Rekomendasi Tanaman Herbal yang Bisa Kamu Tanam indoor

Berikut ini adalah rekomendasi tanaman herbal yang bisa kamu tanam indoor, lengkap dengan karakteristik tanaman serta cara perawatan yang baik dan benar.

Sudahkah kamu mengetahui apa sajakah tanaman herbal yang bisa kamu tanam secara indoor? 

Tanaman herbal adalah jenis tanaman yang dapat digunakan sekaligus dimaksimalkan sebagai obat-obatan tradisional.

Tentu tanaman herbal dan khasiatnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit tertentu yang disesuaikan dengan jenisnya.

Kamu bisa menanam tanaman herbal secara mandiri di rumah. Baik di pekarangan atau bahkan di dalam rumah (indoor)

Meski begitu, kamu perlu mengetahui apa saja jenis-jenis tanaman herbal yang cocok untuk ditanam secara indoor.

Rekomendasi Tanaman Herbal 

Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasi tanaman herbal yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Basil

Tanaman herbal yang dapat kamu pertimbangkan untuk ditanam secara indoor adalah basil. Tanaman herbal untuk mengobati sakit kepala, memperbaiki pencernaan, serta kesehatan seksual ini mampu tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Kamu bisa menanamnya secara mudah menggunakan pot kecil. Kamu dapat meletakan tanaman basil di dapur. Selain aromanya yang sangat menggugah selera, daun basil juga bisa kamu jadikan sebagai bahan makanan.

Hal yang perlu kamu perhatikan olehmu saat menanam basil yakni pastikan media pot serta tanah yang kaya akan bahan organik. Kemudian, basil dapat tumbuh dengan baik jika mendapatkan cahaya yang optimal.

Kamu juga perlu menanam benih baru setiap beberapa minggu terutama pada saat bagian batang tanaman mulai berkayu.

Mint

Rekomendasi yang kedua adalah kamu bisa menanam tanaman herbal Mint. Di balik manfaatnya yang mampu membantu menyediakan nutrisi bagi tubuh serta pelarut lemak yang baik, tanaman ini juga cocok untuk kamu tanam secara indoor.

Selain itu, daunnya serta tangkainya pun dapat kamu gunakan untuk menambah aroma teh, salad, hingga makanan penutup. Selain itu, Mint juga bisa menjadi tanaman hias yang menarik.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Sebab batangnya yang menjuntai serta batangnya yang sangat harum sangat cocok untuk menghiasi sudut ruangan di dalam rumahmu. 

Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman Mint, pastikan bahwa media tanah harus terjaga tetap lembab serta mendapatkan cahaya yang optimal. Selain itu suhu yang dapat ditolerir yakni berkisar 30 derajat.

Oregano

Mungkin kamu sering mendengar penyebutan oregano yang menjadi topping untuk makanan-makanan tertentu, terutama makanan khas western.

Selain dapat menambah cita rasa dan kelezatan pada makanan, tanaman herbal ini cukup mudah untuk ditanam bahkan secara indoor. Pada dasarnya oregano masih memiliki kekerabatan dengan tanaman Mint.

Maka tak heran, oregano juga memiliki aroma yang menyegarkan dan menggugah selera. Selain itu, oregano juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung hingga menjaga kadar kolesterol tetap baik.

Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman oregano di dalam rumah, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama yakni sirami tanaman jika kondisi tanah mulai mengering.

Kemudian yang kedua adalah pastikan tanaman mendapatkan asupan cahaya yang optimal.

Rosemary

Tanaman Rosemary juga menjadi salah satu tanaman herbal yang bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. 

Serta tanaman ini memiliki khasiat berupa memberikan efek relaksasi, mengurangi rasa stres, hingga membantumu untuk tertidur dengan lelap. Biasanya daun Rosemary dapat dicampurkan dengan air teh.

Tanaman Rosemary sendiri memiliki karakteristik berupa tahan di suhu yang relatif panas, terik, hingga kelembaban yang kering. Meski begitu, tanaman ini lebih menyukai suhu yang lebih dingin. 

Selama cahaya kuat dan optimal, Rosemary mampu tumbuh dengan sangat baik.

Parsley

Warna yang cerah pada daun Parsley, seringkali digunakan sebagai garnish dalam beberapa resep makanan, seperti sup, salad, pasta, dan masih banyak lagi. 

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Selain itu, parsley juga sering digunakan untuk menambah cita rasa serta kelezatan. Seperti pada hidangan makanan isian, ikan, ayam, dan sebagainya.

Tidak hanya itu sebagai tanaman herbal, Parsley juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan pada jantung. 

Tanaman Parsley dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan serta cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Akan tetapi kamu harus menanamnya di dalam pot yang telah dilengkapi dengan media tanah kaya akan unsur organik. Tak lupa berikan cahaya yang optimal supaya dapat tumbuh dengan baik.

Thyme

Dan rekomendasi tanaman herbal yang terakhir adalah Thyme. Tanaman ini banyak sekali digunakan dalam berbagai resep makanan. 

Sebab cita rasa yang sangat kaya dan beragam membuat Thyme cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai menu masakan. Tidak hanya masakan, Thyme juga memiliki khasiat untuk menjadi obat dari beberapa gangguan kesehatan.

Seperti meredakan batuk, meningkatkan imun tubuh, hingga menghilangkan rasa nyeri. Selain itu, Thyme juga bisa kamu gunakan sebagai tanaman hias indoor.

Dengan daun yang berukuran kecil serta batang yang menjuntai, membuat tanaman Thyme memiliki daya tarik tersendiri. Jika kamu ingin menanam tanaman herbal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Pertama kamu harus sirami tanaman jika permukaan tanah telah kering dan pastikan jangan sampai layu. Yang kedua, tempatkan tanaman pada pot kemudian simpan pada lokasi yang hangat dan cerah, seperti jendela.


Itulah beberapa rekomendasi tanaman herbal yang bisa kamu tanam secara indoor. Masing-masing tanaman memiliki karakteristik serta khasiatnya tersendiri.

Selain dapat mengimplementasikan hobimu menanam dan merawat tanaman, kamu juga memaksimalkan fungsi serta khasiatnya untuk kebutuhan kesehatan.

Share this:

Tinggalkan komentar