Mengenal Berbagai Jenis Bonsai untuk Hiasan Rumah

Berbagai jenis bonsai menjadi tanaman hias yang bisa mempercantik hunian karena bentuknya unik dan cantik. Tidak heran jika pohon ini sangat populer di banyak negara dan tetap tidak redup, salah satunya adalah Indonesia.

Keunikan menjadi penentu harganya di pasaran, semakin unik bentuknya maka akan semakin mahal. Oleh karena itu, banyak orang menjadikan pohon kerdil dengan bentuk cantik ini sebagai peluang bisnis menjanjikan.

Bentuk-bentuk dari berbagai jenis bonsai juga menjadi seni yang bisa kamu pelajari dan tidak bisa secara instan. Perlu kesabaran, keuletan, juga pengetahuan yang cukup untuk merawatnya agar tetap tumbuh subur.

Meski harus ekstra dalam perawatannya, namun tetap saja banyak orang menjadi pecinta bonsai. Apalagi menjadikannya sebagai dekorasi rumah akan memberikan kesan estetik bagi yang melihatnya.

Mengenal Tentang Jenis Tanaman Bonsai

Jika berbicara tentang jenis bonsai merupakan pohon yang dikerdilkan dan ditanam dalam pot dangkal. Tujuan pengerdilan sendiri agar menjadi miniatur dari pohon besar asli yang sudah tua dan hidup di alam bebas.

Istilah ini sendiri merupakan seni tradisional berasal dari jepang, yaitu memelihara pohon dalam pot dangkal dengan keindahan bentuk sebagai apresiasi. Bukan hanya potnya saja yang berbentuk unik, namun juga daun, batang, dahan, hingga akar tanaman sendiri.

Seni dari Jepang ini sendiri berasal dari teknik pemotongan maupun pemangkasan dari berbagai jenis bonsai dengan menggunakan kawat untuk membentuk cabang maupun dahan. Caranya adalah dengan melilit atau membengkokannya dengan ikatan kawat.

Pembuatan dan perawatannya memerlukan tenaga ekstra serta waktu cukup lama, selain itu juga harus melibatkan berbagai hal lain. Beberapa perawatannya seperti memberi pupuk, memangkas, membentuk tanaman, menyiram, juga mengganti pot maupun tanah.

Tanaman ini bisa dikerdilkan dengan cara memotong akar serta rantingnya serta dibentuk menggunakan bantuan kawat pada ranting maupun tunas. Kawat harus segera diambil agar kulit pada ranting tidak tergores.

Karena merupakan makhluk hidup dan terus tumbuh, sehingga tidak ada bonsai sudah jadi sepenuhnya. Sebab akan selalu ada perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan musim maupun alam yang justru menjadi daya tarik tersendiri.

Ketahui Sejarah Muncul Jenis Bonsai

Jenis tanaman bonsai berasal dari miniaturisasi tanaman sejak Dinasti Tang, disebut dengan penjing. Pada makam putra Wu Zetian, ada lukisan dinding seorang pelayan wanita dengan membawa pot dangkal dengan pohon berbunga yang merupakan miniatur pemandangan alam.

Di akhir zaman Heian, bangsawan Jepang mulai mengenal penjing, aksara kanji melafalkannya sebagai bonkei. Sama halnya dengan Cina, bonkei juga menjadi sebuah miniatur dari pemandangan alam.

Seni ini sendiri hanya dapat dinikmati oleh kalangan pejabat istana dan para samurai. Selanjutnya bonsai menjadi pekerjaan sambilan bagi para samurai pada zaman Edo, juga menjadi sangat populer jenis bonsai ini.

Jenis tanaman bonsai serta seninya menjadi hobi perlente pada zaman Meiji meskipun memeliharanya menguras cukup banyak waktu. Pada akhirnya, lingkungan semakin modern dan tidak adanya lahan membuat hobi ini hanya dilakukan oleh kalangan lanjut usia.

Berbagai Macam Jenis Bonsai Berikut

Meskipun sempat hanya menjadi hobi kalangan lanjut usia, namun bentuknya yang unik membuatnya kembali populer. Jenis tanaman bonsai di pasaran sendiri juga sangat beragam, berikut adalah beberapa di antaranya.

Beringin

Tanaman ini menjadi tumbuhan yang banyak sekali dapat kamu temukan tumbuh besar dan rimbun sehingga menjadi akrab dengan kultur Indonesia. Beringin juga salah satu yang bisa kamu jadikan sebagai jenis bonsai untuk membuat hunian lebih asri.

Maple

Pohon maple sangat cantik karena daunnya memiliki beragam warna. Setiap jenis akan memiliki daun berbeda warna mulai merah muda, biru, hingga ungu. Pohon maple kerdil ini sendiri akan terlihat mencolok dan cantik di ruang berlatar putih.

