Tips Merawat Tanaman Dolar, Tanaman Hias Mudah Dirawat

Share this Article
tanaman dolar

Memiliki nama Zamioculcas Zamiifolia atau biasa menyebutnya dengan ZZ Plant merupakan sebutan lain dari tanaman dolar. Buat kamu pecinta drakor pasti tidak asing dengan serial film Start-up. Kemunculan tanaman ini dalam film tersebut membuat namanya kembali popular.

Memang benar, tanaman hias satu ini mudah dirawat dan dibudidayakan, menjadi salah satu jenis tanaman yang tidak rewel dan cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba merawat tanaman hias.

Perawatan Tanaman Dolar Dalam Ruangan

Tanaman ini dapat kamu letakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Berikut adalah beberapa tips yang akan bercocok berikan untuk kamu yang ingin merawat tanaman Dolar di dalam ruangan.

Media Tanam

Gunakan media tanam yang poros misalnya (campuran sekam bakar, sekam mentah, tanah organik / alternatif cocopeat, pasir malang, perlite, dan andam). Dolar plant tidak menyukai tanah yang terus menerus basah dan lembab. Tanaman ini cenderung menyukai media tanam yang agak kering.

Sirkulasi udara

Walaupun kamu menaruh dolar plant dalam rumah, pastikan sirkulasi udara didalamnya. Letakan tanaman in pada ruangan yang mendapatkan angin dari luar. Contohnya ruang tamu atau di dekat jendela. Jangan meletakan tanaman ini pada ruangan yang pengap dan gerah.

Penyiraman

Jika kamu meletakannya di dalam ruangan, pastikan jangan menyiramnya terlalu sering. penyiraman bisa dilakukan kurang lebih 1 minggu sekali.

Gunakan Pot terakota agar semakin cantik

Karena sifat pot terakota yang cocok dengan tanaman ini kamu bisa menggunakannya untuk mempercantik tanamanmu. Pot terakota membuat media tanam menjadi lebih cepat kering. Maka sangat cocok untuk Dolar plant.

Cahaya Matahari

Agar pertumbuhannya tidak terlalu lambat dan warna daunnya segar, kamu bisa meletakan tanaman ini pada sudut ruangan yang mendapat cahaya matahari yang terang.

Artikel Terkait:  Kenali Penyebab Akar Tanaman Busuk dan Solusinya

Tips lainnya

Agar pertumbuhannya semakin bagus, kamu bisa 1 atau 2 minggu sekali mengeluarkan si Dolar plant agar mendapat udara segar, terutama jika sedang hujan dan kebetulan tanaman mu belum disiram. kamu bisa memanfaatkan air hujan untuk menyiram tanamanmu.

Lalu Bagaimana Perawatan Tanaman Dolar di Luar Ruangan

Tidak perlu ragu menaruh tanaman ini pada luar ruangan karena tanaman dolar dapat beradaptasi dengan cahaya matahari langsung dan tidak langsung.

Media Tanam

Untuk media tanam, kamu bisa gunakan campuran yang sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu campuran sekam bakar, sekam mentah, tanah organik / alternatif cocopeat, pasir malang, perlite, dan andam.

Penyiraman

Jika kamu meletakan tamanan ini di luar ruangan maka lakukan penyiraman kurang lebih 3-4 hari sekali. Atau kamu bisa lakukan penyiraman jika media tanam sudah kering.

Intensitas penyiraman sebaiknya kamu kurangin ya dimusim penghujan.

Cahaya Matahari

Tanaman ini bisa beradaptasi dengan cahaya matahari langsung. Namun jika kamu meletakan tanaman ini di bawah naungan pohon yang besar atau paranet juga bisa ya.


Tanaman dolar merupakan jenis tanaman yang perawatannya mudah. Apalagi jika kamu meletakan tanaman ini di halamanmu, maka pertumbuhannya akan sangat baik.

Lakukan repoting jika dalam satu pot sudah berisi penuh tanaman ini. untuk mencacahnya pun sangatlah mudah. kamu hanya perlu memotong batang dolar plant dan tancap langsung pada media tanam.

Wah, semoga tips ini membantu ya.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,