Ragam Jenis Tanaman Hias Colocasia

Share this Article
Tanaman hias colocasia

Tanaman hias Colocasia atau yang lebih terkenal dengan sebutan tanaman talas adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik dan eksotis, sehingga sering menjadi penghias taman atau dekorasi ruangan. Namun, sebelum membeli tanaman ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait dengan ragam jenis dan cara memilih yang tepat.

Ragam Jenis Tanaman Hias Colocasia

Ada beberapa jenis tanaman hias Colocasia yang berbeda-beda, dengan ciri khas bentuk daun dan warna yang beragam. Berikut adalah beberapa jenis Colocasia yang paling umum:

1. Colocasia esculenta

Jenis ini adalah jenis tanaman talas asli dari Asia Tenggara dan merupakan jenis yang paling terkenal. Ciri khas dari jenis ini adalah bentuk daunnya yang besar dan berbentuk seperti hati, dengan warna hijau gelap dan tepi daun yang bergelombang.

2. Colocasia gigantea

Jenis ini memiliki daun yang lebih besar dari jenis Colocasia esculenta, bahkan bisa mencapai diameter 1 meter. Warna daunnya hijau tua dan berkilau, sehingga memberikan kesan yang elegan.

3. Colocasia fallax

Jenis ini berasal dari daerah tropis Afrika dan memiliki daun yang agak kecil. Warna daunnya hijau gelap dengan urat-urat yang menonjol, sehingga memberikan kesan yang artistik.

Cara Memilih Tanaman Hias Colocasia yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa jenis Colocasia, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih tanaman yang tepat:

1. Perhatikan kondisi tanaman

Pilihlah tanaman yang terlihat segar dan sehat. Hindari membeli tanaman yang daunnya sudah menguning atau layu, karena bisa jadi tanaman tersebut sudah tidak sehat.

2. Periksa akar tanaman

Pastikan akar tanaman terlihat baik dan tidak membusuk. Jangan memilih tanaman yang akarnya terlihat berwarna coklat atau hitam, karena bisa jadi sudah tidak sehat.

3. Pilih tanaman sesuai kebutuhan

Pilihlah jenis tanaman hias Colocasia yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tempat tumbuh di rumah atau area taman. Beberapa jenis tanaman talas membutuhkan sinar matahari yang cukup, sedangkan jenis lainnya lebih cocok ditanam di tempat yang teduh.

Artikel Terkait:  Tips Jitu Mengendalikan Hama Tanaman Hias yang Efektif

4. Perhatikan ukuran pot

Pastikan pot yang digunakan cukup besar untuk menampung tanaman hias Colocasia. Tanaman ini membutuhkan ruang yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.


Tanaman hias Colocasia memiliki bentuk daun yang unik dan cantik, sehingga sering dijadikan sebagai penghias taman atau ruangan. Ada beberapa jenis Colocasia yang berbeda-beda, dengan ciri khas bentuk daun dan warna yang beragam, seperti Colocasia esculenta, Colocasia gigantea, dan Colocasia fallax. Ketika memilih Colocasia, pastikan memperhatikan kondisi tanaman, akar tanaman, serta ukuran pot yang tepat. Selain itu, pilihlah jenis Colocasia yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tempat tumbuh di rumah atau area taman. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka Colocasia yang dipilih akan tumbuh dengan subur dan memberikan keindahan yang eksotis di rumah atau taman Anda.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,