Keunikan Philodendron Varigata yang Wajib Kamu Ketahui

Philodendron varigata merupakan salah satu tanaman hias bercorak cantik. Hal ini tampak dengan adanya sisi warna berbeda pada permukaan daun jika kamu bandingkan aslinya.

Perbedaan warna ini berdampingan karena masih dalam satu daun. Kamu akan melihat seperti ada bercak-bercak yang muncul secara alami dan bentuknya tidak beraturan. 

Pada umumnya warna yang terbentuk adalah kuning, putih atau merah muda. Di pasaran harganya cukup tinggi mengingat proses pembuatannya tidak mudah dan tergolong sebagai tanaman langka. 

Philodendron ini sendiri proses pembuatannya hingga memakan waktu sampai 6 tahun. Metode yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan kultur jaringan. 

5 Macam Tanaman Philodendron Varigata Unik

Berikut ini merupakan beberapa jenis dari golongan philodendron yang termasuk varigata. Kamu harus mengetahuinya karena masing-masing memiliki keunikan yang berbeda-beda. 

Philodendron Marble Caramel Varigata

Jenis ini termasuk paling banyak dicari oleh masyarakat dunia. Akibat banyaknya permintaan di pasaran membuat harganya melambung tinggi. 

Ukurannya mencapai hingga 2 kaki. Variasi warna dapat kamu jumpai pada daun baru. Biasanya warnanya antara jingga senja, merah muda cerah, merah mobil pemadam kebakaran hingga hijau hutan lebat. 

Saat dewasa, philodendron varigata ini lebarnya antara 10 hingga 14 inci. Semakin besar ukurannya maka akan memiliki daya tarik tinggi untuk dikoleksi. 

Harganya sangat beragam, untuk ukuran kecil mencapai Rp 2.500.000. Lain halnya jika ukurannya besar dan menarik maka bisa memiliki harga hingga puluhan juta. 

Perawatan dari tanaman tropis yang satu ini sangat mudah dengan perawatannya sedikit dan sederhana. Kamu dapat menanamnya baik di luar maupun dalam rumah. 

Artikel Terkait:  Ini Dia Jenis Philodendron Hits di Tahun 2021

Biasanya akan tumbuh subur terutama di tanah lembab yang kaya akan bahan organik. Kondisi cahaya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan lebih rendah.

Philodendron Minima Variegata

Jenis philodendron varigata tersebut tergolong langka di dunia. Selain itu, masyarakat juga mengenalnya dengan sebutan mini monstera. Para pecinta tanaman hias banyak mengincarnya. 

Akibat semakin banyak diburu membuat harganya melambung tinggi, yaitu US $8.150. Jika dikonversi ke rupiah sekitar 114 juta. Ciri khasnya adalah memiliki warna daun kombinasi antara hijau dan kuning. 

Jumlah daunnya hanya 4 helai saja, namun sangat lebar dan bentuknya memanjang. Bentuknya juga sangat unik dengan pola daun berbolong sehingga wajar jika banyak orang menyukainya.

Philodendron Burle Marx Variegata

Philodendron varigata itu termasuk anggota keluarga Araceae yang asalnya dari Amerika Latin. Tanaman biasanya tumbuh merambat atau bisa juga menggerombol. Batangnya sukulen dan berukuran kecil. 

Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tanaman indoor. Corak warnanya sangat khas yaitu kombinasi antara warna kuning dan juga putih. 

Melihat dari segi harganya jauh lebih tinggi jika kita bandingkan philodendron biasa. Hal ini karena warna daun, jenis dan corak variegatanya yang sangat menonjol. 

Apabila corak variegatanya menonjol maka harganya akan semakin mahal. Namun, jika variegatanya mendominasi justru harganya akan turun. 

Pada philodendron varigata harganya sekitar Rp 200.000 dan bisa dijual sampai jutaan rupiah. Sedangkan, untuk jenis biasa dibandrol dengan harga Rp 75.000 saja. 

Philodendron Golden Dragon Variegata

Penamaan tanaman tersebut berdasarkan bentuk daunnya yang unik hampir menyerupai kepala naga. Daunnya berwarna hijau di mana kamu juga akan menjumpai adanya corak. 

Corak tersebut berwarna keemasan sehingga menjadi salah satu faktor yang membuatnya tampak cantik. Di sisi lain, perawatannya juga tidak sulit sehingga banyak orang yang menyukainya. 

Pertumbuhan Philodendron varigata jenis ini mirip seperti sirih gading, yaitu merambat. Kamu dapat memanfaatkan turus untuk membuatnya tumbuh merambat ke atas sehingga bisa kamu jadikan sebagai penghias rumah. 

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tanaman Hias Daun Bulan Oktober 2021

Philodendron Pink Princess

Tanaman ini memiliki nama princess karena penampilannya yang sangat anggun dan cantik. Adanya perpaduan antara warna hijau tua dan pink memberi kesan unik.

Perpaduan unik seperti itu hanya akan kamu jumpai pada tanaman ini saja. Salah satu manfaatnya adalah untuk mempercantik halaman dan ruangan di rumah.

Kamu membutuhkan tiang penyangga ketika menanamnya atau bisa juga menggantungnya agar tumbuh menjuntai. Perawatannya juga tidak menguras tenaga. Kamu cukup menyiram air ketika tanahnya kering. 

Jenis dari tanaman ini sangat banyak dan keberadaanya cukup langka sehingga biasanya dipatok dengan harga tinggi. Namun, tetap banyak yang berminat karena keunikan bentuk philodendron varigata.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

calathea

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Calathea merupakan tanaman yang terkenal dengan dengan tanaman doa (pray plant). Karena bentuk daunnya yang menggulung layaknya tangan yang sedang berdoa. Dalam perawatannya

© 2021 Bercocok.id • Built with