Ini Dia Jenis Philodendron Hits di Tahun 2021

Sudah memasuki tahun 2021 nih gengs, ternyata tren jenis tanaman tahun ini berebeda nih dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa waktu lalu bercocok pernah melakukan percakapan dengan salah satu petani yang sekaligus menjadi pedagang tanaman hias, katanya tahun ini Philodendron akan menjadi tanaman yang naik daun.

Kalau kita tengok ke tahun sebelumnya kan ada Monstera dan Janda Bolong nih, yang digandrungi oleh pecinta tanaman. Sekarang posisinya tergeser sedikit dengan Philodendron. Apa aja sih jenis philodendron yang sedang hits? Yuk simak!

Philodendron Birkin

Jenis philodendron pertama ditempati oleh Birkin. Populer karena corak serat di daunnya yang cantiknya. Cirinya memiliki bentuk daun yang oval, berwarna hijau tua yang mengkilap, dan corak garis-garis berwarna kuning krem di permukaannya.

Buat kamu yang tinggal di dataran tinggi sangat beruntung nih karena Birkin juga cocok hidup di dataran tinggi, tapi bukan berarti tidak bisa tinggal di dataran yang rendah ya. Pastikan Birkin jangan terkena sinar matahari langsung karena akan merusak daunnya. Untuk memperoleh kelembaban tanah yang bagus, sebaiknya siram tanah sekitar 2-3 kali seminggu.

Philodendron Melanochrysum

Jika anda suka tanaman yang merambat mungkin Melano bisa menjadi jawabannya. Bentuk daun seperti hati yang memiliki tekstur beludru dengan warna daun hijau tua dan serat kuning memberikan kesan yang cantik pada tanaman ini. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 90-150cm di dalam ruangan, dan mencapai 6 meter di luar ruangan atau pada habitat aslinya.

Perawatannya terbilang cukup mudah, memastikan tanah yang jangan pernah kering, dan jauhkan dari sinar matahari langsung. tanaman ini Menyukai media tanam yang kaya akan bahan organik. Kelembaban yang tinggi bisa membantu pertumbuhan tanaman, mungkin kamu bisa coba menggunkaan Sphagnum Moss karena memiliki kelembaban tinggi. Spaghnum Moss juga bisa di gunakan pada tanaman yang baru saja di propagation, gunanya untuk memberikan stimulus ke akar tanaman agak cepat tumbuh.

Philodendron Golden Dragon

Tanaman ini adalah spesies tanaman tropis, daunnya hijau tua sebagian besar berbintik dengan warna keemasan. Uniknya daun yang berbentuk kepala Naga maka tanaman ini disebut Golden Dragon. Ukuran daunnya bisa mencapai 50-65 cm, termasuk dalam tanaman yang besar dan rimbun.

Perlu perhatian khusus untuk masalah suhu, karena Philo Dragon tidak toleran terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba. Tanaman ini juga menyukai suhu yang hangat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Semakin tinggi kelembaban udaranya semakin baik untuk pertumbuhan Philo Dragon.

Philodendron Marble

Lebih dikenal dengan nama Giganteum, memiliki daun yang mirip seperti daun talas yang lebih tebal dengan bentuk lebih mirip love yang memanjang dan memiliki ujung yang runcing.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Philo Marble tergolong jenis tanaman yang mudah hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Harga Philodendron Marble masih terjangkau dibanding Philodendron lainnya. Media tanam Philo Marble yang paling cocok adalah tanah yang gembur atau porous.

Philodendron Billietiae

Billietiae atau Kabel Busi, tangkainya yang menyerupai kabel dengan warna orange kekuningan maka orang menyebutnya dengan kabel busi. Memiliki daun seperti Burle Marx tetapi agak memanjang, daun Billietiae bisa tumbuh mencapai 1 meter. Untuk pencahayaan Billietiae senang terkena sinar matahari pagi yang tidak langsung. Jika ruangan kamu memiliki jendela menghadap ke timur, kamu bisa letakan Billietiae disana.

Philodendron Gloriosum

Gloriosum adalah tanaman yang merambat atau merayap dengan bentuk daun berbentuk hati yang besar yang membulat dengan warna daun hijau tua dengan urat-urat putih. Tanaman ini memerlukan cahaya yang banyak tetapi tidak langsung, atau di taruh di dekat jendela.

Tanaman ini menyukai tanah yang sedikit lembab, untuk penyiraman kamu bisa melakukannya hanya pada permukaan tanah. Untuk memperbanyak tanaman bisa dengan metode stek batang atau propagation yang menggunakan Moss Sphagnum. Gloriosum bisa tumbuh sampai dengan 90cm. Tanaman ini tumbuh tergolong lambat, kira-kira membutuh kan waktu lebih dari sebulan untuk daun baru.

Philodendron Mayoi

Ciri daunnya yang berbentuk telapak tangan. Philo Mayoi adalah jenis tanaman tropis hijau tua yang berasal dari brasil. Perawatan Philodendron memang terbilang cukup mudah, termasuk si Mayoi ini.

