Bercocok

Cara Merawat Mawar Dengan Mudah

Bagi kamu pecinta bunga mawar, ada beberapa cara merawat Mawar yang perlu kamu ketahui. Apabila menanam bunga, kita wajib untuk merawatnya agar bisa terus tumbuh dan tidak cepat layu.

Begitu juga dengan bunga mawar yang sudah terkenal dengan keindahan serta aroma khasnya. Merawat mawar terbilang tidak terlalu susah, karena bukanlah termasuk bunga musiman.

Karena perawatannya yang terbilang cukup mudah. Bentuknya yang cantik serta memiliki aroma khas, tidak heran apabila banyak orang menyukainya serta menjadikannya sebagai tanaman hias.

Cara Merawat Mawar dengan Benar dan Mudah

Bagi para pecinta mawar, jangan lupa untuk rutin merawat bunga kamu agar bisa terus tumbuh dan tidak cepat layu. Berikut ini beberapa cara mudah merawat bunga mawar, di antaranya :

Pilih Pot yang sesuai

Bila memilih menanam mawar di pot, maka perhatian ukuran dan jenis potnya. Lebih baik, gunakan jenis pot dari tanah liat, sebab mempunyai banyak pori yang dapat mengalirkan air dengan cepat.

Bunga mawar tidak dapat hidup dengan intensitas air yang berlebihan sebab dapat membuatnya cepat membusuk. Jangan biarkan terlalu lembab dan lembek sebab hal itu bisa menghambat pertumbuhan mawar.

Pilihlah media tanam yang tepat

Cara merawat mawar selanjutnya adalah kamu perlu memilih media tanam yang tepat. Tanaman hias seperti mawar membutuhkan media tanam yang tidak terlalu gembur, tetapi juga tidak terlalu padat.

Gunakan material tanah yang tidak terlalu keras lalu campur dengan pupuk dan beberapa bahan organik. Sebuah media tanam berkualitas akan bisa menciptakan tumbuhan yang sehat dan subur.

Artikel Terkait:  Tips dan Cara Merawat Bunga Mawar

Lakukan penyiraman secara rutin

Walaupun termasuk tanaman hias, mawar tetap harus rajin disiram agar dapat bertahan hidup dan terus menghasilkan bunga. Siram secara rutin setiap pagi dan sore hari dengan intensitas air sedang.

Teknik penyiraman yang benar adalah lakukan penyemburan air halus dengan bantuan selang. Hindari penyiraman bunga secara langsung yang kasar sebab dapat merusak struktur media tanam.

Berikan penyinaran yang cukup

Cara merawat mawar berikutnya adalah kamu perlu memberikan penyinaran yang cukup. Tidak hanya memberikan penyinaran saja namun mawar juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesis.

instagram.com/sestraroom

Penyinaran yang cukup akan memperlancar proses fotosintesis untuk menghasilkan zat makanan. Kamu dapat menjemur mawar pada pagi hari sekitar pukul sepuluh sebab dianggap sebagai waktu paling efektif.

Periksa dan pangkas secara rutin

Jangan lupa untuk secara rutin memeriksa bagian-bagian tanaman hias seperti ranting atau daun, apabila rusak segera dipangkas. Bagian bunga yang busuk layu atau mengering perlu segera dipangkas.

Agar tidak mengganggu pertumbuhan bagian lain. Ketika memangkas bagian rusak jangan memotong dengan pola menyerong atau diagonal agar tidak menghambat pertumbuhan. Potong dengan lurus agar tidak menularkan penyakit kebagian lain.

Pilih pupuk yang tepat

Cara merawat mawar selanjutnya ialah gunakan pupuk yang tepat. Walaupun dapat tumbuh liar, mawar tetap perlu diberi pupuk agar pertumbuhannya lebih maksimal. Fungsi pemberian pupuk adalah sebagai nutrisi untuk mawar.

Jaga dari hama dan gulma

Keberadaan gulma dan serangga di sekitar tanaman akan bisa mengganggu pertumbuhannya. Hal tersebut karena gulma akan menyerap nutrisi baik yang seharusnya untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Periksa penyakit pada bunga

Perlu diketahui, bunga mawar juga bisa diserang penyakit yang dapat menghambat pertumbuhannya. Serangan penyakit ini bisa disebabkan karena jamur, bakteri dan sebagainya yang bisa merusak bagian tumbuhan secara perlahan.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Untuk Kebunmu

Itulah sebabnya mengapa penting untuk rutin memeriksa kondisi tanaman dari gejala penyakit yang bisa saja menyerang. Beberapa penyakit tersebut seperti membusuknya bagian bunga, muncul jamur kupas di batang dan sebagainya.


Kini, kamu sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana cara merawat Bunga kamu agar dapat terus tumbuh. Sebab sudah ada beberapa cara merawat Mawar yang mudah dipraktikkan.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with