Berkenalan dengan Tanaman Bunga Hortensia

Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan tanaman bunga Hortensia. Hydrangea atau Hortensia merupakan salah satu jenis bunga yang paling sering dipilih orang sebagai dekorasi ruangan.

Memiliki bentuk indah, kuntum mungil, kelopak besar serta warna yang lembut membuatnya terlihat sangat cantik. Tidak heran bila banyak orang menjadikannya sebagai hiasan di taman ataupun ruangan.

Bila kamu tertarik untuk menjadikan Hortensia sebagai hiasan di rumahmu, kamu perlu tahu sesuatu. Bunga ini memiliki berbagai jenis variasi, jadi sesuaikan saja dengan kondisi rumahmu.

Jenis Tanaman Bunga Hortensia

Saat ini banyak orang menjadikan Hortensia sebagai tanaman hias di rumah mereka. berikut ini beberapa jenis dari tanaman Hortensia yang perlu kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut :

PeeGee Hydrangea

Tanaman ini merupakan jenis bunga Hortensia yang pertama variasi Panicle Hidrangea. PeeGee adalah singkatan dari H. paniculata Grandiflora, merupakan tipe semak hortensia yang dapat dipangkas membentuk pohon.

Menyukai area cerah dan bunganya hampir mirip dengan Panecle Hidrangea berbentuk kerucut. Karena pertumbuhannya tidak terlalu cepat, jadi kamu perlu membiarkannya tumbuh secara alami.

Panicle Hydrangea

Jenis tanaman ini berasal dari jenis Asia, sangat cocok kamu letakan di taman memberikan kesan berwarna cerah. Bila kamu melihatnya lebih dekat, kelopak bunganya akan terlihat sangat istimewa karena berbentuk kerucut.

Walaupun begitu tanaman Panicle Hydrangea ini lebih nyaman di daerah dingin. Jadi kamu yang tinggal di lereng gunung atau perbukitan, tanaman ini cocok kamu tanam di tempatmu.

Cityline Mars Hydrangea

Jenis bunga Hortensia berikutnya adalah Cityline ‘Mars’ Hydrange, yang bercorak Picotee. Atau Bunga berwarna terang serta mempunyai kelopak bermata gelap.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Bunga Azalea Agar Cepat Berbunga

Tanaman ini tampak berbeda dari jenis lainnya. Meskipun termasuk varietas Hydrangea Macropylla, Ph tanah juga mempengaruhi warna bunganya. Apabila ingin menanamnya, kamu perlu tahu bahwa tanaman ini menyukai sinar matahari di tempat yang sejuk.

Hydrangea Macrophylla

Hydrangea Marcophylla merupakan jenis bunga Hortensia berikutnya yang berdaun besar dan memiliki kelebihan untuk menganti warna bunganya. Hal tersebut terjadi karena kandungan Ph atau keadaan tanah tempatnya hidup.

Apabila kamu ingin membuat Bungan ini berwarna biru, tambahkan tingkat keasaman pada tanahnya. Semakin asam media tanamnya, semakin pekat juga warna birunya. Sebaliknya semakin basah maka bunga semakin pink.

Climbing Hydrangea

Jenis bunga Hortensia selanjutnya adalah Climbing Hydrangea atau Hortensia merambat. Bunganya melimpah serta perawatan yang mudah membuat tanaman ini cocok ditanam di dinding atau teralis rumah.

Meskipun Climbing Hydrangea bisa dibilang mudah dirawat, namun tanaman ini bisa tumbuh lebih baik bila diletakkan pada tempat yang teduh. Tidak hanya itu bunga ini juga mempunyai wangi yang lembut.

Gatsby Pink Hydrangea

Gatsby Pink Hydrangea berasal dari Amerika Serikat bagian Tenggara. Mempunyai bunga berwarna merah muda yang mencolok. Mulanya, kelopak berwarna putih lalu berangsur-angsur berubah menjadi pink.

Memiliki bentuk memanjang dan juga bunga Gatsby Pink Hydrangea ini sangat suka dengan kehangatan. Itulah alasannya mengapa kamu bisa menanam bunga ini di tempat yang hangat.

Hydrangea arborescens ‘Abetwo’

Sesuai namanya Abetwo atau dua kali dari ukuran H. Arborescens. Ukuran bunga ini memang sangat besar dan padat yaitu sekitar 30,5 cm. Selain itu tanaman ini juga mempunyai batang yang kuat.

Sehingga membuat bunganya tidak mudah patah, apabila kamu dapat menaruh tanaman ini di bawah sinar matahari langsung. Bunga ini juga cocok dijadikan sebagai tanaman pagar sebab mempunyai tinggi 150 cm.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Bunga Azalea Agar Cepat Berbunga

Dengan mengetahui beberapa jenis tanaman Hortensia, kamu pasti sudah bisa menentukan akan memilih yang mana. Sebab sudah ada beberapa jenis tanaman bunga Hortensia yang bisa dijadikan pilihan.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tanaman variegata

Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Ternyata keindahan tanaman variegata tidak sebatas hanya berwarna putih, lho. Bahkan sekarang variegata yellow atau kuning sedang banyak diburu oleh pecinta tanaman. Pesona

tanaman kribo

Alasan Kenapa Tanaman Kribo Berubah Warna

Tanaman kribo mulai menjadi salah satu tanaman yang banyak dicari. Salah satu penyebabnya adalah karena warnanya yang menarik. Tetapi kemudian banyak yang bertanya-tanya,

© 2021 Bercocok.id • Built with