Philodendron Brasil vs Philodendron Gabby

Philodendron Brasil vs philodendron gabby, mirip tapi berbeda. Lengkapnya, berikut karakteristik pembedanya serta cara merawat philodendron.

Karakteristik Philodendron Brasil dan Philodendron Gabby

Philodendron adalah tanaman yang berasal dari famili Araceae. Tanaman ini merambat dengan karakteristik daun berbentuk hati. Philodendron juga masuk dalam kategori tanaman hias indoor.

Kecantikannya terletak pada corak warna-warni daunnya.

Dalam satu pot kamu bisa menemukan daun yang berbeda-beda coraknya. Seperti Brasil dan gabby, keduanya sekilas mirip tetapi corak daun dan warnanya berbeda.

Philodendron Brasil

Philodendron adalah tanaman rambat yang mudah perawatannya dengan bentuk yang cantik. Bentuk daunnya berwujud hati dengan warna hijau yang pekat dan solid yang mengkilap.

Kemudian ada corak dari pangkal melebar ke ujungnya. Warna coraknya kuning dan hijau limau. Serta batangnya memiliki rona oranye merah muda.

Tanaman ini sangat toleran terhadap berbagai kondisi cahaya, dan juga termasuk tanaman ‘fast-growing’ dan mudah dirawat.

Philodendron Gabby

Gabby adalah kultivar dari Philodendron Brasil, yang membedakannya terletak pada daunnya yang lebih cerah dan warna corak pada daunnya.

Pada Philodendron gabby, coraknya berwarna putih layaknya percikan. Dalam satu pot bisa terdiri dari daun hijau semua, percikan putih, dan putih semua. Namun, kebanyakan bercorak putih sebagian bahkan putih seluruhnya.

Daun gabby yang seperti ini menghasilkan sedikit bahkan tidak ada klorofil. Hal ini yang membuatnya unik dari keluarga philodendron.

Variasi daunnya ini pula yang menjadikannya begitu cantik untuk menghiasi rumah.

Cara Merawat Philodendron

Philodendron termasuk dalam tanaman hias rambat. Jadi, media tanamnya berupa keranjang pot atau pot dengan turus untuk rambatannya.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tempat Beli Tanaman di Bandung

Selain itu, philodendron juga membutuhkan drainase yang baik, kondisi lembab, dan tidak terpapar cahaya matahari langsung. Apabila terpapar sinar langsung akan mempengaruhi warna daunnya.

Lengkapnya, begini.

Pencahayaan

Philodendron adalah tanaman hias dalam ruangan sehingga ia tidak bisa terpapar matahari langsung. Kamu bisa meletakkannya di dekat jendela, sedikit pinggir. Atau bisa juga kamu tempatkan di bawah kerai agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Suhu

Philodendron menyukai suhu hangat, sekitar 13-29 derajat celcius. Terlalu dingin membuatnya lembab yang memunculkan bakteri. Sedangkan terlalu panas bisa mempengaruhi varietas daunnya.

Penyiraman

Sama seperti tanaman hias dalam ruangan lain, tanaman ini juga tidak begitu suka lembab. Untuk mengetahui kapan waktu yang pas untuk menyiramnya, kamu bisa menusukkan jari pada media tanahnya atau mengecek pada drainasenya.

Apabila lembab, lebih baik tunda penyiraman.

Pada kondisi tertentu, penyiraman memang tidak begitu dibutuhkan. Seperti pada musim hujan atau dingin, penyiraman bisa terjadi seminggu sekali atau bahkan lebih lama.

Berbeda dengan penyiraman pada musim kemarau atau panas, lebih sering terjadi seperti dua kali seminggu karena pada musim tersebut penguapan air lebih cepat terjadi.

Tanaman yang kekurangan air akan membuat daunnya berubah kuning, bahkan cokelat. Paling parah adalah kematian.

Di sisi lain, sistem drainasenya pun harus baik. Karena tanaman ini tidak bisa hidup dalam air yang tergenang. Karena bisa memicu bakteri dan tanaman busuk.

Apabila philodendron milikmu kamu tanam dalam pot gantung, pastikan jika air dapat mengalir dengan baik. Jangan menggunakan pot yang bagian bawahnya tidak memiliki lubang karena membuat air terjebak dalam pot dan media menjadi lembab.

Sebaiknya, turunkan terlebih dahulu philodendron baru kamu siram untuk menghindari air yang mengalir mengotori area bawahnya.

Artikel Terkait:  Tips Cara Merawat Philodendron Plowmanii dan Majestic

Tidak disarankan untuk menggunakan alat pengukur kelembaban. Ada baiknya kamu menggunakan indramu untuk mengetahui kapan waktunya menyiram.

Kamu bisa membiarkan tanah mengering bagian atas sepanjang dua inci setelah itu baru kamu bisa menyiramnya.

Pemupukan

Selanjutnya masalah pemupukan. Usahakan untuk memilih pupuk yang pas nutrisinya dan bebas urea.

Kamu bisa menggunakan pupuk bubuk atau cair.

Saran: gunakan ¼ sendok teh untuk pupuk cair ke dalam wadah kemudian tambahkan air dan siramkan secara berkala. Ingat, airnya tidak perlu terlalu banyak yang penting bisa membasahi media tanahnya.

Pemupukan dimaksudkan untuk mengisi kembali nutrisi dalam tanah. Sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan sehat.

Hal ini karena tanahnya tidak terisi lagi dengan nutrisi organik layaknya di alam.

Tips Agar Philodendron Tumbuh Subur dan Sehat

  • Buang daun yang kering atau mati.
  • Bisa ditanam menggantung atau merambat. Jadi, berikan sulur untuk media merambat.
  • Apabila batang tanaman cukup panjang, jangan ragu untuk memotongnya agar tunas baru bisa tumbuh lebih bagus.
  • Kalau philodendron terlalu banyak menghasilkan daun dengan warna solid atau daun corak beraneka ragam, potong ujungnya pada batang daun pertama demi menumbuhkan daun yang bagus variasinya.
  • Varietas daun solid yang dibiarkan terlalu banyak akan membuat tanaman tidak memiliki variasi daun, pun daun yang terlalu banyak variasi coraknya bisa membuatnya tidak bertahan lama. Sehingga, yang bagus adalah keduanya seimbang agar sehat.

Jadi, perbedaan antara Philodendron Brasil vs Philodendron gabby terletak pada corak daun serta warnanya. Selain itu, perawatannya cenderung sama.

Share this:

Tinggalkan komentar