Cara dan Kegunaan Sungkup Tanaman

Ada beberapa cara menyungkup tanaman serta kegunaan dari sungkup tanaman yang perlu kamu ketahui. Bagi para petani Indonesia, mungkin tidak banyak yang mengetahui budidaya tanaman dengan plastik sungkup.

Atau biasa terkenal dengan teknik terowongan plastik. Meskipun nampak serupa, namun teknik ini berbeda dengan green house, teknik ini tidak membutuhkan area lahan yang luas seperti green house.

Bila kamu ingin melakukan budidaya tanaman dengan teknik ini, ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui. Perlu kamu ketahui juga, budidaya dengan menggunakan teknik ini memiliki berbagai macam kegunaan untuk tanaman.

Ada Beberapa Cara Menyungkup Tanaman

Seperti telah dibahas sebelumnya, bila kamu ingin melakukan budidaya tanaman menggunakan teknik ini. Ada beberapa cara sungkup tanaman yang perlu kamu ketahui. Pertama, siapkan irisan bambu.

Bila tidak ada, kamu bisa gunakan paralon ukuran dengan tidak memotong ukurannya. Gunakan juga plastik berukuran 4 meter. Kedua, siapkan lokasi serta bedengan. Pastikan bahwa lokasi tanamnya cukup sinar matahari.

Cara ketiga sungkup tanaman, siapkan plastik atau peneduh. Rangka dari paralon atau bambu tadi dirangkai di atas bedengan, lalu dipasangkan plastik. Namun sebelumnya, bedengan perlu ditanam tanaman yang ingin ditanam.

Sebenarnya ada teknik penyungkupan yang tidak perlu menggunakan kerangka dari paralon atau bambu. Jadi, plastik sungkup langsung aplikasikan ke tanaman di setiap pot, lalu ikat agar tidak mudah terlepas.

Pada dasarnya, teknik sungkup plastik kamu lakukan penanaman dengan teknik sambung pucuk atau grafting. Hal tersebut tujuannya untuk melindungi tanaman yang luka. Atau sel yang terbuka dari pathogen penyebab penyakit tanaman.

Asalkan di dalam sungkup tersebut steril. Jenis plastik yang digunakan untuk menyungkup biasanya adalah tipe plastik polietilena atau plastik es yang sangat elastis dan memiliki berbagai macam ukuran.

Penggunaan plastik maksimal 2x pakai sebab tingkat sterilitasnya akan semakin berkurang. Plastik yang tidak steril bisa mempermudah masuknya pathogen tanaman. Pada sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penyungkupan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Contohnya saja pada tanaman bawang merah, teknik penyungkupan ini bisa meningkatkan hasil panen. Jadi apabila kamu ingin meningkatkan hasil panen, kamu bisa mencoba teknik ini.

Ketahui Manfaat dari Sungkup Tanaman

Setelah membahas cara penyungkupan tanaman yang benar. Kamu juga perlu tahu sebenarnya apa kegunaan dari teknik sungkup ini. Seperti telah kami bahas sebelumnya, teknik ini kurang familiar di kalangan petani Indonesia.

Padahal teknik ini memiliki berbagai macam kegunaan atau manfaat. Kegunaannya antara lain seperti bisa melindungi tanaman dari air hujan langsung. Kelembaban terjaga, buah tidak akan rontok.

Mendukung penerapan budidaya ramah lingkungan, karena mengurangi frekuensi penggunaan pestisida. Bisa menurunkan suhu dan meningkatkan kelembapan udara sekitar tanaman. Dapat menghalangi hama serangga perusak tanaman.

Teknik sungkup tanaman ini juga bisa mempertahankan kelembapan tanah sehingga ketersediaan air lebih maksimal. Memastikan keberhasilan panen ketika musim hujan, sebab pupuk tidak mudah hilang akibat hujan.

Selain itu teknik ini juga bisa mengurangi biaya produksi, biaya sanitasi lebih murah dan ekonomis. Teknik ini mudah diterapkan dan sangat efisien. Bisa dibilang hasil produksi dengan teknik sungkup.

Lebih tinggi dan lebih banyak bila kamu bandingkan tanpa menggunakan teknik sungkup. Maka dari itu, teknik ini bisa terbilang lebih banyak memberikan keuntungan bila dibandingkan teknik lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan lainnya, itu hanya beberapa manfaat penting yang wajib kamu ketahui. Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan budidaya tanaman, tidak ada salahnya menggunakan teknik ini.

Dengan teknik ini manfaat yang kamu dapatkan lebih banyak, hasil produksi juga lebih melimpah. Lagi pula cara melakukan sungkup tanaman juga mudah, cukup ikuti beberapa langkah di atas.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with