10 Rekomendasi Tanaman Hias Populer yang Mudah Dirawat

Share this Article
Tanaman hias populer

Menjaga tanaman di sekitar rumah adalah cara yang indah untuk menambah keindahan alami dan menyegarkan udara di sekitar Anda. Bagi mereka yang baru dalam dunia berkebun, mencari tanaman yang populer dan mudah dirawat adalah langkah awal yang cerdas. Dalam artikel ini, kami akan memberikan lima rekomendasi tanaman populer yang cocok untuk pemula dan mudah kamu rawat. Anda akan menemukan bagaimana tanaman-tanaman ini bisa menjadi aset berharga bagi taman atau ruang dalam rumah Anda.

Pohon Kaktus

Pohon kaktus adalah salah satu tanaman paling populer dan tahan lama di antara para pemula. Tumbuhan ini memerlukan sedikit air dan perawatan, membuatnya sempurna untuk orang yang memiliki jadwal sibuk atau sering lupa menyiram tanaman. Selain itu, pohon kaktus memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran yang menarik, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera dan gaya hiasan rumah Anda. Tempatkan kaktus di area yang terkena sinar matahari langsung untuk pertumbuhan yang optimal.

Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman lidah mertua atau Sansevieria dikenal karena kemampuannya untuk bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini sangat mudah dirawat dan sangat cocok untuk diletakkan di ruangan dengan sedikit cahaya atau bahkan cahaya neon. Lidah mertua memiliki daun tebal yang menampung cadangan air, sehingga tanaman ini dapat bertahan hidup dalam periode tanpa air yang panjang. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa Sansevieria membantu menyaring udara dan menghilangkan polutan dari ruangan.

Monstera (Monstera deliciosa)

Monstera adalah tanaman hias yang indah dan populer, terutama karena daunnya yang berlubang dan memiliki bentuk yang unik. Tanaman ini relatif mudah dirawat, meskipun sedikit lebih menuntut perhatian daripada kaktus atau lidah mertua. Monstera tumbuh subur di lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi dan cahaya sedang hingga terang. Penting untuk menyiramnya secara teratur dan memastikan bahwa tanahnya tetap lembab tetapi tidak tergenang air.

Lavender (Lavandula)

Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman dengan harum yang menenangkan dan bunga yang indah, maka Lavender adalah pilihan yang tepat. Lavender adalah tanaman yang cukup mudah dirawat, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan musim panas yang hangat dan kering. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang bebas dari genangan air. Selain keindahannya, lavender juga memiliki beragam manfaat, termasuk sebagai pengusir serangga alami dan bahan untuk pengobatan tradisional.

Artikel Terkait:  Tanaman yang Lagi Viral 2021 Untuk Hiasi Rumahmu

Pepaya Mini (Carica papaya)

Jika Anda memiliki ruang taman yang lebih luas, pertimbangkan untuk menanam pepaya mini. Tanaman ini menawarkan sejumlah buah lezat yang dapat dinikmati keluarga Anda. Meskipun pepaya mini memerlukan lebih banyak perhatian daripada tanaman lain dalam daftar ini, seperti penyiraman yang teratur dan pemupukan, tapi tidaklah terlalu rumit. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup dan lindungi dari serangan hama dengan cara yang ramah lingkungan.

Aloe Vera (Aloe barbadensis miller)

Aloe vera adalah salah satu tanaman hias paling serbaguna yang mudah dirawat dan bermanfaat. Tanaman ini terkenal dengan daunnya yang berdaging dan gel yang berlimpah di dalamnya. Gel aloe vera memiliki sifat penyembuhan dan menenangkan kulit, menjadikannya pilihan yang ideal untuk pengobatan luka ringan, peradangan, dan luka bakar. Aloe vera tumbuh subur di lingkungan dengan sinar matahari sepanjang hari atau setidaknya cahaya terang. Perlu diingat bahwa tanaman ini tidak menyukai tanah yang terlalu lembab, jadi pastikan untuk menyiramnya hanya saat tanahnya benar-benar kering.

Kupu-kupu (Asclepias)

Tanaman kupu-kupu atau Asclepias adalah pilihan menarik bagi para pecinta serangga dan kupu-kupu. Tanaman ini adalah rumah bagi larva kupu-kupu Monarch dan serangga lainnya, membuat taman Anda menjadi oase bagi keanekaragaman hayati. Asclepias tumbuh subur di banyak iklim dan tidak memerlukan perawatan yang intensif. Pastikan untuk menempatkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari langsung dan berikan cukup ruang untuk berkembang biak.

Kalatea (Calathea)

Untuk menambahkan sentuhan eksotis dalam ruang Anda, tanaman kalatea adalah pilihan sempurna. Kalatea memiliki daun indah dengan berbagai pola dan warna menarik. Keunikan tanaman ini terletak pada gerak daunnya yang “tidur” di malam hari dan “bangun” di pagi hari. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan dengan kelembaban tinggi dan sedikit sinar matahari langsung. Anda dapat meletakkannya di kamar mandi atau dekat dengan humidifier untuk membantu mempertahankan tingkat kelembaban yang tepat.

Artikel Terkait:  Ragam Jenis Tanaman Hias Colocasia

Paku Hias (Nephrolepis exaltata)

Paku hias adalah tanaman hias tanaman air yang populer dan mudah dirawat. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan dengan kelembaban tinggi dan cahaya rendah hingga sedang. Anda dapat meletakkannya di kamar mandi atau dapur, di mana kelembaban udara cenderung lebih tinggi. Selain itu, paku hias juga membantu meningkatkan kualitas udara dengan menyaring polutan dan melembabkan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga : Tanaman Hias Popular, Keladi, Aglaonema dan Janda Bolong

Pothos (Epipremnum aureum)

Pothos adalah salah satu tanaman hias populer lainnya yang sangat mudah kamu rawat dan cocok untuk pemula. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan dengan cahaya rendah hingga sedang, sehingga cocok untuk diletakkan di ruangan dengan sedikit jendela. Pothos juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari polutan seperti formaldehida, benzene, dan trichloroethylene, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk ditempatkan di dalam ruangan.

Menjaga tanaman hias populer yang mudah rawat adalah pilihan cerdas bagi pemula dalam berkebun. Pohon kaktus, lidah mertua, monstera, lavender, dan pepaya mini adalah beberapa rekomendasi tanaman yang dapat Anda pertimbangkan. Tanaman-tanaman ini tidak hanya menambah keindahan ruangan atau taman Anda, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan dan lingkungan. Cobalah untuk merawat tanaman dengan penuh kasih dan perhatian, dan Anda akan mendapatkan kebahagiaan serta kepuasan melihat mereka tumbuh dengan baik. Selamat mencoba

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,