Rekomendasi Calathea dengan Pola Daun Paling Eksotis

Share this Article
Rekomendasi calathea

Calathea merupakan salah satu tanaman hias populer yang menawarkan keindahan unik pada pola daunnya. Tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis di Amerika Selatan dan dikenal karena keindahan, variasi warna, dan pola eksotis pada daunnya. Meskipun awalnya ditemukan di alam liar, Calathea telah berhasil dijinakkan menjadi tanaman hias yang populer di berbagai belahan dunia. Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi Calathea dengan pola daun paling eksotis yang wajib Anda miliki untuk menambah keindahan dalam ruangan Anda.

Rekomendasi Calathea Eksotis

Calathea Ornata

Calathea Ornata atau yang biasa disebut “Pinstripe Calathea” menawarkan keindahan yang memukau dengan pola daunnya yang eksotis. Daunnya memiliki warna hijau gelap dengan garis-garis merah muda yang mencolok seperti garis-garis halus. Tanaman ini memberikan nuansa elegan dan menjadi daya tarik utama dalam ruangan. Selain itu, Calathea Ornata juga relatif mudah untuk dirawat, membuatnya cocok untuk pemula yang ingin menambahkan sentuhan eksotis dalam koleksi tanaman hias mereka.

Calathea Medallion

Calathea Medallion atau “Calathea veitchiana” adalah salah satu varietas Calathea yang paling populer. Daunnya berbentuk seperti medali dengan pola lingkaran yang menakjubkan di tengah daun dan warna hijau gelap yang kontras di sekitarnya. Calathea Medallion mencuri perhatian di setiap ruangan dan memberikan nuansa artistik yang unik. Tanaman ini juga dikenal karena kemampuannya untuk membuka dan menutup daunnya tergantung pada waktu, sehingga memberikan hiburan visual yang menarik bagi pemiliknya.

Calathea Makoyana

Calathea Makoyana, atau “Peacock Plant,” sangat dikenal karena pola daunnya yang mirip dengan bulu burung merak. Daunnya menghadirkan kombinasi warna hijau dan coklat dengan garis-garis yang menyerupai mata bulu burung merak. Tanaman ini memberikan tampilan yang memikat dan memikat siapa pun yang melihatnya. Selain itu, Calathea Makoyana juga termasuk jenis Calathea yang lebih mudah dirawat, menjadikannya pilihan populer untuk koleksi tanaman hias dalam ruangan.

Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta atau “Rose-Painted Calathea” adalah tanaman hias dengan pola daun yang paling mengesankan. Daunnya memiliki warna hijau tua hingga ungu tua dengan pola-pola unik seperti coretan berwarna merah muda atau merah di permukaannya. Setiap daunnya adalah karya seni alami yang mengagumkan dan akan membuat setiap ruangan terasa lebih eksotis. Meskipun Calathea Roseopicta memerlukan perawatan ekstra karena kepekaan pada kelembapan, usaha Anda akan sebanding dengan keindahan yang dihasilkan oleh tanaman ini.

Calathea Lancifolia

Calathea Lancifolia atau “Rattlesnake Plant” adalah tanaman hias dengan pola daun berbentuk seperti anak ular berwarna hijau dan coklat yang mencolok. Pola garis-garisnya yang khas dan unik memberikan sentuhan eksotis yang menarik dan menjadi daya tarik utama dalam ruangan. Selain keindahannya, Calathea Lancifolia juga termasuk tanaman yang cukup mudah perawatannya dan tahan terhadap kondisi lingkungan dalam ruangan.

Calathea Zebrina

Calathea Zebrina, atau “Zebra Plant,” menawarkan pola daun yang sangat khas dan mudah dikenali. Daunnya berwarna hijau dengan garis-garis tipis berwarna merah jambu atau ungu di bagian bawahnya, memberikan tampilan seperti zebra yang mengesankan. Tanaman ini memberikan kesan eksotis dan menyegarkan dalam ruangan, sehingga cocok untuk dijadikan fokus perhatian dalam dekorasi rumah Anda.

Calathea Crocata

Calathea Crocata atau “Eternal Flame” terkenal karena bunga berwarna oranye cerah yang mekar di bagian atas daunnya. Selain itu, daunnya sendiri memiliki pola unik dengan warna hijau tua yang menawan. Kombinasi antara pola daun eksotis dan bunga yang menarik membuat Calathea Crocata menjadi pilihan ideal untuk menghias meja atau tempat yang cukup terang di rumah Anda.

Perawatan Umum untuk Calathea dengan Pola Daun Eksotis

Meskipun Calathea dengan pola daun eksotis ini menawarkan keindahan yang menakjubkan, tetapi mereka juga membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap sehat dan indah. Berikut adalah beberapa tips perawatan umum untuk Calathea dengan pola daun eksotis:

  1. Pencahayaan: Calathea menyukai cahaya yang terang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan daunnya terbakar. Tempatkan tanaman ini di dekat jendela yang mendapatkan sinar pagi atau sore yang lembut.
  2. Kelembapan: Calathea berasal dari hutan hujan tropis yang lembap, jadi pastikan untuk memberikan kelembapan yang cukup dengan menyemprotkan air pada daun secara teratur atau menempatkan wadah air di dekatnya.
  3. Tanah dan Drainase: Pastikan tanah di dalam pot memiliki drainase yang baik untuk mencegah akumulasi kelebihan air yang dapat menyebabkan akar membusuk.
  4. Suhu: Jaga suhu ruangan tetap hangat dan stabil, idealnya antara 18-24 derajat Celsius.
  5. Pemupukan: Berikan pupuk dengan bijaksana selama musim pertumbuhan aktif, biasanya di musim semi hingga awal musim gugur.
  6. Penyiraman: Pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak tergenang. Kami sarankan untuk menyiramkan tanaman secara teratur, terutama selama musim panas yang kering.
Artikel Terkait:  5 Tanaman Hias Daun yang Paling Populer

Dengan berbagai variasi pola daun yang eksotis, Calathea adalah tanaman hias yang ideal untuk meningkatkan keindahan dan keunikan dalam ruangan Anda. Dari Calathea Ornata yang elegan hingga Calathea Zebrina yang mencolok, setiap jenis tanaman ini menawarkan daya tariknya sendiri. Penting untuk memberikan perawatan yang tepat agar Calathea tetap tumbuh subur dan sehat. Semoga artikel ini memberikan wawasan tentang rekomendasi Calathea dengan pola daun paling eksotis yang wajib Anda miliki dalam koleksi tanaman hias Anda. Selamat berkebun dan menikmati keindahan tanaman Calathea di rumah Anda!

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,