Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Cafe

Share this Article

Tanaman indoor merupakan jenis tanaman yang dapat kamu letakkan di dalam ruangan. Cukup banyak gedung dan rumah yang sengaja menanam tumbuhan di dalam rumah agar suasananya lebih segar. Hal ini juga diterapkan di cafe – cafe anak muda.

Cafe saat ini menjadi bisnis menjanjikan. Itulah mengapa tidak hanya pebisnis berusia 30 tahun ke atas yang mendirikan bisnis ini, namun juga anak – anak muda. Cafe dibangun sekreatif mungkin dan memiliki filosofi agar menarik banyak pengunjung.

Meletakkan tanaman di luar ruangan sebagai salah satu dekorasi dalam cafe merupakan salah satu cara agar cafe menjadi lebih menarik. Tidak hanya menggunakan tanaman buatan namun juga yang asli agar pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi lebih baik.

Namun tidak semua tumbuhan bisa kamu letakkan di dalam ruangan. Ada beberapa jenis yang bisa digunakan serta cocok berada di dalam ruangan. Sehingga jenis – jenis ini sering digunakan oleh orang – orang pecinta tumbuhan atau pebisnis cafe milenial.

Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Cafe

Hanya sedikit orang tertarik dengan café yang tidak banyak dekorasinya. Pasti ada beberapa cafe dengan dekorasi terlalu sederhana sehingga membuat mata bosan dan tidak jadi masuk. Sebaliknya, cafe dengan dekorasi menarik akan banyak pengunjung karena memiliki banyak spot untuk berfoto ria.

Untuk membuat cafe menarik dengan dekorasi segar dan indah, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman berikut. Orang – orang akan ramai berkunjung karena suasananya nyaman serta estetik untuk dijadikan spot selfie.

Monstera

Monstera memiliki daun berukuran besar dan mudah kamu tanam melalui pot. Kamu bisa menggunakan monstera untuk menambahkan sensasi segar di cafe. Lebih baik memadukan monstera ini dengan pot berwarna putih.

Letakkan di beberapa sudut ruangan, kamu bisa meletakkannya bersama tumbuhan lain atau dengan sesame monstera. Cara mendapatkannya juga mudah, jika kamu tidak menanamnya sendiri, tentu bisa membelinya secara online maupun offline.

Karena sudah banyak yang menjual monstera ini. Dahulu, sebelum sangat populer untuk mempercantik sebuah ruangan, monstera ini sudah banyak dimiliki masyarakat. Sehingga jika di rumahmu ada monstera, manfaatkan sebaik mungkin untuk keestetikan.

Lidah Mertua

Baik muda maupun tua, sepertinya sudah mengenal jenis lidah mertua ini. Lidah mertua sangat cocok menjadi tanaman indoor dalam cafe maupun di luar ruangan. Daunnya menjulur panjang dan kaku serta warna kuning campur hijau terlihat indah.

Ternyata, selain menambah keestetikan ruangan, lidah mertua ini juga bermanfaat sebagai penyaring udara beracun dalam ruangan. Sehingga tidak hanya sering digunakan di cafe namun juga di ruangan kantor atau rumah – rumah pribadi.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Jenggot Musa

Sekarang sudah musimnya mempercantik ruangan dalam café dengan tumbuhan hias gantung. Contohnya seperti jenggot musa yang populer ini. Jenggot musa disebut demikian karena bergantung panjang dan lebat seperti jenggot manusia.

Coba tambahkan jenggot musa sebagai salah satu dekorasi ruangan. Pasti café akan terlihat lebih indah dan segar. Kamu juga tidak perlu menanam dan merawatnya sendiri karena jenggot musa mudah dibeli di manapun.

PlatyCerium

Platycerium atau lebih terkenal dengan tanaman tanduk rusa, baru – baru ini juga mulai populer sebagai tanaman indoor untuk hiasan. Dahulu, tanaman tanduk rusa hanya tumbuh sebagai tumbuhan paku di pohon – pohon besar.

Namun kini tanduk rusa bisa beralih fungsi menjadi hiasan bagi cafe kopi atau tempat nongkrong milenial lainnya. Kamu tidak perlu meletakkannya di pot sebagai media tanamnya karena tanduk rusa tumbuh dengan bergantung pada sesuatu.