Untuk perawatannya sendiri, kamu bisa menggunakan media tanam menggunakan kandungan kulit kayu yang gambutnya tinggi. Mayoi hidup baik di suhu antara 18 derajat – 26 derajat dengan pencahayaan alami yang tidak langsung. Untuk propagation Mayoi bisa menggunakan media tanam tanah maupun air

Philodendron Plowmanii

Termasuk salah satu jenis Philodendron yang paling langka, cocok untuk kalian yang suka tanaman berdaun besar, karena daun nya yang bicolor membuat tanaman ini cantik perpaduan hijau tua, muda dan kekuningan.

Plowmanii termasuk tanaman yang menyukai air dan tanah yang lembab, maka harus sering banyak disiram tetapi tetap harus memiliki drainase yang baik tidak boleh ada air yang tergenang. Jika tumbuhnya sudah agak lambat mungkin potnya sudah full dengan akar, maka pindahkan ke pot yang lebih besar. Plowmanii akan tumbuh dengan cukup baik bila akarnya memiliki banyak ruang untuk bernapas.

Philodendron Pastazanum

Tanaman ini berbentuk hati besar yang memiliki warna hijau tua mengkilap dengan serat putih, hampir menyerupai Gloriosum. Pastazanum tidak membutuhkan air yang banyak. Untuk pencahayaan jangan letakan Pastazanum di bawah sinar matahari langsung. Daun yang menguning menandakan bahwa tanaman ini kelebihan sinar matahari, sedangkan batang yang panjang dan daun yang sedikit menandakan tanaman ini kekurangan cahaya. Namun Pastazanum dapat beradaptasi di berbagai tingkat kelembaban.

Artikel Terkait:  Tanaman Hias Termahal 2021

Philodendron Pink Princess

Dipasaran tanaman ini memiliki harga yang sangat tinggi bisa sampai 60juta bahakan lebih. Tanaman ini merupakan tanaman hybrid dengan warna unik yang menonjol. Cirinya daun yang berwarna hijau muda sampai hijau tua dengan percikan warna merah dan merah muda. Sama seperti jenis philodendron lainnya, Pink Princess juga mudah untuk di rawat dengan cara yang benar ya. 

Rata-rata tinggi tanaman ini bisa mencapai lebih dari 60cm. Baiknya sesekali letakan tanaman ini pada sinar matahari pagi atau sore, tetapi jangan letakan dibawah sinar matahari siang hari yang terik. Pink Princess senang hidup di air, tetapi perhatikan jika kamu menanamnya menggunakan media tanah jangan sampai overwatering ya. Jenis tanah yang di sukai tanaman ini adalah jenis tanah organik yang tinggi.

Philodendron Hastatum

Lebih dikenal mungkin dengan sebutan Silver Sword. Selain indah tanaman ini juga terkenal tangguh. Hastatum senang dengan cahaya terang dan cahaya rendah, terlalu banyak cahaya malah menyebabkan pertumbuhan Hastatum kurang baik. Hindari overwatering pada tanaman ini, kamu bisa melakukan pengecekan kadar air di dalam tanah dengan memasukan jari kamu kurang lebih 3cm, jika terasa kering maka bisa dilakukan penyiraman.

Hastatum hidup di suhu 18 sampai 26 derajat celcius. Bisa tumbuh dengan sangat cepat jika perawatannya tepat dari segi drainase, suhu, kelembaban dan lain-lain. Jika kamu melihat Hastatummu daunnya menguning kemungkinan kurang air atau tanah yang malah terlalu lembab, bahkan pemberian pupuk yang terlalu banyak atau sebab lainnya.

Philodendron Micans

Micans adalah tanaman yang sempurna untuk diletakan di rak buku, meja kerja, atau di gantung di dekat jendela dapur. Micans menjadi pilihan yang lebih murah dibandingkan dengan Philodendron Melano mengingat bentuknya yang hampir sama. Daunnya yang berbentuk hati yang mulus dan lembut, jika dibandingkan dengan Melano, daun Micans lebih tipis.

Untuk mendorong pertumbuhan tanaman agar rimbun rajin lakukan pemangkasan atau di perbanyak anakannya. Perawatan Micans hampir sama dengan jenis Philo lainnya yaitu untuk pencahayaan jangan taruh di bawah sinar matahari langsung, karena daun Micans yang tipis mudah terbakar. Jangan biarkan tanah basah dan lembab secara terus menerus karena jamur pembusukan mudah menyebar dan akan merusak sistem akar.

Demikianlah beberapa jenis Philodendron yang sedang hits dengan variasi harga yang tentunya berbeda-beda, jadi kamu tertarik untuk memiliki yang mana?

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

menjaga kelembaban tanaman hias

Menjaga Kelembaban Tanaman Hias

Sumber kebutuhan air untuk tanaman ternyata bukan hanya dari media tanam lho, tanaman juga membutuhkan kelembaban dari udara sekitar. Maka dari itu menjaga

© 2021 Bercocok.id • Built with