10 Jenis Tanaman Murah yang Menyejukkan Rumah

Tanaman murah jenisnya sangat banyak di pasaran. Kamu bisa menaruhnya di dalam rumah memakai pot atau halaman. Apalagi metode perawatannya cukup mudah sehingga tidak membutuhkan tenaga ekstra. 

Di masa new normal seperti sekarang ini, banyak orang memiliki hobi baru. Salah satunya berkebun dan merawat tanaman hias. Jenis tanamannya sangat bervariasi dan harganya juga cukup terjangkau. 

Tidak heran jika hobi tersebut semakin digemari masyarakat. Selain akan mempercantik lingkungan di sekitar rumah, menjalankan aktivitas tersebut juga sangat menyenangkan.

10 Daftar Tanaman Murah Meriah

Kini berkebun tidak harus mengeluarkan modal besar karena banyak tanaman yang memiliki harga murah. Berikut ini akan bercocok rekomendasikan beberapa tanaman yang tidak akan menguras kantong kamu. 

Kaktus Mini

Apabila ingin berkebun di lahan yang tidak begitu luas, maka kaktus mini bisa menjadi pilihan terbaik. Kaktus bisa kamu letakkan di kamar, ruang tamu dan lain sebagainya. 

Harganya antara Rp 7.000 sampai Rp 84.000. Walaupun murah namun bentuknya sangat cantik, apalagi jika kamu mampu menghiasnya menjadi terarium. 

Sansivera

Tanaman murah ini di Indonesia sering disebut sebagai lidah mertua. Ukurannya beragam mulai dari yang kecil sampai besar sehingga bisa untuk menghias ruangan. Kisaran harganya Rp 20.000 hingga Rp 70.000. 

Fungsinya untuk menghias ruangan sekaligus dipercaya bisa meningkatkan produktivitas penghuni rumah. Selain itu, mampu menyerap radiasi dari berbagai perangkat elektronik yang membahayakan. 

Hydrangea

Ciri khas hydrangea adalah bunganya mengumpul dan memiliki warna mencolok sehingga memperindah penampilan. Warna bunganya ada ungu, pink dan biru.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Indoor yang Sedang Hits di Indonesia

Kuncup bunga mengandung racun sehingga jangan sampai tertelan agar tidak merasa pusing, kejang dan sesak napas. Harga tanaman murah dan cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 35.000 hingga Rp 60.000. 

Bougenville

Bougenville dipercaya masyarakat bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Tanaman hias yang satu ini harganya Rp 50.000 hingga Rp 100.000. 

Kamu harus rajin menyiram air dan sebaiknya tanah jangan sampai kering agar bougenville tidak mudah mati. Media tanam yang cocok yaitu mengandung sedikit gambut agar akar tidak cepat membusuk. 

Mawar

Kelebihan dari mawar antara lain memiliki corak cantik dan beragam. Ada mawar merah, kuning, putih dan lain-lain. Bibitnya mudah untuk kamu dapatkan dan rata-rata dihargai Rp 20.000 hingga Rp 50.000. 

Lavender

Lavender memiliki bunga yang cantik berwarna ungu. Tanaman murah yang satu ini harganya tidak mahal hanya Rp 5.000 sampai Rp 50.000. Cara menanamnya bisa menggunakan pot atau di tanah langsung. 

Selain mempercantik taman juga bisa digunakan mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan pada kuncupnya terdapat kandungan atsiri. Aromanya wangi sehingga membuat rumah terasa lebih nyaman. 

Ruellia Ungu

Ruellia ungu merupakan tanaman dari Meksiko yang bisa digunakan menghias taman sekaligus sebagai obat herbal. Bunganya akan mekar jika kondisinya lembab. Kamu bisa memilikinya hanya dengan Rp 22.000 saja. 

Lollipop

Tanaman murah lollipop atau Pachystach luteayang berasal dari Peru. Umumnya tumbuh dengan baik di iklim rendah dan sedang. Faktanya, di Indonesia tetap bisa tumbuh meskipun beriklim tropis. 

Daerah di Indonesia yang paling tepat untuk pertumbuhan lollipop adalah dataran rendah. Jika tertarik untuk menanamnya cukup menyiapkan uang sebesar Rp 22.000. 

Dahlia

Salah satu keunikan yang dimiliki dahlia adalah bunganya sangat cantik. Warnanya juga cerah dan mempesona sehingga tidak sedikit orang yang mengoleksinya. 

Artikel Terkait:  Tanaman Lidah Mertua Popular dan Cara Merawatnya

Para kolektor menjadikan dahlia sebagai pilihan favorit. Selain itu, menjadi komoditas utama bagi pelaku industri tanaman murah dalam pot. Harganya sangat ramah di kantong yaitu mulai Rp 22.000. 

Anthurium

Anthurium termasuk dalam keluarga Araceae yang tidak kenal masa dormansi. Ciri-ciri daunnya yaitu berwarna hijau, bagian tulang daun dan urat besar sehingga cukup menonjol. 

Ketika sudah dewasa akan terlihat kekar namun tetap memancarkan keanggunan. Dengan demikian, menimbulkan kesan eksklusif dan elegan. Kamu pasti tidak menyangka jika hanya dihargai Rp 15.000 hingga maksimal Rp 40.000. 

Harga tanaman memang sangat bervariasi, kamu bebas memilih sesuai dengan budget yang tersedia. Kamu jangan khawatir karena kini tersedia berbagai tanaman murah untuk menghias taman atau ruang tamu. 

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with