Pilihan Tanaman Gantung untuk Dekorasi Rumah

Tanaman gantung terkenal sebagai salah satu dekorasi terbaik untuk mempercantik bagian-bagian tertentu pada hunian. Baik untuk keperluan di dalam maupun luar ruangan, keduanya hanya dibedakan dari jenis tumbuhannya.

Tidak semua jenis tumbuh-tumbuhan terlihat bagus sebagai tanaman gantung sebagai hiasan. Ada beberapa jenis tanaman tertentu yang cocok sebagai hiasan ketika digantung, baik untuk diletakkan di luar maupun dalam ruangan.

Tipe Tanaman Gantung Outdoor yang Tahan Segala Cuaca

Karakteristik tumbuh-tumbuhan outdoor sangat cocok kamu letakkan di luar ruangan karena memiliki ketahanan yang bagus terhadap perubahan cuaca. Beberapa di antaranya adalah jenis bunga-bungaan seperti zygocactus, petunia, begonia, hingga tapak dara.

Zygocactus

Jika kita lihat dari namanya, zygocactus (Schlumbergera Truncate) merupakan famili kaktus dengan ciri khas berupa bunga. Tumbuhan ini terkenal memiliki ketahanan terhadap cuaca panas sehingga mampu hidup meski terpapar suhu ekstrim.

Tidak heran jika zygocactus menjadi tanaman gantung untuk area luar ruangan karena ketahanannya terhadap suhu panas tersebut. Bunga yang muncul dari batang kaktusnya juga sangat indah, sehingga membuatnya terlihat eksotis.

Petunia

Petunia sangat cocok dengan aksesoris yang digantung karena memiliki daun-daun berbentuk seperti terompet yang sangat lebat. Warna-warnanya juga sangat lembut dan sering muncul dalam bentuk kombinasi seperti ungu serta putih. 

Petunia mampu tumbuh dengan baik di hampir semua jenis tanah selama media tanamnya memiliki drainase yang baik. Jika kamu menggantung tanaman ini, usahakan agar wadahnya mampu mengeluarkan air sehingga bagian akarnya tidak terendam. 

Begonia

Tanaman gantung berikutnya adalah begonia yang sangat cocok untuk wilayah seperti Indonesia yang beriklim sub-tropis. Bentuknya dari daun-daunnya sangat unik karena tumbuh secara bergerombol sehingga terlihat padat dengan warna-warna terang.

Salah satu jenis warna yang paling populer dari Begonia adalah merah muda (pink) dengan gradasi putih. Sangat cocok sebagai hiasan di luar rumah (indoor) karena ketahanannya terhadap cuaca panas.

Tapak Dara (Madagascar Periwinkle)

Tapak Dara atau dalam bahasa latin disebut sebagai Madagascar Periwinkle, merupakan tanaman gantung terbaik untuk dekorasi gantung. karakteristik dari tumbuhan satu ini adalah ketergantungannya terhadap paparan sinar matahari agar terus berkembang.

Tidak heran jika tapak dara mampu hidup di bawah paparan sinar matahari secara langsung karena ketahanannya terhadap panas. Oleh sebab itu, sangat cocok jika kamu letakkan sebagai hiasan di luar rumah.

Jenis-jenis Tanaman Gantung Indoor untuk Dekorasi Ruangan

Selain untuk menghias tampilan di luar ruangan, tumbuhan eksotis yang bisa digantung juga bisa diletakkan di dalam rumah. Fungsinya tetap sama, yakni mempercantik penampilan dekorasi huniam agar terlihat lebih menarik.

Tradescantia

Jika kamu menginginkan bentuk daun minimalis, Tradescantia mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Tumbuhan ini tidak memerlukan perawatan khusus karena hanya perlu kamu siram secara teratur selama musim panas agar daun-daunnya tetap segar.

Tanaman gantung tipe ini sangat cocok kamu letakkan sebagai penghias ruang tamu karena bentuknya yang minimalis. Bisa juga kamu letakkan di beranda atau teras rumah, asalkan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Devil’s Ivy

Devil’s ivy sangat populer sebagai tanaman di dalam ruangan karena mampu meningkatkan kualitas udara. Dalam bahasa latin, tumbuhan ini lebih terkenal dengan nama Epipremnum aureum, hingga istilah lainnya seperti ceylon creeper.

Seperti kebanyakan dari jenis tumbuhan ini, devil’s ivy, tumbuh dengan cara merambat. Bentuk daunnya seperti hati dan terlihat mengkilap, dan warnanya beraneka ragam seperti kuning dalam jumlah kecil sebagai corak.

Philodendron Brasil

Tanaman gantung seperti philodendron termasuk jenis varietas eksotis yang sering digunakan sebagai penghias ruangan. Daunnya berwarna hijau tua dengan corak kuning dan bisa tumbuh hingga menggantung beberapa meter seperti tirai.

Jika kamu rasa terlalu ‘menggantung’, Kamu bisa memangkasnya sesuai dengan selera agar terlihat lebih rapi. Sebagai bentuk perawatan, daun philodendron juga bisa kamu lap dengan kain lembab untuk menghilangkan debunya di permukaannya.


Beberapa pilihan dari tumbuh-tumbuhan yang juga bisa kamu gantung adalah grape ivy, lantana, marigold. Japanese wisteria dan lainnya. Corak dari masing-masing tanaman tersebut sangat eksotis, sehingga cocok sebagai penghias hunian.

Hiasan rumah berbasis tumbuhan dari jenis bunga-bungaan yang eksotis, merupakan pilihan utama bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah penggunaan model hanging plant alias tanaman gantung, sesuaikan dengan selera masing-masing.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with