Jenis Janda Bolong Tanaman Hias yang Wajib Kamu Punya

Siapa yang kenal tanaman hias satu ini, Janda Bolong tanaman hias merupakan tanaman hias popular di Indonesia.

Selain perawatannya yang mudah ternyata janda bolong memiliki bentuk daun yang unik sehingga menjadi pilihan beberapa orang sebagai penghias rumah.

Janda bolong yang paling popular di Indonesia adalah Monstera Adansonii. Tetapi selain jenis tersebut, terdapat jenis lainnya yang tak kalah cantik. Berikut adalah jenis janda bolong tanaman hias lainnya yang tak kalah cantik.

Jenis Janda Bolong Tanaman Hias

Monstera Acuminata

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman hias Janda Bolong yang memiliki daun hijau bertekstur tebal dan lembut.

Daunnya berbentuk menyerupai bentuk daun Adansonii, hanya saja tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebih lebar dan memiliki lubang yang lebih kecil pada daunnya.

Tanaman ini tumbuh secara merambat, jika kamu membiarkannya merambat di pepohonan maka tanaman ini bisa tumbuh sangat besar karena Acuminata merupakan tanaman epifit.

Monstera Obliqua

Termasuk tanaman hias janda bolong termahal, Monstera Obliqua memiliki bentuk daun serupa dengan yang lainnnya. Hanya saja tanaman ini memiliki lubang yang lebih lebar pada daunnya, sehingga memberi kesan bahwa bentuk daun seperti sarang laba-laba.

Tanaman ini juga memiliki tektur daun yang lebih tipis dibanding dengan yang lainnya, maka kamu harus lebih hati-hati. Apalagi mengingat harganya yang lumayan cukup mahal.

Monstera adansonii

Terkenal karena bentuk daunnya yang unik, tak heran tanaman ini disukai oleh banyak pecinta tanaman hias. Untuk perawatannya pun sendiri tanaman ini tidak lah sulit, bahkan cocok untuk kamu yang baru pertama kali ingin merawat tanaman hias.

Ciri dari tanaman ini juga mudah dikenali, berwarna hijau tua dan memiliki lubang di bagian daunnya.

Monstera Adansonii Varigata

Tanaman berikut merupakan versi varigata dari Monstera Adansonii. Varian tanaman hias janda bolong varigata ada 2 jenis, lokal dan jepang.

Tanaman ini memiliki ciri bentuk daun seperti Adansonii dan memiliki warna bercak putih pada daunnya seperti cipratan cat.

Untuk menjaga corak dari tanaman ini letakan dibawah sinar matahari tidak langsung. jangan terlalu banyak karena akan menyebabkan warna hijau pada daun yang terlalu dominan.

Karena tanaman ini tumbuh dengan merambat maka kamu bisa membantunya tumbuh dengan menggunakan turus lumut.

Penggunaan turus lumut akan membantu tanaman hias janda bolong varigata kamu tumbuh dengan maksimal karena akar angin akan menempel dan mengambil nutrisi pada lumut tersebut.

Monstera Adansonii Varigata Jepang

Tanaman ini memiliki corak varigata putih yang lebih jelas. Bahkan dalam satu daunnya bisa saja tanaman ini berwarna putih seutuhnya,

Perawatan tanaman ini sama seperti tanaman lainnya, jangan terlalu banyak melakukan penyiraman atau terkena cahaya matahari karena akan membakar daun varigatanya.

Corak putih pada daun tanaman ini mudah terbakar entah karena penyiraman yang berlebihan atau cahaya yang berlebihan.

Untuk harga sendiri, tanaman ini masih tergolong mahal karena permintaan yang banyak namun ketersediaan tanaman ini masih belum banyak.

Monstera Adansonii Varigata Mint

Variasi corak tanaman ini mirip seperti corak varigata lokal. Perpaduan warna kuning, hijau muda dan hijau tua yang membuat warna daun tanaman ini memiliki sensasi warna mint.

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebih kecil. Karena tumbuh dengan cara merambat kamu bisa membantunya menambahkan turus lumut untuk membuatnya merambat dan tetap mendapatkan nutrisi.

Jenis ini merupakan yang sangat langka sehingga memiliki harga yang lebih tinggi dibanding varigata jepang. Bahkan di alam liar tanaman ini sangat langka.

Untuk memperbanyak tanaman ini kamu bisa stek pada bagian nodes akar dan meletakannya pada wadah berisi air atau dengan lumut.

