Kenalan dengan Keladi Tengkorak dan Perawatannya

Bentuknya yang unik membuat Keladi Tengkorak terlihat sangat cantik. Namun untuk beberapa orang Alocasia menjadi tanaman yang tergolong tidak mudah untuk dirawat.

Berikut bercocok akan membahas seputar Alocasia Cuprea, dan juga cara perawatannya.

Keladi Tengkorak atau Alocasia Cuprea

Keladi tengkorak adalah sebutan lain dari Alocasia Cuprea. Ciri daunnya yang menyerupai tulang rusuk manusia, maka tanaman ini memiliki julukan tersebut.

Ciri daun lainnya dari tanaman ini ialah memiliki tekstur daun mengkilap dan agak keras. 

Keladi Tengkorak Merah atau Alocasia Cuprea Red Secret

Yang membedakan Keladi Tengkorak Merah ini dengan tanaman sebelumnya ialah warna permukaan daun saja. Alocasia Red Secret memiliki warna daun yang sangat indah yaitu merah dan berpadu dengan silver. Memiliki tekstur daun yang mengkilap.

Tumbuhan ini tumbuh di seluruh asia khususnya Borneo, Kalimantan. Jika pada habitat aslinya di dalam hutan tanaman ini tumbuh mencapai 4 meter.

Harga Keladi Tengkorak

Harga tanaman ini sangat beragam, tentunya tergantung besar dan jumlah daun pada satu potnya. untuk ukuran baby dijual dengan harga sekitar 100ribu rupiah, untuk bentuk yang sudah dewasa dan rimbun harganya berkisar mulai dari 500 ribu rupiah.

Media Tanam Keladi Tengkorak

Tanaman ini menyukai media tanam dengan porositas yang baik, tidak terlalu menyimpan air terlalu banyak dan cepat kering. Media yang terlalu lama kering membuat tanaman ini menjadi rentan busuk.

Campuran media tanam yang mungkin bisa kamu coba adalah cocopeat dan perlite. 2 bahan itu cukup untuk media tanam Keladi Tengkorak. Sifat cocopeat yang menyimpan air, dan perlite yang membantu porositas serta memiliki ph yang normal. Perbandingannya juga harus kamu perhatikan, jangan terlalu banyak cocopeat. 

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tempat Beli Tanaman di Bandung

Jika kamu ingin menambahkan campuran media tanam lain bisa saja, seperti bebatuan vulkanik. Hanya saja akan lebih memakan biaya. 

Jika kamu sudah punya media andalan untuk Alocasiamu, tentunya bisa diaplikasikan juga untuk tanaman ini.

Penyiraman Keladi Tengkorak

Menyiram tanaman ini sama seperti dengan sebagian besar tanaman lainnya. Membutuhkan air yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga. 

Namun perlu diingat penyiraman yang berlebihan sangat berbahaya untuk tanaman anda karena bisa menyebabkan busuk akar.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah oksigen dalam akar. Hal tersebut sama pentingnya seperti cahaya dan air. Ketika media tanammu terlalu lembab maka oksigen tidak bisa masuk ke media tanam tersebut.

Hal tersebut menyebabkan akar tidak bisa bernapas dan membusuk.

Pencahayaan untuk Keladi Tengkorak

Alocasia Cuprea membuthkan cahaya yang tidak langsung untuk tumbuh. Jika terlalu banyak mendapat cahaya matahari daunnya akan cepat menguning.

Jadi pastikan tanamanmu mendapat cahaya yang cukup untuk berkembang.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tanaman calathea

Cara Merawat Tanaman Calathea

Untuk kamu yang memiliki calathea mungkin sering menemukan permasalah daun calathea yang menguning bahkan kering. Bagaimana ya cara merawat tanaman calathea? Memang tanaman

© 2021 Bercocok.id • Built with