5 Tanaman Hias Indoor dengan Cahaya Rendah

Share this Article
Tanaman hias indoor

Tanaman hias indoor tidak hanya dapat mempercantik interior ruangan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan kualitas udara dan mengurangi stres. Namun, tidak semua ruangan memiliki cahaya yang cukup untuk tanaman tumbuh dengan baik. Ruangan dengan cahaya rendah seperti dapur, kamar tidur, atau ruangan yang terletak di dalam gedung bertingkat mungkin sulit untuk menumbuhkan tanaman hias yang membutuhkan banyak cahaya matahari. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis tanaman hias indoor yang cocok untuk ruangan dengan cahaya rendah.

Tanaman Hias untuk Ruangan dengan Cahaya Rendah

1. Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria, juga terkenal sebagai lidah mertua, adalah tanaman hias yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini membutuhkan sedikit cahaya matahari dan dapat hidup dalam kondisi pencahayaan rendah. Sansevieria memiliki daun hijau tua yang menjulang tinggi dan terlihat menarik di sudut ruangan.

2. Philodendron

Philodendron adalah tanaman hias yang populer dan mudah tumbuh. Tanaman ini dapat hidup dalam kondisi cahaya rendah hingga sedang. Sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Philodendron memiliki daun hijau yang lebar dan tebal, dan dapat kamu temukan dalam berbagai varietas, termasuk yang berdaun besar dan kecil.

3. Pothos (Lingkaran Emas)

Pothos, juga dikenal sebagai lingkaran emas, adalah tanaman hias yang sangat cocok untuk ruangan dengan cahaya rendah. Tanaman ini memiliki daun hijau lebat dan berkilau, yang membentuk lingkaran emas di tengah daun. Pothos mudah tumbuh dan dapat hidup dalam berbagai kondisi lingkungan.

4. ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ Plant, juga dikenal sebagai Zamioculcas zamiifolia, adalah tanaman hias yang populer karena keindahan daunnya yang berwarna hijau gelap dan mengkilap. Tanaman ini sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang berbeda, termasuk cahaya rendah. ZZ Plant juga tidak membutuhkan banyak air dan dapat hidup dalam kondisi tanah yang kering.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tanaman Herbal yang Bisa Kamu Tanam indoor

5. Dracaena

Dracaena adalah tanaman hias yang indah dengan daun hijau tua dan panjang. Tanaman ini dapat hidup dalam kondisi cahaya rendah hingga sedang, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Beberapa varietas Dracaena termasuk Dracaena marginata dan Dracaena fragrans.

Kesimpulan

Jika Anda mencari tanaman hias untuk ruangan dengan cahaya rendah, maka Sansevieria, Philodendron, Pothos, ZZ Plant, dan Dracaena adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki keindahan estetika yang menarik, tanaman-tanaman tersebut juga sangat mudah tumbuh dan membutuhkan sedikit perawatan.

Namun, meskipun tanaman hias tersebut cocok untuk ditempatkan di ruangan dengan cahaya rendah, tetap perlu diingat bahwa setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk menempatkan tanaman hias di lokasi yang tepat di ruangan, seperti di dekat jendela atau di tempat yang terkena cahaya buatan.

Terakhir, perlu diingat bahwa selain menambahkan keindahan pada ruangan, tanaman hias juga dapat memberikan manfaat kesehatan seperti membersihkan udara dan mengurangi stres. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan tanaman hias di ruangan Anda, terutama jika Anda tinggal di area perkotaan yang padat dan minim area hijau.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,