Philodendron Glorius vs Gloriosum

Ada yang sudah pernah mendengar Philodendron Glorious? Beda ya dengan Philodendron Gloriosum. Kali ini bercocok akan membahas tentang Tanaman Hybrid satu ini. Sangat serupa dengan Gloriosum tapi ternyata berbeda nih, apa aja sih perbedaan philodendron glorious dan philodendron Gloriosum? Yuk simak.

Philodendron Glorious

Tanaman ini adalah hybrid dari P. Gloriosum dan P. Melanochrysum. Secara umum, Glorious memiliki daun lebih panjang dan lebih sempit dari Gloriosum, sementara warnanya lebih gelap seperti Melanochrysum.

Saat muda, tanaman ini terlihat mirip seperti P. Gloriosum. Perbedaan yang lebih jelas adalah Glorious memiliki tangkai daun oval, sedangkan Gloriosum lebih lebar membulat. Informasi tentang Glorios masih terbatas dan cenderung mengarah pada Gloriosum.

Sama seperti ‘orang tua’ nya, Gloriosum juga merupakan tanaman yang merambat. Daun akan tumbuh dengan panjang sekitar 50cm dan lebar 20cm, jika mendapat perawatan yang baik. Tanaman ini menyukai sinar matahari tidak langsung. 

Instagram.com/@justp_lantit

Air

Biarkan beberapa inci permukaan tanah jangan terlalu basah dan cenderung kering. Tanaman ini rentan terhadap pembusukan akar, jadi sebaikknya jangan. Terlalu banyak atau sering disiram.

Suhu

Lebih menyukai kondisi hangat dan lembab untuk tumbuh. Pada kondisi yang dingin daun akan menguning. Jika kamu berada di iklim non tropis butuh beberapa penyesuaian untuk menjaga tanaman ini tetap hidup dan tidak stress.

Tanah

Pertumbuhan akar akan tumbuh dengan baik pada tanah yang tidak terlalu padat. Mencampur perlite dengan media tanam lainnya akan membuat ruang dalam tanah lebih lapang, serta membantu melawan busuknya akar.

Philodendron Glorious

Merupakan tumbuhan merambat dengan dedaunan berbentuk hati beludru berwarna hijau tua dengan urat putih pada daunnya.

Artikel Terkait:  Perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum dan Gigas

Tanaman ini asli dari Kolombia dan bagian tropis pada belahan dunia lainnya. Selain Kolombia dapat ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah serta Peru, Ekuador, bagian barat Brasil dan Venezuela. 

Instagram.com/@bercocok.id

Philodendron gloriosum tumbuh paling baik di dekat jendela dengan cahaya tidak langsung yang terang. Terlalu banyak sinar matahari langsung akan menyebabkan daun menguning dan akan merusak tanaman. Cahaya yang terang dari sinar matahari akan membuat pertumbuhan daun menjadi besar.

Air

Jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak basah. Philodendron gloriosum adalah tanaman yang menyukai tanah agak lembab. Tetapi jangan terlalu basah, karena akan membuat tanah cepat busuk. Jika anda melihat tanda-tanda daun menguning bisa jadi penyebabnya terlalu banyak menyiram. Maka kamu dapat menyiramnya 2 hari sekali.

Suhu

Kisaran suhu terbaik untuk Philodendron gloriosum adalah 7 ° C – 35 ° C. Berbeda dimalam hari, tanaman ini harus menyesuaikan suhu antara 16 ° C – 21 ° C.

Tanah

Tanah dengan drainase baik yang kaya bahan organik adalah pilihan yang tepat untuk Philodendron gloriosum. Tanah gambut yang di campur dengan perlit. Selain untuk mencerahkan tanah, perlit juga menciptakan aerasi yang lebih baik. Oksigen sangat penting untuk akar.

Selain perlite campuran lainnya bisa menggunakan arang hortikultura, fungsinya selain jadi pemanis juga dapat menghilangkan racun ditanah. Jika tanahnya padat, hal itu dapat menyebabkan akar Philodendron gloriosum busuk dan mati secara perlahan. Tingkat pH tanah yang baik diantara 5-8.

Share this: