Bercocok

Jenis Hoya dan Cara Merawat

Kalau kamu ingin memelihara tanaman hias, tapi kurang suka dengan anthurium atau monsteri, bisa coba Hoya. Tanaman yang berasal dari Asia Timur ini punya bentuk tidak kalah cantik dan unik dibandingkan tanaman-tanaman hias populer lainnya.

Jenis tumbuhan ini dapat tumbuh optimal di berbagai wilayah Nusantara, bahkan di lokasi dekat garis khatulistiwa. Jadi,tidak perlu ragu untuk mencoba memeliharanya.

Satu lagi yang membuat banyak orang memeliharanya, karena aroma wangi dari bunga sehingga bisa membuat ruangan tempatnya berada beraroma wangi tanpa perlu pengharum ruangan.

6 Macam Hoya Beserta Cara Perawatannya yang Simpel

Sebenarnya, ada banyak sekali spesies yang bisa kamu pilih dan rawat di rumah, tapi kali ini kami hanya bisa menyebutkan 6 di antaranya. Bukan hanya menyebutkan spesies, tapi juga bagaimana cara perawatannya.

Cinnamomifolia

Ciri khas dari tanaman gantung ini adalah warna daun hijau tua. Kamu bisa menanamnya dalam media tanam biasa dengan tambahan sedikit perlit. Untuk perawatan sangat mudah seperti merawat kaktus atau sukulen.

hoya
instagram.com/mymelodia

Penyiraman tidak perlu setiap hari, hanya seminggu sekali saja sebab kebutuhannya akan air sangat minim. Tidak perlu sering penyiangan maupun perawatan lainnya, karena itu cocok bagi pemula.

Ketika berbunga akan memunculkan warna ungu tua dan hijau cerah. Hal paling berkesan pada cinnamomifolia adalah aroma khas ketika bunga mekar.

Kerri Variegata

Bentuknya merupakan ciri khas yang membuat Kerri Variegata berbeda dari tumbuhan lain dan membuatnya banyak diburu kolektor. Bentuk daunnya seperti hati dengan perpaduan warna hijau muda di pinggiran dan hijau tua di bagian sisanya.

Untuk bunga berbentuk bola dengan warna ungu, lalu setelah mekar kelopaknya akan memiliki warna putih atau kuning pucat. Kecantikannya akan membuat rumah kamu terlihat semakin cantik.

Artikel Terkait:  6 Jenis Tanaman Hoya dan Cara Merawatnya

Perawatannya cukup sederhana dengan media tanam biasa dan penyiraman sehari atau dua hari sekali. Kamu juga perlu menyiangi daun-daun tua dan kering.

Archboldiana

Ini merupakan tanaman gantung asli Indonesia, bentuknya mirip seperti cangkir dan sangat khas. Apalagi warnanya merah marun membuatnya tampil semakin indah. Kamu bisa meletakkannya di taman samping rumah atau di dalam ruangan.

Namun, jangan lupa untuk menyiram dan memastikan archboldianan mendapatkan sinar matahari. Jenis ini juga punya aroma khas dan semakin tercium di malam hari.

Lacunosa

Setiap jenis hoya memang memiliki keunggulan masing-masing. Seperti Lacunosa dengan warna hijau pekat pada daunnya, kemudian ada bunga berbentuk kecil berwarna putih bersih.

Bunganya bergerombol dengan aroma wangi sehingga membuat tampilan ruangan terlihat makin manis. Bisa juga diletakkan di teras sehingga membuat kamu makin senang menghabiskan waktu di rumah.

Parasitica

Jenis ini punya bunga dengan warna putih pucat atau merah muda, tapi di bagian tengah akan muncul warna ungu. Paling pas dipilih untuk orang yang kurang telaten memelihara tanaman, karena punya perawatan yang simpel.

Meskipun tidak rewel dalam perawatan, parasitica memiliki tampilan cantik sehingga akan cocok menjadi penghias teras maupun ruangan dalam rumah. Apalagi aromanya juga lembut.

Verticillata

Berikutnya adalah jenis tanaman yang mudah ditemukan dan seringkali tumbuh liar di hutan. Namun, kamu tetap wajib memilikinya apabila memang termasuk pecinta tanaman hias.

Bentuknya sangat unik, bunga berkerumun pada satu lingkaran hampir seperti bola, tapi setiap bunga berdiri sendiri dengan tangkai dan kelopak bunga mengarah ke luar dan ke dalam.

Ada berbagai variasi warna mulai dari putih, krem, hingga merah tua. Untuk bunga- bungan di ujung cabang terlihat menjuntai sehingga menambah kecantikannya. Perawatannya juga cenderung mudah, apalagi bisa bertahan di berbagai kondisi alam karena terbiasa tumbuh liar. Bagi pemula juga cocok untuk memeliharanya di rumah dan harganya juga tidak terlalu mahal.

Artikel Terkait:  6 Jenis Tanaman Hoya dan Cara Merawatnya

Buat kamu yang tertarik memelihara jenis tanaman-tanaman hias berbeda, bisa pilih salah satu atau semua jenis tumbuhan cantik di atas. Untuk mendapatkan tanaman hoya bisa beli di toko tanaman hias, toko bunga, atau beli daring.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

alocasia

8 Jenis Alocasia yang Paling Digemari

Alocasia merupakan keluarga Arum dan tanaman yang habitat aslinya tersebar di hutan hujan tropis Asia Tenggara. Tanaman ini sangat umum di temukan di

© 2021 Bercocok.id • Built with