5 Tips dan Trik Merawat String of Heart

Share this Article
String of heart

String of Heart atau Senecio rowleyanus adalah tanaman hias yang semakin populer di kalangan pecinta tanaman indoor. Tanaman ini terkenal dengan daun berbentuk bulat dan berwarna hijau yang tergantung dari tangkai tipis, menyerupai sebuah kalung. Selain keindahannya, tanaman ini juga mudah dirawat dan dapat bertahan dengan perhatian minimal.

Jika Anda sedang mempertimbangkan menambahkan tanaman ini ke koleksi tanaman indoor Anda, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu Anda merawat tanaman Anda dan menjaganya tetap sehat.

Tips Merawat String of Heart

Cahaya dan Suhu

String of heart menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Penting untuk menempatkan tanaman Anda di dekat jendela yang menerima banyak sinar matahari alami, tetapi hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat daun terbakar. Selain itu, tanaman ini tumbuh optimal pada suhu antara 60 dan 85 derajat Fahrenheit.

Penyiraman

String of heart adalah tanaman sukulen, yang berarti bahwa ia menyimpan air di daun dan batangnya. Oleh karena itu, tanaman ini tidak membutuhkan penyiraman yang sering. Bahkan, terlalu banyak penyiraman dapat menyebabkan busuk akar dan membunuh tanaman Anda. Siram tanaman anda hanya ketika tanah sudah benar-benar kering. Untuk memastikan drainase yang baik, gunakan pot dengan lubang drainase dan hindari menempatkan tanaman Anda di dalam air yang tergenang.

Tanah dan Pupuk

Tanaman ini tumbuh optimal pada tanah yang memiliki drainase yang baik. Campuran tanah yang dirancang khusus untuk tanaman sukulen akan cocok dengan baik. Anda juga dapat menambahkan perlit atau pasir untuk meningkatkan drainase. Beri pupuk tanaman Anda sekali sebulan selama musim tumbuh (musim semi dan musim panas) dengan pupuk seimbang.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Hias Agar Sehat dan Tumbuh Subur

Perbanyakan

Salah satu hal terbaik tentang tanaman ini adalah betapa mudahnya untuk diperbanyak. Anda dapat memperbanyak tanaman Anda dengan mengambil potongan batang dan menanamkannya di dalam air atau tanah. Pastikan potongan memiliki setidaknya dua daun dan beberapa inci batang. Letakkan potongan dalam campuran tanah yang memiliki drainase yang baik atau dalam sebuah wadah berisi air dan tunggu hingga akar tumbuh. Setelah akar telah terbentuk, Anda dapat menanam tanaman baru Anda dalam pot.

String of heart
chicagogardener

Pengendalian Hama

Meskipun tanaman ini umumnya tahan terhadap hama, tanaman ini masih rentan terhadap kutu daun dan tungau laba-laba. Untuk mencegah infestasi, periksa tanaman Anda secara teratur dan hapus hama apa pun yang Anda temukan. Anda juga dapat menggunakan insektisida alami seperti minyak neem untuk mengendalikan hama.


Secara keseluruhan, string of heart adalah tanaman yang indah dan mudah dirawat yang sempurna untuk ruang dalam. Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,