Tips Merawat Philodendron Gloriosum Anti Ribet

Halo semuanya, siapa yang udah punya Gloriosum atau baru banget adopt dari seller nih? Artikel kali ini akan membahas tips merawat Philodendron Gloriosum nih.

Philodenedron satu ini tergolong mudah cara merawatnya. Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, kalian sudah tau kalau Gloriosum sendiri memiliki 3 macam jenisnya loh. Apa aja sih? Simak disini ya.

Kali ini bercocok akan kupas tuntas perawatan Philodendron Gloriosum dari mulai penyiraman, media tanam, pot, pupuk, insektisida, hama dan lain-lain.

Tips Merawat Philodendron Gloriosum

Media tanam

Sebelumnya bercocok mau kasih disclaimer kalo soal media tanam ini gabisa ‘saklek’ 100% harus mengikuti ya.

Karena pada dasarnya pemilihan campuran metan itu tergantung kebutuhhan penyiraman kalian dan lingkungan di kebun atau rumah kalian.

Contoh, jika kalian suka menyiram dan hobi menyiram maka pilih media tanam yang banyak mengandung bebatuan. Tapi kalau sebaliknya kalian pilih media yang dapat menyimpan air cukup lama.

Campuran Media Tanam Aroid

  • pine bark
  • sekam bakar / arang (ukuran kecil)
  • pupuk organik / pupuk kandang
  • perlite
  • cocopeat

Seperti yang sudah dikatakan, untuk takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing ya. 

Penyiraman

Pada dasarnya Philodendron Gloriosum tidak terlalu menyukai air. Tidak ada waktu tertentu dalam seminggu harus berapa kali penyiraman.

Caranya adalah kamu bisa menggunakan pot bening, cara ini sangat membantu untuk melihat kandungan air di dalam pot.

Dan masukan jari kamu ke dalam pot untuk merasakan apakah media sudah benar benar kering. Karena sebaiknya untuk Philodendron kamu menyiramnya saat media tanam sudah benar benar kering.

Artikel Terkait:  5 Perbedaan Philodendron dan Photos yang Harus Diketahui

Sinar Matahari

Hampir semua tanaman kurang suka dengan sinar matahari langsung. Begitu juga dengan Philodendron Gloriosum, maka jangan letakan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung tanpa naungan pohon besar atau paranet ya, bisa bisa daunnya hangus terbakar.

Yang paling baik meletakan tanaman ini di tempat yang masih mendapat cahaya matahari tetapi teduh.

Kamu bisa meletakan tanaman ini di dalam ruangan, tapi tanaman ini akan tumbuh jauh lebih baik kalau kamu letakan di halaman rumah.

Pot

Perlu kamu ketahui Philodendron Gloriosum merupakan tanaman yang tumbuh ke samping, tidak merambat seperti kebanyakan Philodendron lainnya.

Jadi tips dari bercocok jika Gloriosum kamu sudah besar atau dewasa ganti ke pot yang memanjang kesamping.

Tapi jika ukuran tanaman masih baby atau remaja tidak masalah menggunakan pot yang bulat.

Pupuk

Pernah melihat Gloriosum yang daunnya sangat sangat besar? Selain perawatannya yang sudah benar lalu gunakan pupuk untuk tetap memberikan nutrisi pada tanaman.

Pertama kamu bisa memakai pupuk slow release, salah satunya dari osmocote 13-13-13. Pupuk tersebut memiliki unsur unsur yang seimbang.

Kalau kamu mau daun yang besar coba osmocote 17-11-10. Pupuk ini akan merangsang tumbuhnya daun dengan baik dan bagian akar juga, supaya perkembangan tumbuhan dapat maksimal dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama.

Pupuk tersebut kamu gunakan dalam jangka waktu yang panjang ya, seperti 6 bulan sekali. Jangan terlalu sering.

Selain itu, kamu bisa menggunakan pupuk organik cair atau serum tanaman. Variasinya banyak seperti, fermentasi urin kelinci, formulex, super drive, dan lain-lain.

Hama dan Insektisida

Paling sering ditemukan hama pada Gloriosum adalah kutu putih, karena daunnya yang velvet. Langkah yang harus kamu ambil jika tanaman mu terserang hama ini yaitu pisahkan dahulu dari tanaman lain karena takut menular.

Artikel Terkait:  Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Lalu kamu lap dengan klain atau tissue basah si hama pada tanamanmu. Semprot dengan curacon, kamu juga bisa menggunakan balmulat atau decis.

Yang perlu di perhatikan saat memakai insektisida adalah jangan semprot di siang hari karena dapat membakar daun. Pilih jam antara 7-8 pagi atau 5-6 sore.

Lakukan secara berkala pengecekan hama pada tanaman. Insektisida bisa kamu gunakan untuk pencegahan juga. Gunakan 10 hari sekali agar tanamanmu terhindar dari hama seperti ulat, belalang, spidermites, kutu putih dan lain-lain.

Jika kamu menemukan siput dihalaman mu segera singkirkan ya itu juga berbahaya karena siput pemakan daun, bisa bisa tanamanmu habis dalam waktu semalam.

Jika kamu menemukan siput, salah satu insektisida yang bisa kamu gunakan adalah Wasitox.


Cukup mudah ya perawatan Gloriosum, kamu juga bisa mengaplikasikan ini pada jenis Philodendron lainnya lho. Selamat berkebun teman-teman.

Share this:

Tinggalkan komentar