Rekomendasi Tanaman Outdoor yang Tahan Panas dan Hujan

Salah satu cara untuk mempercantik hunian adalah dengan menghadirkan tanaman outdoor di pekarangan rumah. Adapun tampilan sangat elok dan bernilai estetik.

Salah satu cara untuk mempercantik hunian adalah dengan menghadirkan tanaman outdoor di pekarangan rumah. Selain menciptakan kesan estetik,

merawat tanaman juga memberikan segudang manfaat seperti membersihkan udara dari polutan hingga memberikan kesejukan tersendiri.

Namun, memilih tanaman hias untuk outdoor atau di luar ruangan janganlah sembarangan. Pilihlah tanaman yang tahan dengan sinar matahari juga air hujan yang turun. 

Sekedar informasi, tanaman hias outdoor tentu memiliki karakter yang kuat, itu sebabnya mereka tahan dengan cuaca ekstrem. Artinya lagi, kamu tak perlu khawatir jika ingin merawat tanaman hias di luar ruangan. 

Nah, kira-kira apa saja sih tanaman hias versi outdoor yang cocok untuk pekarangan rumahmu? Yuk langsung simak ulasannya!

Rekomendasi Tanaman Hias Untuk Pekarangan Rumahmu

Kaktus

Yang harus kamu tahu, sebagian besar kaktus dikirim langsung dari Amerika Utara, Tengah, Selatan ke beberapa negara di dunia. Batangnya yang berlapis lilin ternyata berfungsi untuk menyimpan cadangan air, sehingga bisa bertahan di cuaca yang panas. 

Tak perlu khawatir, kini banyak sekali jenis kaktus yang bisa kamu tanaman menjadi tanaman hias di luar ruangan. Kerennya, kamu tak perlu menyirami setiap saat, cukup dua kali dalam sebulan.

Cycads

Jenis tanaman hias outdoor tahan panas selanjutnya adalah cycads atau biasa disebut sikas. Meski visualnya kurang menarik, namun tetap saja bisa memberikan kesan eksotis. Selain itu kamu juga mudah merawat tanaman ini, kamu bisa memasukkannya ke dalam pot mini. 

Artikel Terkait:  Philodendron yang Sedang Hits di Tahun 2021

Cycads sendiri memiliki beberapa kelebihan, seperti pertumbuhannya yang cukup lambat sehingga kamu tak perlu repotting berkali kali. Selain itu tanaman ini juga jarang terserang hama, jika dibiarkan tumbuh, tingginya bisa mencapai 2 meter lho!

Bunga Geranium/Tapak Dara

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah bunga geranium atau tapak dara. Selain warnanya yang cantik dan cerah, tanaman hias ini juga bisa digunakan untuk bahan wewangian.

Memiliki karakteristik yang kuat, tanaman ini dapat beradaptasi di wilayah tropis sehingga tahan panas. Selain itu, bunga geranium juga berfungsi untuk mengusir nyamuk.

Bunga Euphorbia

Tanaman selanjutnya adalah bunga euphorbia yang bisa kamu tanam di pekarangan rumahmu. Dengan variasi jenisnya, tanaman ini mudah sekali dirawat dengan warna cantik yang mempesona. Tak heran jika bunga euphorbia dapat menyatu bersama tanaman lainnya.

Sansevieria

Tanaman hias outdoor tahan panas selanjutnya adalah sansevieria atau lidah mertua. Mudah beradaptasi, tanaman ini dapat tumbuh di cuaca panas ataupun tempat yang teduh. 

Tak hanya mempercantik pekarangan rumah, sansevieria pun memiliki segudang manfaat. Diantaranya dapat menyaring kotoran, gas polutan dan bau sehingga udara kembali bersih. 

Selain itu, tanaman ini juga mampu mengubah karbondioksida menjadi oksigen di malam hari. Itu artinya, udara pagi akan semakin segar dan teras sejuk.

Lili Paris

Pecinta tanaman pasti tahu dengan tumbuhan yang satu ini. Tak lain karena lili paris sangat familiar bahkan hampir ada disemua tempat. Adapun warnanya sangat khas yakni hijau dan putih di bagian dalamnya. 

Lili paris sendiri sangat cocok untuk semua kondisi, baik di cuaca panas ataupun dingin. Entah kamu meletakannya di pot datar, menanamnya pada pot kecil, maupun menggantungnya hingga menaruhnya di rak tanaman hias.

Artikel Terkait:  Tanaman yang Lagi Viral 2021 Untuk Hiasi Rumahmu

Peperomia

Jangan salah, tanaman hias daun ini mampu memberikan kesan yang cool, indah dan bright dalam sekali lihat. Karena bentuk daun yang bulat dengan daging daun yang cukup tebal. Kerennya lagi, peperomia ternyata dapat tumbuh dibawah cahaya neon lho!

Berangkat dari hal ini, kamu bisa memanfaatkan peperomia sebagai tanaman hias di atas meja kantor. Tak perlu khawatir, perawatan tanaman ini juga sangat mudah, bahkan lebih mudah dari sukulen.

Pohon Cemara

Jika sebelumnya kami banyak membahas tanaman kecil dan bunga saja, nah ternyata ada juga lho pohon yang dapat tumbuh di luar ruangan. Adalah pohon cemara, salah satu tumbuhan yang banyak ditanam di wilayah tropis, sehingga tahan dengan cuaca panas. 

Pohon cemara sendiri terdiri dari ukuran yang besar hingga kecil. Selain itu, banyak sekali variasi yang bisa kamu pilih, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan ya. Adapun jenisnya seperti cemara natal, cemara inoki, cemara udang dan cemara kipas.

Palem 

Tanaman hias tahan hujan dan panas selanjutnya adalah tumbuhan palem. Cukup mirip dengan kaktus, palem juga tidak perlu banyak banyak disiram karena mereka mampu mencari asupan air dari tanah.

Mengingat mudahnya perawatan yang dibutuhkan, palem pun sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Selain itu tanaman ini juga cukup umum, bahkan kamu bisa menemukannya di pinggir jalan hingga taman kota.


Ya itulah beberapa informasi seputar tanaman outdoor yang cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia. Sekian, semoga bermanfaat!

Share this:

Tinggalkan komentar