanaman.
  3. Membersihkan akar yang sehat dengan menggunakan serbuk kayu manis atau belerang. Tujuannya adalah tidak terjadi infeksi jamur.
  4. Memberikan perawatan akar yang mengandung Mikoriza. Manfaat dari Mikoriza sendiri adalah untuk menciptakan kondisi yang tidak bersahabat untuk pertumbuhan jamur.

Sedangkan tindakan untuk mengatasi tanaman yang sudah mengalami akar busuk adalah:

  1. Jika sudah ada gejala tanaman mengalami pembusukan akar, maka segera pindahkan ke pot yang baru.
  2. Buang semua tanah yang menempel pada akar dari media tanam lama.
  3. Pastikan gunakan media tanam yang baru pada pot tersebut.
  4. Potong bagian akar yang terinfeksi dan sisakan bagian sehatnya.
  5. Jika seluruh akar sudah membusuk, maka stek bagian batang dan taman kembali ke media yang lebih sehat.

Bagi pemilik tanaman memang banyak hal yang perlu diperhatikan, terutama dalam hal perawatan terhadap penyakit tanaman. Salah satu yang paling membuat resah adalah akar busuk.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tanaman variegata

Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Ternyata keindahan tanaman variegata tidak sebatas hanya berwarna putih, lho. Bahkan sekarang variegata yellow atau kuning sedang banyak diburu oleh pecinta tanaman. Pesona

© 2021 Bercocok.id • Built with