Perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum dan Gigas

Philodendron Micans, Melanochrysum dan Gigas memiliki perbedaan yang mungkin beberapa tidak terlalu tampak. Karena itu artikel berikut ini akan membahas ketiga philodendron tersebut.

Philodendron merupakan tanaman yang berasal dari suku Araceae yang tentunya memiliki banyak spesies, tiga diantaranya adalah Micans, Melanochrysum dan Gigas. Tiga tersebut merupakan jenis yang paling terkenal hanya saja masih banyak yang belum mengetahui perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum dan Gigas.

Hal ini mungkin karenakan sekilas bentuk dari ketiga tanaman ini serupa dengan daun yang hampir sama bentuk dan juga lebarnya. Tapi kalau kamu perhatikan lagi ketiga jenis tanaman ini memiliki perbedaan, dan berikut ini pembahasannya.

Philodendron Micans

Umumnya tanaman jenis pholodendrum Micans ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal, yakni Rp 20ribu sampai ratusan ribu. Bentuk daunnya memang sekilas sama, namun kalau membandingkann nya dengan Philo Melanochrysum saja bentuk susunan daunnya sudah jelas berbeda, begitu juga dengan Gigas.

Tanaman ini sangat cocok apabila kamu letakkan di dalam ruangan karena tidak terlalu besar, dan tidak terlalu memakan banyak tempat. Kalau kamu perhatikan kembali warna Philo Micans ini tidak biasa.

Ada perpaduan antara dua warna yakni warna dominannya hijau dan kemudian ada merah maroon pada beberapa bagiannya. Karena perpaduan dua warna yang cantik itulah kemudian tanaman ini menjadi favorit banyak orang.

Philodendron Melanochrysum

Jenis melanochrysum merupakan varietas daun beludru dengan ukuran yang besar, dan memiliki warna daun yang cantik. Perpaduan warna antara merah mudah yang kemudian pada bagian uratnya memiliki warna hijau muda yang bisa berubah menjadi hijau tua.

Karena memiliki bentuk yang besar, maka kamu dapat meletakannya di luar ruangan. Bisa juga kamu gunakan turus sebagai penyangga tanaman ini supaya tanaman bisa merambat di turus tersebut.

Artikel Terkait:  5 Tanaman Hias Indoor yang Cocok Buat Menghiasi Ruanganmu

Sebab kalau tidak, nantinya tampilan tanaman akan menjadi jelek yang cenderung berliku-liku dan kemudian terkulai. Untuk philodendron melanochrysum harga nya sendiri memang cukup lumayan yakni berada di kisaran ratusan ribu rupiah.

Philodendron Gigas

Selanjutnya adalah jenis philodendron gigas yang sama seperti tanaman philodendron melanochrysum memiliki kisaran harga cukup tinggi. Sekilas bentuknya juga sangat serupa karena tumbuhnya juga dengan cara melilit ke atas.

Jadi saat memelihara tanaman ini pastikan lakukan di luar ruangan dengan meletakkan tiang penyangga di belakangnya. Dengan begitu tanaman bisa tumbuh dengan baik, dan tidak menjuntai ke bawah yang bisa menyebabkan tanaman terinjak.

Bentuk daun dari tanaman ini lebar, dan didominasi dengan warna hijau baik pada bagian lembar daun maupun tulang daun. Saat tumbuh nantinya daun ini akan menjulur ke bawah dan bentuknya seperti lemas.

Perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum, dan Gigas

Perbedaan philodendron micans, melanochrysum, gigas

Apabila melihat dari pembahasan di atas, tentu sudah terlihat apa saja yang menjadi perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum, dan Gigas. Berikut rangkuman yang menjadi perbedaan antara ketiga jenis tumbuhan tersebut:

Daun

Pertama perbedaan dari bentuk daunnya, untuk yang jenis micans sendiri memiliki daun dengan bentuk yang lebih kecil dan berwarna hijau kemerahan. Sementara untuk daun Melanochrysum memiliki bentuk yang lebih besar, dengan gradasi warna merah muda dan hijau.

Daun gigas sendiri memiliki ukuran yang hampir sama besarnya dengan Melanochrysum dan jika dibandingkan warna yang dimilikinya lebih gelap. Karena ukurannya yang lumayan besar, maka biasanya tumbuhan ini diletakkan di dalam pot dengan kayu penyanggah.

Batang 

Micans lebih cocok menjadi tanaman hias dalam ruangan, hal ini karena batangnya lebih kecil. Sehingga tidak membutuhkan pot dengan ukuran yang besar.

Artikel Terkait:  Philodendron Glorius vs Gloriosum

Berbeda dengan melanochrysum dan gigas yang memiliki batang lebih besar serta tumbuh dengan cara merambat. Karena ukuran dan cara tumbuhnya itulah tanaman ini lebih cocok menjadi tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan dengan ukuran pot yang besar.

Perawatan

Untuk perawatannya sendiri ketiga tanaman ini juga memiliki perbedaan. Seperti Micans yang bisa kamu letakan di dalam ruangan, dan tidak perlu kayu penyanggah serta hanya perlu terkena matahari tidak langsung.

Sementara untuk Melanochrysum dan Gigas karena memiliki bentuk yang lebih besar, serta memiliki cara tumbuh merambat membuat tanaman ini lebih cocok menggunakan pot besar. Selain itu juga dibutuhkan tiang penyangga/ turus agar bisa tumbuh dengan baik.

Cara Tumbuh

Perbedaan philodendron Micans, Melanochrysum dan Gigas yang terakhir adalah. cara tumbuh dari ketiga tanaman ini.

Karena Micans merambat namun memiliki daun yang kecil, maka lebih cocok jika kamu letakkan dalam pot gantung.

Sementara untuk tanaman Melanochrysum dan Gigas akan lebih cantik lagi jika kamu letakkan di pot yang kemudian memiliki tiang penyangga. Sehingga merambatnya akan ke atas, jadi seperti bersusun majemuk.

Itulah tadi perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum dan Gigas serta penjelasan sekilas tentang masing-masing jenisnya.

Karena bukan merupakan jenis tanaman Philodendron langka, maka tidak akan sulit menemukan tanaman ini dan siapa saja bisa membelinya.

Share this:

Tinggalkan komentar