Bercocok

Tanaman Buah Yang Cocok untuk Halaman Rumah

Saat ini, sedang viral kegiatan menanam tanaman buah di halaman rumah. Selain berfungsi sebagai penghijauan, buah – buahan yjuga dapat dikonsumsi secara pribadi. Meskipun butuh perawatan, namun hasil buah – buahannya nanti akan memuaskan hati.

Banyak masyarakat mengeluh karena cuaca panas di Indonesia. Terutama di beberapa kota besar dan padat kendaraan seperti Surabaya dan Jakarta. Lalu untuk mengatasi hal ini, mereka melakukan penghijauan dengan menanam tidak hanya bunga namun juga buah – buahan.

Tanaman ini ada yang memiliki masa pertumbuhan lama atau sebentar. Namun jika sudah tumbuh besar, mereka akan menghasilkan buahan dengan cepat sehingga bisa kamu konsumsi. Menanam tanaman seperti ini di halaman rumah akan memberikan kesan seperti kebun alami.

Sebuah rumah jika dibangun tanpa tanaman maka rasanya akan sangat gersang. Itulah mengapa, banyak masyarakat menanam sendiri pohon buah atau membeli yang sudah tumbuh besar untuk diletakkan di halaman rumah. Inilah buah yang cocok kamu tanam di halaman rumah.

Tanaman Buah yang Cocok untuk Halaman Rumah

Tidak sedikit, masyarakat yang menanam pohon buahan di halaman rumah sesuai dengan selera buah kesukaannya. Hal ini, agar jika pohonnya bertumbuh, akan menghasilkan buah – buahan yang bisa dipanen dan dimakan sepuasnya.

Mangga

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menanaman mangga di halaman rumahnya. Selain karena rasanya enak, pohon mangga juga memiliki daun – daun lebat sehingga mengurangi rasa panas di rumah.

Biasanya, mangga tertanam dalam keadaan sudah jadi pohon besar. Karena menumbuhkannya dari menanam biji tentu akan memakan waktu lama. Jika ingin pohon mangga tumbuh semakin lebat, cobalah untuk sering memangkas daunnya.

Jeruk

Tanaman ini merupakan salah satu jenis buah yang disukai karena rasanya antara manis dan kecut. Jeruk juga mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk tubuh. Jeruk memang tidak tumbuh sangat besar seperti pohon lainnya namun bisa kamu tanam dalam pot.

Inilah yang membuat tanaman buah jeruk cocok kamu letakkan di halaman. Bukan sebagai pelindung dari panas namun sebagai hiasan. Selain bagus, jeruk tidak sulit untuk kamu besarkan. Buahnya juga dapat dipanen dengan mudah dan cepat.

Rambutan

Rambutan tergolong tanaman yang mudah menumbuhkan buah – buahannya. Daunnya juga sangat lebat sehingga cocok sebagai pelindung dari panas. Meskipun banyak semut di pohon rambutan ini, tetapi manfaat rambutan sangat banyak bagi penanamnya.

Seperti mangga, rambutan cocok mengurangi panas. Sehingga sangat sempurna jika kamu tanam di perumahan dekat jalan raya dengan jumlah pengendara padat. Rambutan juga akan menjadi penukar oksigen dan karbondioksida yang baik.

Srikaya

Sering kali menanam srikaya di halaman rumah namun tidak tahu kapan srikayanya tumbuh. Hal ini karena srikaya tidak terlihat saat tumbuh, warnanya cukup mirip dengan daun – daunnya sehingga menyamarkan dirinya.

Namun, rasa srikaya sangat enak sehingga menjadi tanaman yang sering ditanam oleh orang – orang. Tidak hanya itu, cara menanamnya tidak sulit. Tumbuh besar pohonnya juga tidak setinggi pohon pada umumnya serta ringan jika ingin kamu pindahkan kemanapun.

Jambu

Tumbuhan jambu ini juga sering ditanam di halaman rumah. Cara menanamnya langsung di tanah karena tumbuh pohon jambu tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu kecil, sehingga tidak perlu pot. Tingginya seperti tinggi manusia atau lebih dari itu.


Menanam merupakan kegiatan menyenangkan apalagi jika tujuannya untuk membuat halaman terlihat lebih segar. Akan lebih menyenangkan jika menanam tanaman buah juga di halaman rumah untuk hiasan sekaligus dipanen sendiri hasilnya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Propagasi tanaman

Jenis Media untuk Propagasi Tanaman

Apa sih itu propagasi tanaman? Sebelum kita memasuki inti artikel kita bahas dahulu tentang propagasi. Propagasi tanaman merupakan upaya untuk memperbanyak tanaman. Terbagi

© 2021 Bercocok.id • Built with