Bercocok

6 Jenis Tanaman Hias Alocasia Berikut

Jika hobi kamu seputar tanaman maka tidak akan asing dengan jenis tanaman hias alocasia. Tanaman hias yang hampir ada di setiap rumah ini memiliki daya tarik tersendiri. Bentuk dan juga warnanya masih menarik hati banyak orang. 

Memiliki warna hijau pekat kemudian dari beberapa jenisnya memiliki garis dengan berbeda – beda warna. Tumbuhan tanpa bunga tap uniknya masih diburu beberapa kolektor, bahkan ada juga yang bereksperimen dengannya. 

Alocasia digemari banyak orang sebab memiliki harga dari paling murah hingga paling mahal. Pastinya dengan ciri khas masing – masing alocasia tetap menjadi primadona di iklim tropis. Satu rumpun dengan aglonema bentuknya sedikit mirip.

Memiliki banyak jenis tanaman hias alocasia, juga selalu tranding di setiap musim. Bagi kamu yang menginginkan hiasan di dalam rumah maka alocasia ini salah satu tanaman yang pantas. Tahan dengan iklim panas dan mudah merawatnya. 

Perawatan yang tidak begitu rumit, membuatnya mudh tumbuh di berbagai keadaan tanah. Melihat eksistensinya di dunia tanaman, maka tumbuhan hias satu ini bisa dinobatkan sebagai tumbuhan yang banyak dicari kolektor. 

Masih satu rumpun juga dengan sri rejeki, orang awan banyak menyebutnya dengan sebutan keladi. Banyak sekali jenisnya, alocasia, colocasia, caladium merupakan saudara yang bentuknya mirip sehingga sulit membedakannya. 

Pada alocasia yang tertanam adalah bonggolnya, berbeda dengan colocasia yang tertanam adalah umbinya, colocasia tidak memiliki bonggol seperti alocasia. Jenis tanaman hias alocasia juga memiliki bentuk daun agak tebal. 

Artikel Terkait:  5 Cara Merawat Keladi Amazon Agar Cepat Beranak

Tanaman Hias Berbentuk Kuping Gajah

Meski sering disebut dengan keladi oleh orang awam, jika diperhatikan ada beberapa hal yang membedakannya. Seperti tebal tipisnya daun, caladium memiliki daun yang tipis, sedangkan alocasia memiliki daun tebal. 

Bentuk daunnya juga menyerupai kuping gajah, berbeda dengan colocasia dan caladium bentuknya lonjong oval. Keindahan dari alocasia memang terletak pada daun, dimana daun tersebut memiliki warna yang timbul. 

Jika kamu raba maka jenis tanaman hias alocasia memang berbeda dari jenis lainnya. Lebih terlihat seperti tanaman mahal walaupun tidak semuanya. Selain daunnya jika diperhatikan tangkai daun alocasia juga cukup menarik. 

Tangkai daun yang menyerupai kulit ular menjadi keunikan tersendiri. Kulit tangkainya memiliki warna unik dan membuatnya tidak lazim. Alocasia juga akan mengalami gugur daun secara bersamaan. 

Hal tersebut karena alocasia sedang mengalami fase dorman. Sama seperti tumbuhan jati akan merontokkan daun – daunnya namun tetap hidup. Kejadian ini tidak perlu kamu khawatirkan dan jangan memberikan treatment berlebihan. 

Pada dasarnya jenis tanaman hias alocasia masih dapat tumbuh tunas baru walaupun tampak luar seperti tanaman mati. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengeluarkan bonggolnya dari pot kemudian menjemur. 

Setelah 1 jam berjemur, benamkan kembali bonggolnya dan jangan lupa disiram kembali. Dengan cara tersebut akan menumbuhkan daun lebih cepat. Hal ini dapat kamu coba hanya jika sedang mengalami fase dorman. 

Jenis Tanaman Hias Alocasia Harga dan Macamnya

Setelah mengetahui bentuk dan juga fase menggugurkan daun. Maka kini kami akan memberikan info mengenai harga. Sempat kami singgung di atas bahwa harga yang alocasia miliki sangat beragam dari termurah hingga termahal. 

Baginda silver dragon

Seperti namanya tumbuhan jenis ini memiliki warna silver lebih dominan. Kemudian tulang – tulang daun berwarna hijau. Harganya sekitar 40 ribu hingga 100 ribu tergantung besar kecilnya tumbuhan. 

Melo 

Memiliki pola urat daun menyerupai kulit badak, cukup unik dari jenis tanaman hias alocasia lainnya. Berwarna abu – abu dan memiliki harga cukup terjangkau sekitar 35 ribu sampai 100 ribu saja. 

Dragon scale

Urat daun lebih padat jika kamu bandingkan dragon silver. Dragon scale cukup cantik untuk tanaman hias. Dimana warna abunya sangat mendominasi namun masih ada sentuhan hijau tua pada bagian daunnya. 

Black velvet

Bentuk daunnya cenderung bulat dan memiliki bulu – bulu halus pada permukaan daunnya juga menimbulkan kesan cantik. Memiliki warna dasar hijau tua, dan dibalik daun terdapat warna gelap. Harganya sekitar 65 – 135 ribu. 

Amazonica 

Jenis tanaman hias alocasia amazonica ini biasanya terdapat dalam bentuk lumayan tingggi dari jenis lainnya. Kamu hanya perlu uang 40 ribu sampai 130 ribu untuk bisa mendapatkannya. 

Zebrina

Bentuknya sama tinggi dengan amazonica, namun batangnya memiliki corak seperti zebra. Dan lebar daun lebih kecil. Harga dari zebrina ini sekitar 35 ribu hingga 225 ribu. Jarang jenis ini terdapat di halaman rumah. 

Berbagai jenis alocasia beserta harga di atas dapat kamu jadikan referensi tanaman hias. Mendekorasi ruangan akan lebih segar jika menggunakan jenis tanaman hias alocasia sebab terlihat unik. 

Artikel Terkait:  5 Cara Merawat Keladi Amazon Agar Cepat Beranak

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

cafe outdoor

Inspirasi Dekorasi Taman untuk Cafe Outdoor

Mengunjungi cafe dengan dekorasi taman menjadi salah satu pilihan menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Apalagi jika nongkrong bersama teman-teman yang lama tidak bertemu, bisa-bisa

menjaga kelembaban tanaman hias

Menjaga Kelembaban Tanaman Hias

Sumber kebutuhan air untuk tanaman ternyata bukan hanya dari media tanam lho, tanaman juga membutuhkan kelembaban dari udara sekitar. Maka dari itu menjaga

© 2021 Bercocok.id • Built with