Setelah dua atau 3 minggu akar akan mulai tumbuh, ketika akar sudah lumayan panjang kamu bisa memindahkannya pada media tanam di dalam pot.

Untuk mempertahankan coraknya, caranya cukup mudah. Pastikan tanamanmu mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis.

Bersyukur karena tinggal di negara tropis, maka tanaman ini tidak teralalu rewel. Adansonii Mint menyukai suhu yang hangat dan tidak terlalu panas, di sisi lain tanaman ini juga kurang bisa bertahan pasa suhu yang terlalu dingin. Jika suhu tidak sesuai dengan sifat tanaman maka akan menimbulkan berbagai masalah.

Monstera Lechleriana

Sepintas tanaman ini sulit dibedakan dengan jenis tanaman hias janda bolong lainnya. Monstera Lechleriana merupakan tanaman hias yang indah dan masih tergolong langka.

Ukuran daunnya lebih besar jika dibandingkan dengan Adansonii dan Acuminata. Warna daun tanaman ini juga lebih terang.

Pada habitat aslinya di hutan Amerika tanaman ini tumbuh memanjat di pepohonan dan bisa berukuran sangat besar.

Pencahayaan untuk tanaman ini di habitat aslinya berada di bawah naungan pepohonan besar. Sehingga mendapat cahaya yang terang teduh, maka begitu pun jika kamu mau meletakan tanaman ini di dalam atau pekarangan rumah, tetap pastikan mendapat cahaya yang terang teduh.

Lakukan penyiraman pada tanaman ini sekitar 2 atau 3 hari. Sesuaikan juga dengan lingkungan sekitar kamu, pastikan media tanam nya tetap lembab. Jika overwatering juga tidak baik karena akan rentan mengalami busuk akar dan permasalahan lainnya seperti hama dan infeksi.

Monstera Esqueleto

Monstera Esqueleto memiliki bentuk daun menyerupai Obliqua, lubang-lubang pada daunnya besar besar.

Mungkin ada beberapa kesulitan untuk membedakan Monstera Esqueleto dengan jenis lainnya karena serupa.

Perbedaan utama monstera ini dengan yang lainnya adalah pada warna, tekstur daun dan pola lubangnya. Namun jika masih sangat muda tanaman janda bolong ini memang agak sulit untuk dibedakan.

Tanaman ini memiliki lubang yang besar dan warna daun yang lebih terang serta bertekstur lebih kasar. Monstera Esqueleto dapat tumbuh mencapai 2 kaki jika kamu letakan dalam ruangan.

Pemilihan media tanam dan pot merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam perawatan tanaman. Pilihlah pot dengan drainase lubang yang besar dan banyak. Sedangkan untuk media tanam kamu bisa menggunakan tanah yang ringan dan memiliki banyak ruang untuk akan tanaman tersebut bernafas.

Selain bahan dari media tanam, Ph pada tanah juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Ph yang baik untuk tanaman ini berada pada angka 5,5 – 7.

Pada habitat aslinya tanaman ini hidup di bawah naungan pepohonan besar, sehingga tetap terkena cahaya matahari namun juga tidak secara langsung.

Jika kamu ingin menanamnya di rumah pastikan mendapat cahaya matahari yang cukup. Baiknya mendapat cahaya matahari pagi sampai dengan batas jam 10, sedangkan sore mendapat cahaya matahari sore di atas jam 4.

Sama seperti jenis monstera lainnya, tanaman ini baiknya kamu siram 3 sampai 4 hari sekali menyesuaikan lingkungan mu, jika musim penghujan sebaiknya kurangi intensitas penyiraman.


Ternyata banyak jenis tanaman hias janda bolong, bahkan ada juga versi varigatanya. Kelangkaannya pun beragam dari yang sering kita temukan sampai yang paling langka. Dari yang paling terjangkau dari segi harga sampai yang mahal.

Untuk perawatannya pun tergolong mudah, kecuali untuk versi varigata mungkin kamu harus memberikan perhatian lebih dibandingkan dengan yang lainnya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

memperbanyak tanaman kuping gajah

Memperbanyak Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah adalah sebutan popular untuk Anthurium daun. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Tapi apakah kamu masih bingung

monstera deliciosa

Cara Memperbanyak Monstera Deliciosa

Tanaman Monstera Deliciosa memiliki cukup banyak penggemar. Daripada menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli lebih banyak, kamu bisa mempelajari cara memperbanyak Monstera Deliciosa

© 2021 Bercocok.id • Built with