Mencegah dan Menghilangkan Semut Pada Tanaman Hias

Keberadaan semut pada tanaman hias kita merupakan hal yang sangat mengganggu. belum lagi jika semut semut tersebut bersarang di media tanam. ada yang sudah pernah mengalaminya?

Pada dasarnya semut tertarik dengan sesuatu yang manis, kemungkinan karena keberadaan hama lain pada daun atau media tanam yang bersifat manis mengundang keberadaan semut tersebut.

Ada beberapa cara menghilangkan keberadaan semut pada tanaman hias baik dengan cara alami maupun dengan bahan kimia.

Bahkan bahan-bahan alami bisa loh kamu dapatkan dari dapurmu. Apa saja ya?

Menghilangkan Semut dengan Air Sabun Cuci Piring

Penggunaannya cukup sederhana, yaitu semprotkan larutan sabun cuci piring pada batang dan daun tanaman hiasmu. Sebaiknya cara ini dihindari untuk disemprotkan pada media tanam.

Jika semut sudah terlanjur bersarang pada media tanam, sebaiknya cara yang paling aman adalah mengganti keseluruhan media tanam dengan yang baru. Kemudian kamu bisa hindari menempatkan tanaman hiasmu pada tempat sebelumnya.

Cara pencegahan selanjutnya adalah memberikan kapur anti semut di sekitar tanamanmu ya.

Menghilangkan Semut dengan Air dan Cuka

Cuka yang merupakan senyawa kimia asam organik dapat kamu gunakan sebagai pengusir semut karena baunya yang menyengat. Rasa dan baunya itu lah yang menjadikan serangga dan semut tidak menggemari cuka.

Penggunaannya sendiri bisa kamu aplikasikan pada daun dan batang tanaman hiasmu. Bisa kamu aplikasikan pada media tanam hanya pada permukaannya saja. Tidak terlalu sering dan tidak terlalu banyak. Gunakan sprayer untuk pengaplikasiannya.

Jika semut sudah bersarang terlalu banyak cara ini kurang ampuh, sebaiknya gunakan cara repotting yang sudah bercocok bahas pada poin sebelumnya.

Mencegah Semut dengan Insektisida

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah pencegahan dengan menggunakan insektisida salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Furadan. 

Artikel Terkait:  Philodendron Xanadu Vs Philodendron Selloum

Selain semut, insektisida ini bisa mencegah beberapa serangga dalam media tanam. Caranya cukup mudah dengan menaburkan insektisida tersebut pada media tanam maupun mencampurnya pada saat peracikan media tanam.

Untuk dosisnya bisa kamu baca pada label kemasan furadan. Cara kerjanya insektisida ini akan di serap oleh akar dan disebar keseluruh organ tanaman sehingga semut/hama yang memakan tanaman tersebut akan mati.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

menjaga kelembaban tanaman hias

Menjaga Kelembaban Tanaman Hias

Sumber kebutuhan air untuk tanaman ternyata bukan hanya dari media tanam lho, tanaman juga membutuhkan kelembaban dari udara sekitar. Maka dari itu menjaga

© 2021 Bercocok.id • Built with