Anggur

Tanaman merambat ini ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu jenis bonsai dengan bentuk yang unik. Menariknya, anggur juga bisa berbuah, lho! Jadi selain bisa membuat lingkungan tampak asri, kamu juga bisa menikmati buahnya.

Santigi

Bentuk santigi sangat cocok untuk menghiasi hunian dengan keunikan batang dan tangkai bercabang-cabang. Jika kamu taruh di dekat jendela akan membuat sinar matahari terlihat menarik. Santigi juga memberi kesan klasik dan cocok untuk ruang berlatar gelap.

Anting Putri

Tanaman anting putri memiliki batang yang unik, tegak lurus dengan cabang-cabang dan bisa tumbuh di dalam pot. Menggunakannya sebagai bonsai akan sangat cantik jika kamu letakkan di ruang tamu atau jendela agar cukup terkena sinar matahari.

Cemara

Siapa sangka jika kamu tidak perlu naik ke puncak gunung untuk melihat cemara, sebab bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias miniatur sebagai hiasan rumah. Karena sangat ikonik, menggunakan jenis bonsai ini sebagai dekorasi akan membuat ruangan memiliki karakter.

Pinus

Jenis pinus sangat banyak, sementara yang digunakan untuk bonsai biasanya dari spesies Pinus thunbergii dengan tampilan unik dan daun seperti lukisan. Hunian akan tampak lebih cantik jika meletakkannya di sudut ruangan.

Cara Membuat Jenis Bonsai Pemula

Seni untuk membuat bentuk jenis tanaman bonsai memang perlu ketekunan agar bisa bernilai tinggi, namun bukan berarti tidak dapat dipelajari. Jika kamu masih pemula, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai seperti berikut.

Pilihan Tanaman Tepat

Penting kamu perhatikan jika tidak semua tanaman bisa menjadi bonsai, jadi kamu harus memahami kriterianya terlebih dahulu. Tanaman sendiri harus memiliki usia panjang dan termasuk dikotil, contohnya adalah pohon serut.

Tanaman juga harus memiliki ketahanan karena akan menggunakan kawat, memotong batang, nutrisi sedikit, dan berada di pot kecil pada waktu lama. Bentuk aslinya juga harus indah, idealnya memiliki daun rindang, batang menarik, serta bunga yang cantik.

Paham Media Tanam

Media tanam sangat penting untuk kamu perhatikan agar berbagai jenis bonsai ini memiliki nutrisi yang cukup, apalagi karena harus hidup dalam pot sempit. Kamu bisa memilih pasir agar air tidak tergenang, atau bisa juga menggunakan tanah gunung maupun tanah merah gembur.

Selain itu, gunakan banyak pupuk dengan banyak unsur hara agar bisa berkembang seperti tanaman aslinya. Rekomendasi pupuk kandang paling baik adalah kotoran kambing yang sudah matang dan bebas dari berbagai pantogen.

Menanam dan Memelihara

Selanjutnya adalah penanaman dan mulai memelihara bonsai dengan memastikan kelembaban agar akar tidak membusuk. Media tanam juga harus kamusaring agar terhindar dari berbagai penyakit, juga binatang seperti cacing dan serangga.

Taruh jenis bonsai ini di tempat yang teduh dan tidak banyak terkena hempasan angin. Ketika menyiram, sebaiknya gunakan alat semprot agar kamu bisa mengontrol seberapa banyak jumlah air. 

Membentuk Bonsai

Selanjutnya adalah dengan membentuk sesuai keinginan, pastikan batang sudah kuat dan mulai tumbuh. Bentuk kerangka terlebih dahulu dengan menggunakan kawat. Potong ranting yang tidak kamu inginkan, lalu ikat ranting dan mengarahkan sesuai keinginan.

Menyempurnakan bonsai akan membutuhkan waktu selama bertahun-tahun, sehingga perlu kesabaran ekstra. Kesempurnaan sendiri dinilai dari bentuk seimbang, yaitu ketika ukuran bunga dan batang sepeti tanaman asli dengan daun rindang dan lebat.

Menjadi salah satu karya seni unik, perlu kesabaran dan menghabiskan cukup banyak waktu untuk membentuk tanaman yang dikerdilkan ini seperti tanaman aslinya. Jenis bonsai sendiri sangat beragam dengan karakter masing-masing yang memikat hati.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

sente hitam

Cara Merawat Sente Hitam

Sente hitam atau keladi hitam mempunyai nama latin Alocasia Plumbea. Cara merawat tanaman ini cenderung mudah karena merupakan tanaman asli dari Indonesia, yaitu

© 2021 Bercocok.id • Built with