Tips Merawat Philodendron Burle Marx Variegata

Dalam artikel ini bercocok akan memberikan tips yang akan membantu kamu untuk merawat si salah satu Philodendron ramah dikantong ini. Philodendron Burle Marx dinamain seperti penemunya yaitu, Roberto Burle Marx. Tamanan ini merupakan tanaman semak tropis di habitat aslinya.

Tanaman ini memiliki versi variegata yang harganya cukup mahal. Harga burle marx variegata berkisar mulai dari 200 ribu perpotnya. Perawatannya pun hampir sama. Apa saja sih yang harus di perhatikan dalam merawat tanaman ini? Yuk simak!

Pencahayaan

Tanaman toleran terhadap cahaya yang sangat rendah, Philodendron Burle Marx sangat tumbuh baik di cahaya terang teduh. Jangan letakan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat daunnya memiliki noda hitam dan lama-lama daunnya akan terbakar.

Untuk yang Variegata, agar coraknya tetap menor kamu perlu memberikan asupan sinar matahari yang banyak. Tetapi tetap teduh dalam naungan paranet atau pohon yang rimbun. Tetap jauhkan dari sinar matahari langsung ya.

Penyiraman

Tanaman ini menyukai tanah yang lembab dan tidak basah, biasanya untuk penyiraman tergantung lingkungan tempat tinggal kalian masing-masing.

Siramlah tanah ketika sudah mulai kering saja. Jika permukaan tanah masih agak lembab jangan lakukan penyiraman lagi. Biasanya untuk daerah yang kurang lembab penyiraman dilakukan 3 kali sehari untuk pot ukuran diameter 15.

Jika ragu, kamu bisa menggunakan pot transparant atau bening agar mudah memantau media tanamnya.

Media Tanam

Philodendron Burle Marx menyukai tanah yang poros dan tetap menyimpan kelembaban air. Mungkin kamu bisa memakai campuran cocopeat untuk menyimpan air, lalu campur dengan sekam bakar dan bebatuan untuk membuat porositas dalam media tanam.

Artikel Terkait:  Tips Cara Merawat Philodendron Plowmanii dan Majestic

Karena Burle Marx merupakan tanaman aroid, maka sangat bagus jika kamu memakai campuran media kayu seperti andam dan pine bark. Gunanya agar akar tanaman nyaman seperti di habitat aslinya.

Suhu dan Kelembaban

Beruntunglah kita tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Suhu ideal untuk tanaman ini berada pada 16-24 derajat celcius. Jika dibawah 10 derajat maka pertumbuhan tanaman ini akan terhenti.

Tanaman ini tumbuh dengan baik pada kelembaban yang tinggi, tetapi bukan berarti pada kelembaban yang rendah tanaman ini tidak akan tumbuh. Tetap tumbuh tetapi tidak maksimal.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tempat beli tanaman di bandung

Rekomendasi Tempat Beli Tanaman di Bandung

Berencana untuk memulai kegiatan berkebun karena banyak waktu luang di rumah? Ide bagus! Bercocok akan rekomendasikan tempat beli tanaman di Bandung. Selain menyehatkan

Berkenalan Dengan 12 Jenis Syngonium

Kali ini bercocok akan ngebahas beberapa jenis si cantik Syngonium, karena jenisnya banyak sekali ada beberapa tanaman yang serupa tapi tak sama loh.

© 2021 Bercocok.id • Built with