Praktis! 5 Cara Merawat Bunga Kastuba Agar Tetap Merah

Bunga kastuba termasuk populer di kalangan pecinta tanaman hias. Warna daunnya yang merah benar-benar elok dipadu dengan ukurannya yang tidak terlalu besar. Supaya daunnya tetap cantik, kamu perlu tahu cara merawat bunga kastuba agar tetap merah.

Perlu kamu ketahui bahwa daun-daun bunga kastuba tetap bisa berubah menjadi hijau. Khususnya jika usia daunnya telah menua. Supaya daun muda tetap rimbun, perhatikan langkah-langkah berikut:

Menentukan Media Tanam

Cara menanam bunga kastuba yang baik adalah dengan menentukan media tanamnya terlebih dahulu. Media tanam yang bisa kamu pilih antara lain daun bambu kering atau bagian tanaman pakis.

Selain itu, bisa juga memilih media tanam sekam bakar. Campurkan media tanam tersebut dengan air serta pupuk kandang di dalam pot.

Memangkas Ujung Batang

Langkah penting berikutnya adalah memangkas ujung batang bunga kastuba. Hal ini bisa kamu lakukan ketika dedaunan belum terlalu rimbun. Ditambah dengan munculnya batang-batang baru sekitar tiga atau empat batang.

Potong beberapa ujung batang bagian atas menggunakan gunting dahan. Dengan memotong ujungnya, otomatis akan tumbuh daun-daun muda baru supaya kastuba semakin rimbun dan tetap berwarna merah.

Memberi Cukup Air

Cara perawatan bunga kastuba tidak lepas dari cukupnya air yang harus diberikan. Sebagaimana bunga lainnya, jangan memberikan air yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Cukup berikan air seperlunya saja supaya bunga bisa tumbuh dengan optimal.

Siram air dengan konsentrasi sekitar 100 cc setiap potnya. Intinya jangan sampai ada air yang terendam di dalam pot, karena bisa menyebabkan akar menjadi busuk.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Bunga Kastuba Berubah Warna Merah Merona

Kamu bisa membuang jika ada kelebihan air melalui lubang yang ada pada dasar pot bunga.
Ketika cuaca sedang hujan atau suhu udara lembap, lebih baik tidak melakukan penyiraman.

Memberi Pupuk

Bukan hanya air, cara merawat bunga kastuba merah juga harus dengan pemberian pupuk yang teratur. Kamu bisa memberikan pupuk yang berimbang yaitu pupuk organik dan kimia.

Salah satu contohnya adalah pupuk NPK cair. Dosis yang diberikan yaitu 1/3 sampai 1/2 sendok makan pupuk yang dicampur dengan satu liter air. Beri pupuk teratur selama seminggu sekali.

Selain itu, beri juga pupuk organik selama empat hari sekali supaya daun tetap rimbun.

Menyungkup Tanaman

Langkah terakhir adalah menyungkup bunga selama 19 jam sehari. Bunga disungkup menggunakan plastik hitam dari atas sampai bawah. Kemudian taruh bunga di tempat teduh, jangan sampai terkena sinar lampu.

Setelah 19 jam, buka plastik dan jemur bunga yang telah dibuka dengan pencahayaan sinar matahari 50%.


Cara merawat bunga kastuba agar tetap merah tergolong mudah kan? Semoga bisa banyak membantumu merawat tanaman hias di rumah.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

taman

Inspirasi Tanaman Untuk Hiasi Taman Rumah

Memiliki beraneka tanaman hias di taman belakang membuat rumah mu semakin hidup dan asri. Selain mempercantik rumah, taman tersebut bisa menjadi tempatmu menghabiskan

hoya

Jenis Hoya dan Cara Merawat

Kalau kamu ingin memelihara tanaman hias, tapi kurang suka dengan anthurium atau monsteri, bisa coba Hoya. Tanaman yang berasal dari Asia Timur ini

© 2021 Bercocok.id • Built with