Tumbuhan Mint

Siapa yang tidak tahu tumbuhan mint ini. Sebuah tumbuhan yang memiliki aroma mint sehingga membuat orang merasa segar saat menghirup aromanya. Daun mint selain menjadi tambahan campuran makanan ternyata juga dapat menjadi tanaman hias di cafe.

ensasi segarnya juga tidak kalah dengan tanaman lainnya. Apalagi tumbuhan mint memang mengeluarkan aroma mint menyegarkan. Cara menanamnya juga tidak sulit dan hanya membutuhkan pot kecil saja.

Tumbuhan mint tidak memiliki badan besar seperti beberapa tanaman lain, sehingga bisa kamu atur peletakannya agar menyegarkan seisi ruangan. Bisa juga dengan meletakkan tanaman indoor ini di setiap meja pelanggan agar semua bisa menghirupnya

Kaktus

Banyak sekali pendapat mengenai kenapa kaktus bisa menjadi tanaman dalam ruangan terutama dalam cafe. Meskipun kaktus berduri, tapi ada banyak macam bentuknya yang membuatnya terlihat lebih estetik. Kaktus juga tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Sehingga hal ini akan memudahkan kamu sebagai pemilik cafe. Memang ada banyak orang yang belum mengetahui bentuk – bentuk unik kaktus. Dengan memajangnya sebagai hiasan di dalam ruangan, kamu turut mengenalkan jenis kaktus pada pelanggan.

Artikel Terkait:  Mengenal Lebih Dekat 5 Tanaman Hias Hits

Cara Merawat Tanaman Indoor di Cafe

Meskipun sudah memikirkan berbagai macam ide dekorasi hingga menambahkan tanaman di dalamnya. Kamu mungkin berpikir bagaimana cara merawat tumbuhan pilihan yang sudah diputuskan menjadi penghias cafe.

Karena tanaman dalam ruangan tetap merupakan tumbuhan asli bukan palsu, tentunya mereka adalah mahluk hidup yang butuh perawatan dan asupan. Lalu bagaimana caranya agar beberapa tanaman yang bisa hidup dan bisa menjaga keindahan ruangan. Coba lakukan hal berikut ini.

Letakkan di Tempat Terkena Cahaya

Semua jenis tanaman dalam ruangan setidaknya membutuhkan cahaya cukup. Oleh karena itu, letakkan di tempat – tempat yang terkena cahaya matahari namun tidak terlalu banyak. Asalkan tumbuhan bisa terkena cahaya matahari saja.

Siram namun Tidak Terlalu Sering

Selain asupan cahaya matahari, setiap tumbuhan juga membutuhkan air. Baik tanaman kamu gantung atau di pot, kamu harus memberinya air namun tidak dalam jumlah banyak. Berikan secukupnya saja bahkan jangan sampai airnya keluar banyak dari pot.

Itulah mengapa tidak semua tumbuhan bisa menjadi tanaman indoor, karena kebutuhan air dan sinar matahari setiap tumbuhan berbeda. Tanaman dalam ruangan lebih ditekankan pada jenis tumbuhan dengan kebutuhan air sedikit dan cukup cahaya.

Memberi Pupuk

Pemberian pupuk juga harus kamu lakukan secara rutin. Ada beberapa jenis pupuk untuk tanaman hias. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan jenis tumbuhan di cafe. Dan sebaiknya hal ini jangan sampai kamu lakukan agar tumbuhan tidak cepat mati.

Pupuk memilik segala macam nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan. Itulah mengapa mengganti pupuk penting kamu lakukan dengan rutin. Karena setelah pemberian pupuk pertama, dalam beberapa waktu kedepan, nutrisi dalam pupuk sudah diserap.

Memberi Vitamin / Serum

Terkadang asupan air, pupuk berkualitas dan cahaya matahari tidak cukup memenuhi kebutuhan tanaman untuk luar ruangan. Tumbuhan dalam ruangan tidak hidup seperti tumbuhan lain sehingga memerlukan vitamin.

Vitamin untuk tumbuhan hias tentu bisa kamu beli dengan mudah karena memang banyak yang menjualnya. Vitamin diperlukan agar tumbuhan terlihat lebih kinclong dan sehat, sehingga keindahan dalam café tidak berkurang.


Berpikir kreatif merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Terutama dalam bisnis cafe milenial. Ide terbaik selain menambah dekorasi handmade adalah menambahkan sejumlah tanaman indoor untuk cafe kamu membuat suasananya menjadi lebih baik.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,