Bercocok

Tips dan Cara Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar menjadi salah satu bunga yang sudah sangat populer dan begitu disukai oleh masyarakat. Salah Satu daya tarik utama dari mawar baik itu bentuknya yang sangat indah. Selain memiliki bentuk yang indah, bunga satu ini juga memiliki aroma yang sangat khas.

Oleh karena itu, ada banyak orang yang menjadikan mawar sebagai hadiah kepada orang-orang terkasih di momen spesial. Perlu kamu ketahui ternyata untuk menanam sendiri juga tidak sulit untuk dilakukan.

Kamu bisa menjadikan mawar sebagai tanaman hias di sekitar rumah agar tampak lebih indah dan sejuk. Keindahan mawar yang sudah terkenal hingga penjuru dunia menjadikan rumah kamu akan terlihat lebih menarik jika kamu menanam bunga mawar.

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin menanamnya yaitu adalah perawatannya. Ada berbagai macam jenis mawar yang bisa kamu tanam sendiri di rumah. Warnanya sendiri juga sangat beragam ada yang putih, merah, dan lain-lain.

Cara Merawat Bunga Mawar

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika untuk merawat bunga ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut Beberapa tips dari kami jika kamu tertarik untuk menanam mawar sendiri supaya tumbuh dengan subur dan memiliki bunga yang cantik.

Media tanam

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika akan menanam mawar di rumah ya itu adalah media tanam yang kamu gunakan. Media tanam yang baik untuk mawar yaitu tidak terlalu gembur dan juga tidak terlalu keras.

Dengan media tanam yang baik nantinya mawar bisa tumbuh dengan subur. Jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup bisa juga menanam mawar dalam pot. Sangat disarankan untuk memilih pot dengan ukuran besar ketika ingin menanam mawar di dalam pot.

Artikel Terkait:  Berbagai Tanaman Hias Bunga untuk Hunian Lebih Berwarna

Lakukan penyiraman secara rutin

Salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan yaitu adalah menyerang secara rutin. Kamu bisa menyiram mawar pada siang dan sore hari dengan intensitas sedang. Agar tidak merusak media tanam sangat disarankan untuk menyiram dengan menggunakan teko penyiraman.

arena jika langsung menggunakan selang dengan tekanan tinggi mungkin akan merusak struktur media tanam.

Salah satu hal yang perlu menjadi catatan penting yaitu jangan terlalu banyak menyiramkan air. Karena mungkin saja ketika terlalu banyak disiram justru akan membuat tanaman ini mati.

Berikan sinar matahari yang cukup

Tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memberikan sinar matahari yang cukup pada tanaman bunga mawar.

Salah satu hal yang perlu menjadi catatan yaitu jangan terlalu banyak terkena sinar matahari karena dapat membuat bunga yang layu, akan tetapi juga Jangan sampai tidak terkena sinar matahari sama sekali.

Rapikan secara rutin

Ketika kamu melihat bagian tanaman yang sudah mengering atau busuk sebaiknya langsung dipangkas menggunakan gunting tanaman. Hal tersebut sangat berguna untuk membuat mawar tumbuh lebih subur.

Kamu tidak boleh memotongnya secara sembarangan, tetap perhatikan cara memotong yang baik agar tidak merusak tanaman. Lakukan pemeriksaan secara rutin apakah ada bagian yang perlu dipotong atau tidak.

Jaga dari serangan hama

Salah satu hal yang bisa menyebabkan tanaman mawar tidak tumbuh dengan subur atau mati yaitu adalah serangan dari hama. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan tempat sekitar dan juga beberapa serangga yang mungkin menempel.

Memiliki mawar yang bentuknya sangat indah di pekarangan rumah tentunya menjadi sangat menyenangkan. Berikut di atas cara merawat bunga mawar supaya bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Mawar Dengan Mudah

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tanaman hias janda bolong

5 Fakta Tanaman Hias Janda Bolong

Tanaman Janda Bolong. Ya, jenis tanaman ini sedang berada di puncak popularitas di antara banyaknya tanaman hias daun. Mengapa bisa sangat populer? Tanaman

© 2021 Bercocok.id • Built with