Tips Budidaya Tanaman Lidah Mertua Beserta Manfaatnya

Tanaman lidah mertua merupakan salah satu varietas tumbuhan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tidak hanya sebagai hiasan untuk mempercantik halaman rumah, lidah mertua juga memiliki banyak manfaat dari segi Kesehatan.

Oleh sebab itu, tumbuhan satu ini merupakan jenis yang paling sering ditanam atau dibudidayakan untuk dijual kembali. Jika Kamu tertarik untuk menanamnya, ada beberapa cara mudah berikut ini sebagai panduan.

Tanaman Lidah Mertua Secara Rutin agar Tumbuh Subur

Jika Kamu seorang pemula, ada baiknya jika memperhatikan setiap proses penanaman agar tumbuhan bisa berkembang dengan baik. Pertama adalah penggunaan bibit berkualitas, memilih pot yang sesuai, siram dan beri pupuk. 

Gunakan bibit berkualitas

Bibit berkualitas merupakan syarat utama jika ingin mendapatkan hasil berupa tumbuhan yang mampu berkembang dengan baik. Kamu bisa memperolehnya dengan cara membeli atau mengambil hasil stek dari tanaman yang ada.

Bibit tanaman lidah mertua berkualitas tinggi, dianggap mampu menghasilkan tumbuhan dengan kualitas unggul jika kamu tanam dengan baik. Jangan lupa untuk selektif dalam memilih jenis pot karena bisa mempengaruhi hasil akhirnya.

Jangan sembarangan dalam memilih pot

Pot sebagai wadah dari tumbuhan harus kamu pilih dengan selektif karena memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan lidah mertua. Semakin besar dan tinggi ukuran dari tanaman tersebut, makan besaran pot juga harus mengikutinya.

Masing-masing pot terbuat dari beberapa material seperti tanah liat, keramik, hingga plastik. Pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan, dan kemudian isi dengan media tanam yang terdiri dari sekam hingga tanah.

Gunakan media tanam yang berkualitas

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik jika media tanamnya mendukung untuk proses tersebut. Kamu bisa menggunakan sekam bakar dengan campuran pasir dan pupuk organik, dengan takaran 1:1:1.

Perhatikan juga kandungan unsur hara pada tanaman, apakah telah sesuai dengan karakteristik lidah mertua yang akan kamu tanam. Jika telah selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pemupukan dan penyiraman secara rutin.

Rutin Berikan pupuk dan siram

Penyiraman dan pemupukan terhadap tanaman lidah mertua yang dilakukan secara rutin, merupakan salah satu kunci keberhasilan budidaya. Hanya saja, intensitasnya perlu kamu perhatikan karena tumbuhan tersebut bertahan hidup di tempat-tempat kering. 

Saat melakukan proses ini, usahakan lakukan secara bertahap dan secukupnya saja. Tujuannya hanya untuk memberikan asupan berupa air pada tanaman, sekaligus membantu menyuburkan tanaman dengan cara menjemurnya di terik matahari.

Perbanyak jumlahnya dengan cara stek

Kamu juga bisa memperbanyak jumlah tanaman lidah mertua dengan cara melakukan pemisahan pada tunas baru yang muncul. Perhatikan, proses ini boleh kamu lakukan jika usia tunas telah mencapai 2-4 bulan ketika muncul.

Biasanya, indukan lidah mertua akan mengeluarkan tunas saat umur tanaman telah mencapai usia satu tahun. Prosesnya adalah mengambil tunas sebanyak tiga helai, bersihkan, taruh di pot, beri pupuk, dan siram.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua yang Wajib Kamu Ketahui

Ada beberapa manfaat dari tumbuhan tersebut jika mampu merawatnya dengan baik. Mulai dari membersihkan udara dari polutan berbahaya secara alami, hingga mencegah paparan gelombang radiasi dari peralatan eletronik.

Secara alami membersihkan udara kotor

Polutan berbahaya yang berada di udara merupakan ancaman terbesar bagi kesehatan manusia sering terhirup oleh manusia. Efeknya tentu akan menimbulkan gangguan seperti sesak nafas, flu, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. 

Tanaman lidah mertua dianggap mampu membersihkan polutan berbahaya tersebut karena bisa menyerap CO2 atau karbon monoksida. Selain itu, kemampuan lainnya adalah menghasilkan oksigen sehingga bisa bermanfaat untuk manusia di sekitarnya.

Mencegah radiasi alat-alat bermuatan elektrik

Kemampuan ini mungkin sangat jarang disadari karena lidah mertua dianggap hanya sebagai penyaring polutan udara secara alami. Padahal, tumbuhan ini mampu mengurangi tingkat paparan radiasi dari benda-benda elektronik di sekitarnya.

Oleh sebab itu, sangat baik jika meletakkan tumbuhan tersebut di dekat benda-benda elektronik seperti monitor, TV, dan sebagainya. Selain lebih sehat, suasana ruangan juga terlihat lebih cantik dengan nuansa hijau.

Sebagai salah satu jenis tumbuhan yang mudah dibudidayakan, tidak heran jika keberadaannya sangat disukai oleh banyak orang. Oleh sebab itu, kunci untuk mendapatkan tanaman lidah mertua berkualitas terletak pada budidayanya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with