Tanaman untuk Halaman Rumah dan Dekorasinya

Share this Article
tanaman untuk halaman rumah

Jenis tanaman untuk halaman rumah kini semakin ramai peminatnya. Tanaman merupakan hiasan sekaligus ide dekorasi agar rumahmu terlihat canti dan segar. Bandingkan saja rumah dengan dan tanpa tanaman. 

Di Indonesia sendiri tema rumah dengan berbagai tanaman banyak diterapkan. Salah satunya adalah rumah di pedesaan dengan nuansa asri dan segar. Sangat beragam tumbuhan bunga maupun buah – buahan. 

Rumah di pedesaan identic dengan halaman yang luas tentu saja juga membutuhkan jenis tanaman yang besar. Berbeda dengan rumah yang berada di perkotaan dimana tidak memiliki halaman luas dan juga ruangan sempit. 

Apalagi tempat tinggal seperti di rusun atau apartemen. Sulit bagi mereka untuk menghiasi jenis tanaman untuk taman rumah kamu. Karena tidak memiliki halaman hanya memiliki balcony rumah saja. 

Akan tetapi jangan hanya terhalang oleh ada dan tidak adanya halaman rumah. Karena berbagai jenis tanaman dengan media tanam dapat menjadikan taman rumah kamu tampak cantik dan segar. Hal tersebut bisa kamu lihat pada referensi ini. 

Kami memberikan beberapa referensi tanaman yang bisa kamu tanam di halaman rumahmu. Di bawah ini ada berbagai jenis tumbuhan khusus untuk pekarangan hunian kamu. Berbagai jenis tumbuhan yang rindang. 

Tanaman Hias Murah untuk Halaman Rumah

Tuhan memberikan beragam tanaman dengan berbagai manfaat kepada makhluk hidupnya. Kini banyak sekali rumah yang terlihat asri berkat menanam beberapa macam tanaman sederhana seperti : 

Bougenvile 

Merupakan jenis tanaman untuk taman rumah yang luas, dan juga tepat sebagai hiasan pekarangan masa kini. Bougenvile dapat membesar jika kamu tanam pada media tanah yang luas. 

Mawar

Bunga mawar menjadi pilihan bagi kamu jika menginginkan halaman rumah menjadi berwarna. Tumbuhan ini sama seperti bougenville, akan tumbuh rimbun jika kamu letakkan di media tanah yang luas. 

Aglonema

Untuk jenis aglonema ini kamu dapat meletakkan di taman rumah menggunakan pot. Atau jika ingin tanaman tersebut tumbuh banyak maka letakkan saja di tanah. Cara menanamnya juga cukup mudah. 

Sirih gading

Jika kamu memiliki halaman dengan dihiasi dinding maka kamu dapat memanfaatkan sirih gading. Di mana tanaman yang menjalar ini dapat ditanam pada pot yang ditempel di dinding. Sehingga dinding halaman Nampak asri.

Artikel Terkait:  Tanaman Hias Popular, Keladi, Aglaonema dan Janda Bolong

Kamboja 

Kamboja juga merupakan jenis tanaman untuk taman rumah. Identic dengan Bunga yang berwarna – warni kamoboja akan indah jika kamu tanam di halam rumah. Khas yang ditimbulkan kamboja seperti terasa di Bali. 

Lidah buaya

Alternative lain untuk memenuhi halaman rumah dengan tanaman bermanfaat adalah tanaman lidah buaya. Mudah menanamnya dan juga tidak rewel jika terkena panas matahari. 

Ke enam jenis tanaman tadi dapat kamu tanam untuk menghiasi halaman rumah depan maupun belakang rumahmu. Selain itu kamu juga dapat mengkombinasikan dengan tanaman indah lainnya. 

Ide Dekorasi dengan Jenis Tanaman untuk Halaman Rumah Sempit

Agar halaman rumah menjadi aesthetic, maka kami juga akan memberikan ide dekorasi khusus untuk halaman rumah. Dimana dengan bunga – bunga serta tumbuhan lainnya. Dekorasi menambah nilai seni hiasan di halaman rumah. 

Kamu bisa menggunakan dekorasi kayu yang dibentuk seperti rak sepatu. Namun rak sepatu tersebut dapat berbentuk segitiga, lingkaran dan bentuk lainnya. Sehingga jenis tanaman untuk halaman rumah bisa kamu letakkan di atasnya. 

Model ide dekorasi rumah lainnya seperti pot besar berwarna putih menambah kecantikan bunga. Juga memperindah pekarangan hunian kamu. Pekarangan yang luas cocok dengan pot bunga yang besar. 

Pot bunga juga dapat berasal dari plastic, batu marmer, dan semen. Tergantung budget saja sehingga dapat menyesuaikan dengan dekorasi tanamannya. Pekarangan rumah menjadi lebih megah dengan pot – pot besar. 

Khusus jenis tanaman untuk halaman rumah yang digantung maka kamu bisa menggunakan botol bekas yang dikaitkan dengan kawat ke atas. Sehingga tanaman merambat bisa terawat dan juga menimbulkan kesan asri. 

Beberapa dekorasi halaman dapat kamu pesan di berbagai took grocery khusus untuk tumbuhan. Dan untuk tumbuhan pepohonan seperti baigenville, kamboja, dan pucuk merah bisa kamu letakkan saja di tanah. 

Artikel Terkait:  13 Jenis Syngonium dan Cara Merawatnya

Namun yang perlu diperhatikan adalah tata letaknya, tata letak yang bagus juga mempercantik pekarangan rumah kamu. Selain itu pemilihan jenis tanaman untuk halaman rumah menjadi factor utama yang menjadikan pekarangan rumah asri.   

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,