Inspirasi Dekorasi Taman untuk Cafe Outdoor

Mengunjungi cafe dengan dekorasi taman menjadi salah satu pilihan menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Apalagi jika nongkrong bersama teman-teman yang lama tidak bertemu, bisa-bisa lupa waktu.

Selain menjadi penikmat cafe bergaya taman, kamu juga bisa jadi salah satu penggagasnya dan menghasilkan cuan dari usaha cafe bergaya unik ini. Terutama jika sudah ada lahan, tinggal membuat pengaturannya saja.

Pertama-tama kamu harus menentukan konsepnya dulu. Mau modern, vintage, atau mengusung gaya lainnya. Mau tahu bagaimana menciptakan konsep unik dan dekorasi menarik, bercocok akan berikan beberapa rekomendasi yang mungkin bisa kamu tiru.

7 Dekorasi Taman yang Pas untuk Cafe Outdoor

Saat ini orang-orang ngafe memilih yang dekorasinya beda dan unik. Jadi, bukan hanya fokus pada makanannya saja, tapi harus bisa mengombinasikan antara keduanya. Jika kamu tertarik membuat tempat tongkrongan bergaya taman, bisa coba salah satu inspirasi berikut.

Gaya Industrialis

Kata siapa rumah bergaya industrialis tidak bisa menjadi cafe? Malah gaya seperti ini membuat tampilannya akan semakin unik dan berbeda. Sulap halaman depan atau samping untuk membuat cafe ala taman.

Material utama menggunakan kayu, batu bata ekspos, dan berbagai tanaman hijau. Tanaman bisa mengisi bagian sudut-sudut atau menjadi penghias area masuk.

Kemudian ditambahkan sebagai hiasan meja dalam pot-pot ukuran kecil atau sedang. Furniture menggunakan material berbahan kayu yang dipernis dan bisa diselingi dengan bahan baja hitam atau kursi serta meja tempa.

Perpaduan konsep kaku dari tema industrial dengan sentuhan alami tanaman dan bebatuan di jalan masuk akan memberikan kesan menarik. Tamu juga jadi betah nongkrong dalam waktu lama.

Halaman Rumah dengan Patio

Dekorasi taman yang memiliki patio akan memberikan kesan super cozy dan cantik, bisa jadi tempat bersantai terbaik. Kalau punya halaman rumah seperti ini jangan hanya kamu nikmati sendiri, kamu bisa berbagi area tersebut dan menghasilkan cuan.

Coba tata dengan lebih rapi dengan menambahkan pepohonan hias juga elemen dekoratif satu tema, maka akan menghasilkan tempat nyaman bersantai. Apalagi ditemani dengan makanan dan minuman enak, sudah pasti akan ramai pengunjung.

Kamu bisa menambahkan bebungaan untuk memberikan warna serta aroma khas memikat. Untuk pemilihan meja kursi sebaiknya menggunakan bahan kayu karena terlihat lebih natural. Bisa pakai kayu berpelitur atau menggunakan cat warna-warni.

Namun, harus disesuaikan dengan patio yang dibangun dan disesuaikan peletakannya. Jangan lupa taruh lampu-lampu sebagai hiasan taman, bisa pilih lampu berwarna kuning lembut karena memberikan kesan cozy.

Gunakan Desain yang Memanfaatkan Pergola

Pilihan dekorasi untuk cafe outdoor lainnya yang cocok diterapkan di samping maupun depan rumah adalah menggunakan pergola di area duduk. Konsep ini akan memberikan kenyamanan kepada pengunjung sehingga betah berlama-lama.

Kamu akan memberikan pengalaman menyenangkan pada pengunjung sehingga mereka tidak kapok datang lagi. Karena konsep ini membuat pengunjung bisa menikmati suasana ruang terbuka tanpa khawatir terkena paparan cuaca.

Agar lebih unik, tambahkan tanaman rambat pada pergola sehingga menambah keunikan dan memberikan sejuk. Walaupun udara di luar sedang panas maupun hujan, pengunjung tetap bisa merasakan kenyamanannya.

Halaman Rumah Bergaya Santai

Dekorasi taman selanjutnya yang bisa kamu sulap menjadi tempat tongkrongan nyaman dan super cozy dengan memanfaatkan halaman rumah kamu. Tidak perlu terlalu luas, bahkan kamu bisa mengombinasikan lantai kayu di satu sisi dan sisanya rumput hijau.

Untuk menjaga kesan hijau dan nyaman tambahkan berbagai tanaman hijau atau bebungaan. Kamu bisa meletakkan beberapa pot tanaman atau menanamnya langsung di bagian tengah. Kamu dapat menggantinya dengan air mancur kecil sebagai aksen.

Untuk meja kursi gunakan acak saja, misalnya menggunakan sofa, kursi kayu, kursi besi tempa, atau lain sebagainya. Tabrak warna maupun bentuk tidak masalah, tapi pastikan peletakkannya tetap bisa membuat pengunjung nyaman.

