Caladium Hybrid di Indonesia yang Populer

Caladium atau terkenal dengan nama keladi di Indonesia. Beberapa tahun terakhir jenis tanaman ini menjadi salah satu yang banyak diburu untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Bentuk unik dan warna cantik menjadikan keladi menjadi pilihan banyak pecinta tanaman hias, bahkan para pemain baru juga sangat menyukainya. Semakin unik, maka akan makin melejit harganya.

Salah satunya adalah jenis keladi hybrid atau terkenal dengan nama hibrida di Indonesia. Saat ini, jenis hibrida paling banyak dicari karena karakteristik pada daunnya yang sangat unik dan berbeda-beda antar tanaman.

Mengenal Apa Itu Caladium Hybrid

Bagi kamu yang belum tahu, tanaman keladi hibrida merupakan hasil persilangan antara dua jenis keladi dengan varian berbeda, bisa lokal maupun impor. Melakukan persilangan dengan tujuan untuk mendapatkan varietas baru yang memiliki warna daun berbeda dan unik.

Varietas baru ini menjadi incaran banyak kolektor karena hasilnya tidak sama antara satu tanaman dengan lainnya. Sebab kemunculan warna-warna hasil persilangan dua varietas tak tertebak sehingga kolektor tidak pernah bosan dan makin penasaran.

Tidak sedikit kolektor yang juga menjadi pembibit dengan melakukan persilangan sendiri. Sebab untuk melakukannya tidak sulit. Cara menyilangkan dua varietas keladi cukup dengan mengambil benang sari dan mengoleskannya ke kepala putik keladi lain.

Untuk melakukan persilangan diperlukan dua varian yang berbeda dengan syarat keduanya sehat. Sebab apabila salah satu memiliki penyakit, maka kemungkinan besar akan memengaruhi hasil persilangan.

Jadi, kalau kamu mau menghasilkan keladi hibrida yang bagus, maka pastikan kedua tanaman dalam keadaan sehat. Dalam praktiknya rumus persilangan dua varietas bisa menghasilkan (rumus biologi):

  1. 15% mirip indukan benang sari.
  2. 15% mirip indukan putik.
  3. 30% menghasilkan campuran dari kedua indukan.
  4. 40% kemungkinan mirip dengan leluhur dari salah satu atau kedua indukan.

Oleh sebab itu, satu biji hasil persilangan akan memiliki corak atau motif berbeda dengan biji lainnya. Kalau ada 10 biji maka ketika tumbuh kamu akan mendapatkan 10 variasi motif berbeda.

Caladium Hybrid yang Populer di Indonesia

Karena hasil silangan tak tertebak secara akurat, maka hasil yang akan kamu dapatkan juga akan menjadi kejutan dan baru dapat terlihat setelah keladi tumbuh serta berkembang dalam beberapa bulan.

Di Indonesia saat ini sudah banyak muncul keladi hibrida dan diberi nama series sesuai dengan varietasnya. Misalnya ada hack series, LC series, AC series. Namanya menyesuaikan dengan masing-masing pelaku persilangan.

Saat ini yang populer adalah seri hibrida lokal, yaitu persilangan antara dua indukan lokal. Jadi, yang digunakan adalah indukan keladi berasal dari Indonesia. Seperti hack, LC, dan AC series merupakan hasil persilangan indukan lokal.

Selain hibrida lokal, kolektor juga tertarik pada new hybrid impor. Salah satu motif yang sangat disukai adalah shychol atau cat tumpah.

Keunikan dari varietas ini adalah motifnya seperti cat tumpah, misalnya warna merah yang seolah tumpah pada bagian pinggir daun sehingga membuat warna daun terdiri atas hijau, putih di bagian tengah, lalu ada merah di bagian ujung.

Jenis keladi hibrida harganya cukup mahal. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan ada yang tembus hingga IDR 4,3 juta per pot. Jadi, bukan lagi dihitung per helaian daun seperti tanaman keladi hias pada umumnya.

Jenis tanaman hias ini masih memiliki pasar yang bagus hingga beberapa tahun mendatang, karena hasil persilangannya selalu menghadirkan warna dan motif baru. Jadi, peminatnya akan selalu penasaran dan tidak mudah bosan.

Apalagi perawatannya juga sangat mudah sehingga cocok buat peminat pemula dan baru belajar. Buat yang tertarik merawat keladi hibrida bisa mulai dengan membeli bibit semainya. Selain lebih murah, kamu juga akan mendapatkan kejutan dari motif daun yang muncul.

Jenis keladi hibrida makin lama makin populer di kalangan pecinta tanaman hias, karena menawarkan variasi beragam, unik, dan tidak terduga. Apakah kamu juga tertarik untuk merawat caladium hybrid ini? Selamat mencoba.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Janda bolong variegata

Janda Bolong Variegata, Jepang Vs Lokal

Pecinta variegata wajib punya yang satu ini. Tak bisa dipungkiri ya, tanaman Janda Bolong memang selalu menarik karena bentuknya yang unik. Beberapa tahun

© 2021 Bercocok.id • Built with