Penyebab Daun Tanaman Menguning dan Cara Mengatasinya

Merawat tanaman memang gampang-gampang susah. Jika tak mendapat perawatan yang benar bisa timbul berbagai masalah. Sebagian besar masalah pada tanaman ditandai dari daunnya yang menguning, lho.

Pada artikel kali ini yuk mari kita kenali permasalahan tanamanmu dari daunnya yang menguning serta cara mengatasinya.

Terlalu Banyak Air

Permasalahan yang paling sering dijumpai jika daun tanaman menguning ialah karena kasus overwatering. Tidak semua jenis tanaman menyukai air, hal pertama yang harus kamu tau sebelum merawat tanaman ialah mengetahui sifat tanaman itu sendiri.

Cirinya, daun menguning secara perlahan. Jika masih ada di fase ini sebaiknya kamu langsung bongkar saja media tanam dan ganti dengan yang baru. jangan lakukan penyiraman secara berlebihan seperti sebelumnya.

Kalau tanamanmu sudah menguning dan ada spot menghitam pada daun kemungkinan akar sudah busuk. Hal ini lumayan agak susah, tetapi tak usah takut. Bongkar media tanammu, lalu potong bagian akar yang busuk, bersihkan dengan air, dan ganti total media tanam dengan yang baru.

Jika sudah masuk fase daun berguguran satu persatu, selamatkan tanaman pucuk. Terutama jika tanaman mu memiliki akar angin, kamu bisa melakukan Water Propagation. Hal ini juga menunjukan akar sudah busuk menyeluruh.

mengatasi daun menguning

Tips paling mudah kamu bisa menggunakan pot bening atau transparant untuk mengontrol media tanam dan akar. Tetapi jika sudah terlanjur ditaruh pada pot berwarna kamu mungkin bisa menggunakan Digital Soil Analyzer.

Faktor Usia

Permasalahan selanjutnya adalah karena faktor usia, hal ini mirip dengan kasus overwatering. Bagaimana cara membedakannya? biasanya tanamanmu tetap tumbuh tunas baru, dan daun yang menguning adalah daun paling bawah.

Artikel Terkait:  Media Tanam Aroid, Monstera Philodendron Syngonium
daun menguning

Kalau seperti ini cukup potong saja daun yang mau mati tersebut agar tanamanmu fokus untuk memberikan nutrisi pada si tunas yang baru.

Daun Terbakar Karena Sinar Matahari

Sebelum terbakar daun yang terlalu terkena sinar matahari langsung akan menunjukan tanda tanda bercak menguning pada daun. Atau bisa juga daun loyo dan menguning.

daun menguning

Jika kamu belum menyadari hal tersubut lama kalamaan daunnya akan menjadi kering, bisa dari pinggir daun ataupun langsung muncul pada bagian tengah daun.

Tetapi kalau kamu merasa hal ini terjadi padahal tanaman mu padahal berada di tempat yang teduh bisa jadi itu karena overwatering. Coba perhatikan media tanam apakah basah atau kering.

Infeksi Jamur

Tanda ini sama seperti overwatering, kalau kamu menggunkan pot transparant kamu akan melihat bagaimana kondisi media tanam apakah di tumbuhi jamur atau tidak. Biasanya tanaman yang terinfeksi akan mengalami loyo mendadak.

Jika tanamanmu seperti ini segera bongkar media tanam dan selamatkan bagian yang masih segar. Pastikan loyo bukan karena kamu lupa menyiram tanamannya ya.

Terlalu Banyak Pupuk

Hal yang terlalu berlebihan tidak baik bukan? begitu juga halnya dengan pemberian pupuk pada tanamanmu.

Sebaiknya pemupukan dilakukan pada rentan waktu 10 sampai 14 hari sekali. Ada beberapa pupuk yang diberikan 3 bulan sampai 6 bulan sekali tergantung jenis pupuknya.

Daun yang terlalu banyak pemupukan biasanya akan menunjukan pertanda daun menguning atau gosong. Padahal kamu sudah menaruhnya pada tempat teduh dan menyiram 5-7 hari sekali.

Hal itu bisa jadi mungkin pemberian pupuk yang berlebihan. Maka kamu harus menghentikan pemberian pupuk untuk sementara waktu dan mengatur kembali waktu pemberian pupuk.

Daun Loyo

Jika hal ini terjadi tanpa daun yang menguning dan tanda-tanda seperti diatas, itu berarti tanaman mu haus, segera lakukan penyiraman ya.

Artikel Terkait:  Pecinta Syngonium Sudah Familiar Dengan Jenis ini Belum?

Kenali sifat tanamanmu karena tidak semua tanaman memiliki sifat yang sama. Yang paling penting lakukan penyiraman dan pemupukan dengan sewajarnya. Jangan berlebihan.

Tidak ada salahnya kamu membeli alat pendukung berkebun seperti Digital Soil Analyzer untuk mengetahui kadar air, Ph dan kelembaban pada media tanam.

Gunakan juga pot transparant jika kamu merasa sulit memantau media tanam dan akarnya. Semoga membantu.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with