Jangan lupa siapkan pot-pot bunga kecil untuk diletakkan di atas meja, kamu juga dapat menggantinya dengan tanaman lain misalnya kaktus. Beberapa meja bisa diberikan taplak maupun dibuat polosan, tergantung jenis mejanya.

Kesan Romantis Semi Outdoor

Dekorasi taman romantis juga bisa dijadikan ide cafe outdoor kamu. Coba buat taman bunga mawar di salah satu sisi halaman atau di bagian tengah area yang hendak dibuat sebagai area cafe.

Kamu dapat memilih mawar satu warna atau memadukan beberapa warna sehingga membuat tampilan lebih ramai. Kemudian bangun pelataran dari kayu dengan atap terbuat dari kayu atau atap tembus pandang.

Usahakan untuk bahan tiang, lantai, maupun atap terbuat dari bahan kayu sehingga membuat tampilan lebih natural. Tambahkan juga tanaman rambat untuk menjaga kekuatan naturalnya.

Bisa menambahkan tanaman gantung dengan bunga-bunga berwarna lembut. Kemudian tambahkan pepohonan di beberapa sudut.

Jangan lupa, perhatikan pemilihan furnitur. Padukan antara penggunaan sofa, kursi kayu, dan furnitur lainnya. Buat berjarak sehingga pengunjung tetap nyaman, terutama jika mereka ingin melakukan kencan romantis.

Berikan pelayanan ekstra dengan menyajikan live musik romantis serta pilihan paket romantis sehingga pengunjung akan datang lain karena layanan ekstra tersebut.

Konsep Fairytale

Bagaimana menciptakan dekorasi taman dengan tema fairytale? Sebenarnya, bukan hal sulit karena hanya perlu menciptakan suasana syahdu dan manis. Gunakan lampu-lampu peri untuk menguatkan konsep ini dan pilih area halaman menghadap barat.

Kesan magis dari matahari tenggelam ketika perlahan-lahan cahaya menghilang dari terang, lalu menjadi jingga hingga gelapnya malam diterangi cahaya lampu peri. Suasana seperti ini akan membuat tamu terpukau.

Seimbangkan dengan kehadiran pepohonan, tanaman, bahkan bebungaan. Jika bisa pilih bebungaan yang memunculkan aroma di malam hari. Dengan demikian kesan estetis layaknya taman negeri dongeng akan semakin terasa.

Bahkan di waktu-waktu tertentu, kesan magisnya akan lebih terasa. Konsep seperti ini sangat cocok dinikmati tamu yang ingin merasakan kesan alami atau back to nature tanpa harus benar-benar pergi ke alam liar.

Rumah Ala Paris

Dekorasi taman untuk cafe bergaya Paris juga patut dicoba karena tampilannya memang sangat estetis dan super cantik. Ambil contoh restoran dan cafe yang ada di Paris sebagai referensi.

Kamu bisa ambil contoh dari film-film atau jika beruntung datang langsung ke lokasi. Gunakan foto-foto sebagai referensi dan coba gunakan konsepnya di halaman rumah.
Kebanyakan konsep yang diangkat cafe-cafe Paris ini adalah klasik dan vintage, karena suasananya memberi kesan indah serta betah.Jadi, pengunjung akan datang lagi dan lagi.

Kamu bisa memanfaatkan furnitur rotan juga untuk memberi kesan unik. Lalu tambahkan tanaman-tanaman hijau serta bunga-bungaan untuk membuat kesan nature-nya.
Gunakan taplak meja berwarna, motif bunga, daun atau kota sebagai aksen menarik.

Jangan lupa tambahkan vas bunga dengan setangkai bunga tropis di masing-masing meja. Minimalis tapi tetap memberikan kesan nyaman bagi pengunjung. Kalau soal makanan bisa mengusung konsep western maupun menggunakan konsep lokal.

Namun, hindari menyajikan makanan yang terlalu berat, apalagi yang perlu peralatan makan merepotkan, karena tidak sesuai konsep santai cafe kamu.

Bagaimana, sudah terpikir mau membuat konsep yang bagaimana. Kamu bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa konsep, karena garden cafe bebas dikembangkan sesuai dengan keinginan ownernya.

Namun, pastikan sebelumnya untuk membuat perencanaan matang, mulai dari konsep juga budgeting. Dengan demikian, dekorasi taman untuk cafe benar-benar sesuai harapan dan membantu memberikan pemasukan buat kamu.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

daun janda bolong

Penyebab Daun Janda Bolong Menguning

Janda bolong sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias, karena bentuk daunnya yang unik dan dipercaya mampu menyerap udara yang kotor. Namun, kamu

bunga mawar

Tips dan Cara Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar menjadi salah satu bunga yang sudah sangat populer dan begitu disukai oleh masyarakat. Salah Satu daya tarik utama dari mawar baik

© 2021 Bercocok.id • Built with